Pages - Menu

Pages

Selasa, 17 April 2012

Semua Dewa Rejeki Ada Dalam Genggaman Ibu Pertiwi

Homa IBU PERTIWI 17 april 2012

Mantra : Om Timmu Sit ti  Hum

一切所有的財神,沒有一尊逃過地母娘娘的手掌 / Semua Dewa Rejeki Ada Dalam Genggaman Ibu Pertiwi

地母菩薩是最大的財神,密教絕不貶抑女性,一切眾生皆由母生
修行要先一尊深入,一尊相應就是一切相應
Bodhisattva Ibu Pertiwi Adalah Dewa Rejeki Yang Paling Agung
Tantrayana Tidak Meremehkan Wanita, Karena Para Insan Lahir Dari Ibu 
Bhavana Harus Mendalami Satu Yidam, 
Beryukta Dengan Satu Yidam Berarti Beryukta Dengan Semua Adinata


✽Homage To Grand Master Liansheng
✽Homage To The Golden Light of The Most Victorious Kings Sutra
✽Homage To Sarasvati Bhagavati

Source : 蓮生活佛法語開示精要
Kutipan Intisari Dharmadesana Mahaguru Lian-sheng

Event : 2012年3月3日台灣雷藏寺地母菩薩護摩大法會
Upacara Api Homa Ibu Pertiwi 03 Maret 2012 di Vihara Vajragarbha Taiwan

Translated by Lianhua Jun Shi An


✽ 一切所有的財神,沒有一尊逃過地母娘娘的手掌
✽ Semua Dewa Rejeki Ada Dalam Genggaman Ibu Pertiwi

地母菩薩的護摩,可能沒有人聽過。但是,在台灣,地母菩薩或者是地母娘娘,是很大的一個菩薩,有很多的寺廟。在台灣的信仰裡,地母是很大的一尊菩薩,而我們真佛宗是「本土的密宗」,所以,地母菩薩也是我們景仰的一尊。《地母經》、《地母真經》還有《地母妙經》,我都看了,三本經典大同小異,都是差不多的。其中最重要的一點,我個人認為,不管你是哪一路財神,我們有所謂的五路財神、五姓財神、密教五財神、天上財神、龍王財神、山王財神、堅牢地神財神,甚至於象鼻財神、文財神、武財神,任何一路的人馬,全都歸於地母娘娘財神。盧師尊以前講過,天上最富有的,就是四大天王、帝釋天;海中最富有的就是龍王;地上最富有的,就是山神、堅牢地神、各方土地,都是最富有的。但是,你們不知道,包括天上的四天王,祂們是屬於「地居天」,位在須彌山的半腰,也是屬於地母娘娘的;海中龍王,也是屬於地母娘娘的;連所有的山神、土地,所有的財神、土地、五路、五姓、藏密五財神和一切所有的財神,沒有一尊逃過地母娘娘的手掌。(眾鼓掌)所以,今天我講「迎財神」,最主要的財神就是地母娘娘。包括所有的地居天,全部是祂所管的。
Mungkin tidak ada yang pernah mendengar Api Homa Bodhisattva Prthivi, namun di Taiwan Bodhisattva Prthivi atau Ibu Pertiwi merupakan Bodhisattva yang sangat agung, banyak kuil didirikan untuk Nya. Dalam kepercayaan rakyat Taiwan, Ibu Pertiwi merupakan Bodhisattva yang sangat agung, sedangkan kita Satyabuddha merupakan Tantra Lokal, sehingga Ibu Pertiwi juga merupakan salah satu Adinata yang kita hormati.
Saya telah membaca Sutra Ibu Pertiwi 《地母經 / Di-mu Jing》, Sutra Sejati Ibu Pertiwi 《地母真經 / Di-mu Zhen-jing 》 dan Sutra Keluhuran Ibu Pertiwi 《 地母妙經 / Di-mu Miao-jing 》, ketiga kitab ini banyak persamaan dan sedikit perbedaannya, semua hampir sama. Diantaranya yang paling penting, menurut saya, tidak peduli Dewa Rejeki dari arah manapun, seperti yang kita sebut sebagai Dewa Rejeki Lima Arah ( 五路財神 / Wu-lu Cai-shen ), Lima Jambhala (五姓財神 / Wu-xing Cai-shen ) atau Lima Dewa Rejeki Tantra, Dewa Rejeki Surgawi, Raja Naga (龍王 / Long Wang), Raja Giri (Dewa Gunung / 山王 / Shan-wang), Vajra Prthivi (堅牢地神 / Jian-lao Di-shen) , bahkan Dewa Ganesha, Dewa Rejeki Akademik (文財神 / Wen Caishen), Dewa Rejeki Militer (武財神 / Wu Caishen), semua ada dalam kekuasaan Dewi Rejeki Ibu Pertiwi. Mahaguru pernah mengatakan bahwa yang paling kaya di surga adalah Catur Maharajika dan Dewa Indra ; Yang paling kaya di samudera adalah Raja Naga ; Yang paling kaya di bumi adalah Dewa Gunung, Vajra Prthivi, Dewi Bumi berbagai penjuru, semuanya merupakan Dewata kemakmuran. Namun Anda tidak mengetahui bahwa termasuk Catur Maharajika di Surga masih merupakan Bhu Svarga, surga yang berlokasi di pinggang Gunung Sumeru merupakan daerah Ibu Pertiwi ; Raja Naga Samudera juga termasuk dalam kekuasaan Ibu Pertiwi ; Bahkan semua Dewa Gunung, Dewa Bumi Lokal, Lima Penjuru, Lima Jambhala dan semua Dewa Rejeki, tidak ada satupun yang lolos dari kekuasaan Ibu Pertiwi. (Suara tepuk tangan hadirin) Jadi , hari ini saya katakan bahwa dalam mengundang Dewa Rejeki, yang paling utama adalah Ibu Pertiwi . Termasuk Bhu Svarga, semua merupakan kekuasaan Beliau.


✽偉大的地母菩薩
✽Bodhisattva Prthivi Yang Agung

地母菩薩怎麼偉大呢?看祂的金身就知道,右手拿著拂塵,左手拿著八卦,腳踩的是大地。我所知道的地母是右手拿著拂塵、左手拿著八卦、左腳踩著地球。但是,這一尊沒有踩地球,祂是踩著地球的表面,也算是踩著地球啦!這是象徵整個地球、須彌山、四大洲、八小洲、七功德海、七香水海,全部歸祂統管。你說,哪一種金銀珠寶、金銀銅鐵,和所有的珍珠寶物、珊瑚、七珍八寶,不是地母所擁有的?稍微想一想,祂應該是最大的財神,包括所有的建築、最貴的汽車、一切用品,包括吃的、穿的、行走的、住的、睡覺的,全部出自於地球,也就是地母菩薩所管。所以,地母的功德很大。我們就以祂的名為心咒:「嗡。地母悉地。吽。」,祂的手印和所有母性主尊的手印是一樣的,瑤池金母的手印也是這樣,地母的手印也是這樣。有了手印,有了咒,有了祂的形象,就成為密教的法。所以,地母娘娘是我們真佛宗的不共大法,祂也就是我們最大的財神,任何一種財寶、房子、土地、汽車、洋房和任何一個東西,全部出自地母菩薩。只要是當地母菩薩的主祈,你的福分本來是一分的,增加成為一百分。(眾鼓掌)我們在這裡向地母菩薩祈禱,今天的報名者、主祈者、參加者,請地母菩薩賜給他們最大的財富。今天,在這裡,特別向地母菩薩祈禱,藉著護摩的大法力,請您賜給主祈者、報名者、參加者每一個人都有財富。
Kenapa Bodhisattva Prthivi sangat agung ? Dengan memahami Pratima Nya maka Anda akan tahu, tangan kanan membawa vyajana (kebutan) , tangan kiri membawa Delapan Trigram (八卦 / Ba-gua) dan kaki berpijak pada bumi. Pratima Ibu Pertiwi yang saya ketahui adalah, tangan kanan membawa vyajana, tangan kiri membawa Delapan Trigram dan kaki kiri berpijak pada bumi. Kaki yang berpijak pada bumi ini melambangkan seluruh Bhu-loka, Gunung Sumeru, Empat Benua Besar, Delapan Benua Kecil, Samudera Sapta-guna, Samudera Sapta-parimala, semua termasuk dalam kekuasaan Bhu-shakti. Semua emas, mutiara, permata, perak, perunggu, logam dan semua benda berharga yang bukan berasal dari (unsur) bumi ? Coba pikirkan, Beliau adalah Dewa Rejeki yang paling agung, termasuk semua bangunan, mobil mewah, semua perkakas, termasuk pangan, sandang, transportasi, tempat tinggal, keperluan untuk tidur, semuanya berasal dari bumi, merupakan kekuasaan Bodhisattva Prthivi. Oleh karena itulah budi jasa kebajikan Ibu Pertiwi sangat agung.
Kita mendaraskan Nama Nya sebagai Mantra Hati : “Om Di-mu Xidi Hum.” , mudra Nya sama dengan mudra semua Bhagavati, demikian juga dengan mudra Yaochijinmu, mudra Ibu Pertiwi juga demikian. Dengan adanya mudra, mantra, pratima, maka menjadi Sadhana Tantra. Oleh karena itu, Sadhana Ibu Pertiwi merupakan Mahasadhana Avenika Satyabuddha, Beliau juga merupakan Dewa Rejeki kita yang paling agung, karena semua macam permata mutu manikam, rumah, tanah, mobil, rumah mewah dan semua benda berasal dari Bodhisattva Ibu Pertiwi. Asalkan menjadi pemohon utama pada Bodhisattva Ibu Pertiwi, jika pada mulanya berkah Anda adalah satu, maka akan bertumbuh menjadi seratus. (Suara tepuk tangan hadirin) Disini kita berdoa kepada Bodhisattva Ibu Pertiwi, semoga semua yang mendaftar pada hari ini, yang menjadi pemohon utama, yang turut hadir, mohon Bodhisattva Ibu Pertiwi menganugerahkan kemakmuran yang paling agung kepada mereka semua. Saat ini disini, dengan khusus berdoa kepada Bodhisattva Ibu Pertiwi, dengan kekuatan agung Dharmabala Api Homa, mohon Anda menganugerahkan kepada pemohon utama, yang mendaftar, yang hadir, supaya mereka semua memiliki kekayaan.


✽貪法的弟子,每一尊都要修看看,然後,修了一百尊,卻沒有一尊相應
✽Siswa Yang Serakah Akan Metode, Ingin Mencoba Sadhana Tiap Adinata,
✽Setelah Melakukan Ratusan Macam Sadhana, Hasilnya Tidak Ada Satupun Yang Beryukta

到現在,已經有兩年的時光,快三年的時光回到這裡,每個星期做護摩,都有一尊新的。在這兩年當中,我不知道做了多少尊的護摩,我沒有辦法統計。你們懂computer的,電腦按一按就知道,做了幾尊都是新的護摩,新的不得了,新鮮的,保證是新的護摩。其實,這樣子是不太好,好處也是有,好處是讓你們大家選擇本尊,有很多的選擇。壞處是,貪法的弟子,每一尊都要修看看,然後,修了一百尊,卻沒有一尊相應,這就是壞處。 
舉一個例子來講,講比較簡單的,有一個人在高速公路上開車,開的速度很快,因為他周圍的車子都開得很快,所以,他也跟著快,已經超速了,交通警察就將他攔下來,沒話講,就是開罰單啦!他問交通警察:「這麼多的車都是超速的,為什麼你只開我的罰單?不開他們的罰單?」這個人也有不平之怨啦!交通警察還是開罰單,慢慢開,開完了,就拿給他。問他說:「你釣過魚嗎?」「我年輕的時候釣過魚。」「那你每一次釣魚都是釣幾條?」「都是釣一條嘛!」交通警察講:「你看嘛!每一次釣魚都是一條喔!很簡單的,很清楚的告訴你,我就是釣到你這一條。那麼多車過去,我哪有可能將每一部車都攔下來,一定是釣其中一條,稍微慢一點的那一部。」跑得快的,他沒辦法照相或攔下來,他這一部雖然是超速,但是跑得慢一點,所以被攔下來,就這麼讓那一位超車的心服口服。
釣魚只能釣一條。像我們做護摩,做了幾百尊的護摩,那麼多尊,你每一尊都想相應,真的假的?哪有辦法?連我也沒辦法,你只要相應一尊啊!再以這一尊召請所有的諸尊,每一尊就可以相應。(眾鼓掌)人和人當朋友,神和神當朋友,菩薩和菩薩當朋友,佛和佛當朋友,只要你相應了一個神明,所有的神明都會跟你相應;你相應了一個菩薩,所有的菩薩都會跟你相應;你相應了佛,所有的諸佛菩薩、金剛、護法、空行、諸天,全部都會跟你相應。剛開始的時候,師尊是跟瑤池金母相應,跟多傑帕姆(金剛亥母)相應,跟幾里幾拉呀(普巴金剛)相應。所以,在你相應了以後,所有的護法神,所有的諸佛菩薩、金剛、護法、空行、諸天,就全部統統都會跟你相應。這時候,你求甚麼有甚麼,會應你的,相應就是會應你的,隨時在你左右。你由相應的這一尊,再召請所有一切的諸尊,一切的諸尊會全部下降。
Sampai saat ini, sudah hampir tiga tahun di Taiwan, tiap minggu memimpin Upacara Api Homa, selalu ada satu Adinata yang baru. Dalam waktu dua tahun ini, saya tidak tahu telah memimpin Api Homa dari berapa macam Adinata, saya tidak dapat menghitungnya. Kalian yang mengerti computer, tekan-tekan tombol maka akan tahu kita telah melaksanakan Api Homa berapa Adinata, banyak Adinata api homa yang baru. Sebenarnya demikian juga tidak terlalu baik, tentu saja ada manfaatnya, manfaatnya adalah supaya saat Anda memilih yidam ada banyak pilihan. Namun sisi buruknya adalah bagi siswa yang serakah akan metode, menjadi ingin mencoba-coba sadhana tiap Adinata, kemudian, setelah menekuni ratusan macam sadhana, ternyata tidak ada satupun yang beryukta, inilah sisi buruknya.
Saya beri satu contoh sederhana, ada seseorang yang menyetir dengan kecepatan melebihi batas di jalan tol, dia melihat semua mobil disekitarnya melaju dengan cepat sehingga dia juga ikut-ikutan memacu mobilnya dengan cepat, akhirnya dia tertangkap oleh polisi lalu lintas dan tanpa banyak bicara langsung diberi surat tilang. Dia bertanya kepada polisi lalu lintas : “Banyak sekali mobil yang dikendarai melebihi kecepatan maksimum, kenapa Anda hanya menilang saya ? Kenapa mereka tidak ditilang juga ?” Orang ini merasa diperlakukan tidak adil. Namun polisi tersebut masih tetap menulisi surat tilang, kemudian diserahkan kepadanya dan bertanya : “Anda pernah memancing ?” , Pengendara itu menjawab : “Saya memancing saat masih muda.” ; Polisi : “Jadi satu kali terpancing berapa ekor ikan ? “ , pengendara menjawab : “Tentu saja satu ekor !” ; Polisi lalu lintas itu menjawab : “Nah ! Satu kali terpancing pasti hanya satu ekor ! Sederhana saja saya beritahu Anda, saat ini saya sedang memancing Anda satu ekor ! Demikian banyak mobil yang berlalu, bagaimana mungkin saya bisa menghentikan semuanya sekaligus ? Pasti hanya bisa memancing satu diantaranya, yaitu satu yang sedikit lebih lambat.” Yang terlampau cepat tidak dapat dihadang, sedangkan mobilnya meskipun melebihi kecepatan maksimum , namun masih lebih lambat dibanding yang lainnya.
Memancing ikan hanya bisa satu ekor. Seperti kita melakukan Api Homa, sudah melakukan Homa ratusan Adinata, demikian banyak Adinata, Anda ingin beryukta dengan semuanya, ini sungguh-sungguh atau tidak ? Bagaimana mungkin ? Bahkan saya juga tidak bisa. Asalkan Anda mampu beryukta dengan satu Yidam, kemudian dengan yukta Yidam ini mengundang semua Adinata yang lainnya, maka dengan demikian juga akan mampu beryukta dengan Adinata lainnya. (Suara tepuk tangan hadirin)
Manusia berteman dengan manusia, Dewa berteman dengan Dewa, Bodhisattva berteman dengan Bodhisattva, Buddha berteman dengan Buddha ; Asalkan Anda beryukta dengan satu dewa, maka Anda akan mampu beryukta dengan semua dewa. Asalkan Anda beryukta dengan satu Bodhisattva, maka Anda akan mampu beryukta dengan semua Bodhisattva. Asalkan Anda beryukta dengan satu Buddha, maka Anda akan mampu beryukta dengan semua Buddha, Vajra, Dharmapala, Daka-Dakini dan Para Dewata.
Pada mulanya Mahaguru beryukta dengan Mahadewi Rsi Yaochi, beryukta dengan Dorje Pagmo (Vajra-varahi /金剛亥母/ Jin-gang Hai-mu) , beryukta dengan Kilikilaya (Vajra Phurba) .
Jadi , setelah Anda berhasil mencapai yukta, maka Anda akan mampu beryukta dengan semua Dewa Dharmapala, semua Buddha Bodhisattva, Vajra, Dharmapala, Daka-Dakini dan para Dewata. Pada saat itu, apa yang Anda mohon akan terpenuhi, Anda akan memperoleh jawaban, setiap saat Beliau akan bersama Anda. Jadi dari satu Yidam yang telah beryukta dengan Anda, Anda dapat mengundang semua Adinata, dan semua Adinata akan hadir.


✽母性金剛神的威力很大 , 而且最容易相應
✽Bhagavati Vajrini dan Devi Memiliki Kekuatan Dahsyat, Bahkan Yang Paling Mudah Beryukta

今天的地母菩薩,當我一坐下來,祂就跟我相應。為什麼?因為瑤池金母。這些母性的菩薩,般若佛母、多傑帕姆、瑤池金母、地母菩薩,母性的全部都相應,母性的菩薩相應了;所有公性的菩薩都相應。母性的菩薩都相應了,哪怕公性的菩薩不相應?很簡單的,公的都跟母的求婚啊!你只要跟母性的相應了,你看密教的金剛神,母性的威力很大,像「長壽五天女」、「十二吉祥天」,都是母性的。在密教裡面,這些修行喇嘛大部分都是男眾,但是,蓮華生大士講過:「所有一切的空行母要先相應,而且最容易相應。」蓮華生大士講的「空行母最容易相應」,只要你和空行母相應了,其他一切的相應隨後而來,只要修法就相應。所以,像地母菩薩、瑤池金母、白空行母、綠度母、多傑帕姆、般若佛母,只要你相應了,告訴你,所有公性菩薩都是女性菩薩所出生的。(眾鼓掌)因此,在密教裡面,絕不貶抑女性。這在「密教十四大戒」中就有,不將女性貶得很低。在本質上是這樣,一切眾生皆由母生。你看,天公落水(客家話:下雨),天公落雨(廣東話:下雨)天公是閩南話。那麼,像八卦裡的天公地母,「乾」代表「天」,「坤」代表「地」。大家都尊敬天公,難不成可以不敬地母嗎?所以,天地都要敬啊!因為地出生一切,才稱為地母啊!
Hari ini, begitu saya duduk di Dharmasana, Bodhisattva Ibu Pertiwi langsung beryukta dengan saya. Kenapa demikian ? Karena Mahadewi Rsi Yaochi. Asalkan Anda beryukta dengan Bodhisattva Shakti ini (Bhagavati atau Adinata Wanita) , seperti Prajna-paramita Bhagavati, Dorje Pagmo, Mahadewi Rsi Yaochi maupun Bodhisattva Ibu Pertiwi, maka Anda juga akan beryukta dengan semua Bodhisattva Bapa (Adinata Laki-laki).
Asalkan beryukta dengan Bodhisattva Ibunda , kenapa takut tidak mampu beryukta dengan Bodhisattva Bapa ? Alasannya sangat sederhana, karena laki-laki lah yang melamar wanita ! Asalkan Anda beryukta dengan Bhagavati, coba Anda lihat semua Devi dan Vajrini dalam Tantrayana, semua Adinata Ibunda memiliki kekuatan yang dahsyat, seperti Lima Devi Panjang Usia, 12 Sri Devi, semua adalah Ibunda.
Dalam Tantrayana kebanyakan lhama adalah pria, namun Guru Padmasambhava pernah mengatakan :
“Harus terlebih dahulu beryukta dengan semua Dakini , bahkan yang paling mudah untuk beryukta.”
Guru Padmasambhava mengatakan bahwa Dakini adalah yang paling mudah untuk beryukta, asalkan Anda telah beryukta dengan Dakini, maka semuanya juga akan beryukta, asalkan bersadhana maka akan beryukta.
Oleh karena itu, asalkan Anda beryukta dengan Bodhisattva Ibu Pertiwi, Mahadewi Rsi Yaochi, Sita Dakini, Syama Tara, Dorje Pagmo (Vajra Varahi) maupun Prajna-paramita Bhagavati , saya beritahu Anda, semua Bodhisattva pria dilahirkan oleh Bodhisattva Wanita. (Suara tepuk tangan hadirin)
Dengan demikian, dalam Tantrayana sudah pasti tidak memandang remeh kaum wanita, dalam 14 Sila Utama Tantrayana ada sila supaya tidak memandang rendah wanita. Demikianlah pada hakekatnya bahwa para insan terlahir dari Ibu.
Anda perhatikan, Bapa di surga menurunkan hujan (Mahaguru melafalkan ungkapan ini dalam dialek Kanton dan Minan) Kemudian, seperti halnya Bapa Surga dan Ibu Pertiwi dalam Delapan Trigram, “Qian” melambangkan Langit , dan “Kun” melambangkan bumi. Semuanya menghormati Bapa Surga, apakah dengan demikian tidak perlu menghormati Ibu Pertiwi ? Oleh karena itulah langit dan bumi perlu dihormati. Karena bumi melahirkan segalanya, maka disebut sebagai Ibu Pertiwi.



✽先一尊相應,不要每一尊都修,千萬不要這樣
✽Harus Beryukta Terlebih Dahulu Dengan Satu Yidam
✽Jangan Serakah Ingin Menekuni Sadhana Tiap Adinata, Sungguh Jangan Demikian

跟大家講修法,先一尊相應,不要每一尊都修,千萬不要這樣,只要你看到的是跟你非常有緣的,就專修這一尊,修到相應為止。然後,你再來修別尊。那麼,相應的這一尊,你就要經常祈禱祂能跟著你,只要你有相應一尊,就可以相應很多尊,這是我的經驗。我在「喜金剛」裡面有講,當一名瑜伽的行者,受到上師的加持,本尊的攝受,護法的擁戴的時候,再來最重要的是修出「自力」,就是自己的力量。首先相應的時候,是「他力」,像瑤池金母幫助我,就是他力;當你自己有了證量以後,你就變成有了自己的力量。像禪宗,就是屬於自力,淨土就屬於他力。律宗屬於他力少、自力多;而密教,是他力和自力都有。現在的四個宗派──禪、淨、密、律,只有密宗有自力和他力。剛剛相應的時候是他力,後來就變成自力,最後修出來就變成自己的力量。只要你相應了這一尊以後,上師為你灌頂,就等於是加持力;本尊攝受你,就是本尊已經看到你在修祂的法了,祂跟你相應了,就攝受你;這時候,本尊周圍的所有護法,也會擁戴你,這樣就是護法力也有了。所以,有三個力量,一個就是上師力,一個就是本尊力,還有一個就是護法力,這講的就是力量,最後要修出自己的力量。
講一個道理。我很喜歡講精神病院的笑話,有一個精神病院,裡面有兩個精神病患,他們約好要逃出醫院,他們要逃出杜鵑窩,但是有十道牆,所以他們要爬十道牆。這兩個精神病患就開始爬牆,翻過一道牆,又有第二道牆,又再爬,爬了六道牆後,甲精神病患問乙精神病患:「你累不累啊?」乙精神病患講:「爬六道牆,還可以,不累,我們再繼續爬。」他們再爬爬爬爬,爬到第九道牆、第十道牆就可以出去了,甲又問乙:「你累不累啊?」乙說:「爬到第九道牆,我已經累了。」甲就跟乙講:「我們再爬回去吧!」對於精神病患,當然不能用一般的想法去想他們怎麼想的,「既然爬到第九道牆已經累了,我們就爬回去吧!」我們修行,就是這樣的,你已經快要到地頭了,已經快要相應了,你不能回頭再找別尊、再修別尊哪!你想說:「哎呀!這一尊我一定沒辦法相應,根本沒辦法相應。」然後,翻轉回來,再修別尊。其實,只要你認定是有緣的,先一尊相應,一就是多啊!多就是一啊!你只要一尊相應,其他尊就可以相應。
Saya beritahu Anda mengenai sadhana, terlebih dahulu beryukta dengan satu Yidam, jangan ingin menekuni sadhana tiap Adinata, sungguh jangan sampai demikian. Asalkan Anda melihat Anda sangat berjodoh dengan yidam tersebut, maka tekunilah satu yidam tersebut sampai beryukta. Kemudian barulah Anda bisa menekuni Adinata yang lain. Sedangkan terhadap yidam Anda , Anda harus sering berdoa supaya Beliau senantiasa beserta Anda, asalkan Anda beryukta dengan satu Yidam, maka akan mampu beryukta dengan banyak Adinata, ini pengalaman saya.
Dalam penjelasan Hevajra saya telah mengatakan bahwa saat seorang sadhaka yogi menerima adhistana Guru, yukta dengan Yidam dan perlindungan Dharmapala, maka kemudian yang paling penting adalah merealisasi “Kekuatan Sendiri”, yaitu kekuatan diri sendiri.
Terlebih dahulu adalah yukta , ini merupakan “Kekuatan Luar”, seperti halnya saat Mahadewi Rsi Yaochi menolong saya, ini termasuk kekuatan luar ; Kemudian setelah Anda sendiri memiliki realisasi, maka Anda mulai memiliki “Kekuatan Sendiri”.
Seperti sekte Zen, ini termasuk mengandalkan “Kekuatan Sendiri”, sekte Tanah Murni termasuk “Kekuatan Luar”. Sekte Vinaya termasuk “Sedikit Kekuatan Luar” dan “Banyak Kekuatan Sendiri” ; Sedangkan Tantrayana ada semua “Kekuatan Luar” dan “Kekuatan Sendiri”.
Diantara empat sekte : Zen, Tanah Murni, Tantra dan Vinaya, hanya Tantrayana yang terdapat “Kekuatan Luar” dan “Kekuatan Sendiri”. Pada saat baru saja beryukta , ini disebut “Kekuatan Luar”, kemudian berubah menjadi “Kekuatan Sendiri”, terakhir kalinya penekunan bhavana adalah realisasi kekuatan diri sendiri. Asalkan Anda telah beryukta dengan satu yidam, Guru mengabhiseka Anda, ini termasuk kekuatan adhistana ; Yang disebut dengan Yidam berkenan dengan Anda yaitu saat Yidam telah mengetahui bahwa Anda menekuni sadhana Nya, kemudian Beliau beryukta dengan Anda, maka berarti berkenan dengan Anda ; Saat itu, semua Dharmapala disekitar yidam akan melindungi Anda, dengan demikian Anda telah mempunyai kekuatan Dharmapala. Jadi, ada tiga kekuatan, yaitu kekuatan Guru, kekuatan Yidam dan kekuatan Dharmapala, kemudian terakhir harus merealisasikan kekuatan diri sendiri.
Ada sebuah alasannya, saya sangat menyukai lelucon mengenai rumah sakit jiwa, ada sebuah rumah sakit jiwa, di dalamnya ada dua orang pasien, mereka telah menyusun rencana untuk bersama kabur dari rumah sakit jiwa, tapi ada sepuluh lapis tembok, jadi mereka harus memanjat sepuluh tembok. Kedua pasien ini mulai memanjat tembok, setelah melewati tembok pertama, kemudian tembok ke dua, kemudian memanjat lagi, setelah memanjat tembok ke enam, salah satu pasien itu bertanya pada yang lainnya : “Tidakkah kamu lelah ?” ,Yang satu menjawab : “Sudah memanjat enam tembok, masih lumayan, tidak lelah ! Kita lanjutkan memanjat !” Mereka melanjutkan memanjat dan terus memanjat. Mereka sudah memanjat sampai tembok ke Sembilan, dimana setelah yang ke sepuluh maka sudah bisa lolos. Pasien yang satu bertanya lagi : “Tidakkah kamu lelah ?” , yang satu menjawab : “Setelah memanjat sampai tembok ke Sembilan saya sudah mulai lelah.” :Pasien yang tadi mengatakan : “Kalau begitu, lebih baik kita memanjat kembali !”
Terhadap orang sakit jiwa, tentu saja kita tidak dapat menggunakan pemikiran biasa untuk membayangkan apa yang mereka pikirkan, “Jika memang telah memanjat tembok ke Sembilan dan sudah lelah, lebih baik kita kembali saja !” Demikian juga dengan bhavana kita, saat Anda sudah hampir sampai tujuan, sudah hampir beryukta, Anda jangan menoleh kebelakang mencari yidam yang lain, untuk menekuni sadhana yang lain.
Mungkin Anda mengatakan : “Aduh ! Saya pasti tidak bisa beryukta dengan yidam ini, benar-benar tidak mampu.” Kemudian kembali lagi menekuni yidam lain. Sesungguhnya, asalkan Anda telah memutuskan bahwa Anda berjodoh, memilih satu yidam sampai beryukta, maka satu adalah semua ! Dan semua adalah satu ! Asalkan Anda beryukta dengan satu yidam, maka dengan Adinata yang lain juga akan dapat beryukta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar