Pages - Menu

Pages

Kamis, 05 Juli 2012

TARA: Dewi Buddha dalam warna hijau dan putih

TARA



TARA: Dewi Buddha dalam warna hijau dan putih


Tara (Sansekerta, "bintang") adalah Buddha-dewi penyelamat sangat populer di Tibet, Nepal, dan Mongolia. Di Tibet, di mana Tara adalah dewa yang paling penting, namanya Sgrol-ma, yang berarti "dia yang menyelamatkan." Mantra Tara (om tara tuttare mendatang Svaha) adalah mantra kedua yang paling umum didengar di Tibet, setelah mantra Chenrezi (Om Mani Padme hum).

Dewi belas kasih universal, Tara merupakan tindakan saleh dan tercerahkan. Dikatakan bahwa kasih sayang nya untuk makhluk hidup lebih kuat daripada kasih seorang ibu untuk anak-anaknya. Dia juga membawa umur panjang, melindungi perjalanan duniawi, dan penjaga pengikutnya dalam perjalanan spiritual mereka menuju pencerahan.

Asal TARA

Sebelum dia diadopsi oleh Buddhisme, Tara dipuja dalam agama Hindu sebagai manifestasi dari Dewi Parwati. Prinsip feminin tidak dihormati dalam ajaran Buddha sampai abad keempat Masehi, dan Tara mungkin masuk agama Buddha sekitar abad keenam Masehi.

Menurut tradisi Buddhis, Tara lahir dari air mata belas kasih Bodhisattva Avalokiteshvara dari. Dikatakan bahwa ia menangis ketika ia memandang dunia makhluk penderitaan, dan air matanya membentuk sebuah danau di mana bunga teratai yang bermunculan. Ketika teratai dibuka, Dewi Tara terungkap.

Sebuah tradisi serupa Tara Putih lahir dari mata kiri air mata Avalokiteshvara dan Tara Hijau lahir dari orang-orang dari sebelah kanannya. Dalam legenda ketiga, Tara lahir dari seberkas cahaya biru yang berasal dari salah satu mata Avalokiteshvara. Tara juga pendamping Avalokiteshvara.


Tara Hijau, dengan setengah ternganga teratai, merupakan malam, dan White Tara, dengan teratai di mekar penuh, melambangkan hari. Tara Hijau mewujudkan aktivitas yang saleh, sementara Tara Putih menampilkan ketenangan dan rahmat. Bersama-sama, Hijau dan Putih melambangkan kasih sayang Taras tanpa henti dari dewi yang buruh siang dan malam untuk meringankan penderitaan.

Pada abad ketujuh Tibet, Tara diyakini menjelma dalam setiap wanita yang saleh. Dia terutama datang untuk dihubungkan dengan dua istri sejarah raja Buddhis pertama dari Tibet, Srong-brtsan-sgam-po (w. 649). Istrinya dari kekaisaran China dikatakan sebagai inkarnasi Tara Putih, sedangkan istri raja Nepal adalah penjelmaan dari Green Tara. Ini mungkin bahwa keinginan untuk menganggap kedua wanita saleh sebagai inkarnasi Tara menyebabkan konsep bentuk dewi hijau dan putih.
Tara Hijau

Tara Hijau (Sansekerta: Syamatara; Tibet: Sgrol-ljang), diisi dengan semangat muda, adalah dewi aktivitas. Dia adalah bentuk ganas Tara, tetapi masih penyelamat-dewi belas kasih. Dia adalah pendamping Avalokiteshvara dan dianggap oleh beberapa menjadi Tara asli. Seperti Avalokiteshvara, Tara Hijau diyakini menjadi emanasi dari "diri lahir" Buddha Amitabha, dan gambar Amitabha kadang-kadang digambarkan dalam mahkota Tara.

Tara Hijau diyakini telah menjelma sebagai istri raja Nepal Tibet Srong-brtsan-sgam-po. Dalam Buddhisme, warna hijau menandakan aktivitas dan prestasi. Jadi Amoghasiddhi, Tuhan Aksi, juga associted dengan warna hijau.

Tara Hijau iconographically digambarkan dalam postur kemudahan dan kesiapan untuk bertindak. Sementara kaki kirinya dilipat dalam posisi kontemplatif, kaki kanannya melebar, siap untuk musim semi ke dalam tindakan. Tangan kiri Tara Hijau adalah dalam pemberian perlindungan-mudra (gestur); tangan kanannya membuat gerakan-pemberian anugerah. Di tangan dia juga memegang bunga lotus biru tertutup (utpalas), yang melambangkan kemurnian dan kekuasaan. Dia dihiasi dengan permata yang kaya Bodhisattva.

Dalam praktik Buddhis agama, peran utama Tara Hijau adalah savioress. Dia diyakini bisa membantu mengatasi bahaya pengikutnya, ketakutan dan kecemasan, dan dia sangat dipuja karena kemampuannya untuk mengatasi situasi yang paling sulit. Tara Hijau adalah sangat penyayang dan bertindak cepat untuk membantu mereka yang berseru kepada-nya.

Ikonografi dan peran Tara Hijau diilustrasikan dalam nyanyian kebaktian Abad Pertengahan:

Pada kursi teratai, berdiri untuk realisasi kekosongan,
(Anda) zamrud berwarna, satu berwajah, dua-bersenjata Lady
Dalam mekar penuh anak muda, keluar kaki kanan, kiri ditarik,
Menampilkan serikat kebijaksanaan dan seni - penghormatan kepada Anda!

Seperti cabang terentang dari pohon pirus surgawi,
Tangan kanan Anda membuat lentur gerakan anugerah-pemberian,
Mengundang bijaksana untuk pesta prestasi tertinggi,
Seolah-olah untuk sebuah penghormatan hiburan untuk Anda!

Tangan kiri memberi kita perlindungan, menunjukkan Tiga Permata;
Ia mengatakan, "Kamu orang yang melihat seratus bahaya,
Jangan takut-aku cepat akan menyelamatkan Anda! "
Penghormatan kepada Anda!

Kedua sinyal tangan dengan bunga biru utpala,
"Makhluk samsara! Cling tidak kesenangan duniawi.
Masukkan kota besar pembebasan! "
Bunga-goads dorongan kita untuk upaya-penghormatan kepada Anda!

Pertama Dalai Lama (1391-1474)
Tara Putih

Tara Putih ThangkaWhite Tara (Sansekerta: Sitatara; Tibet: Sgrol-dkar) kadang-kadang disebut Ibu dari semua Buddha dan dia mewakili aspek keibuan belas kasih. Warna putih menandakan kesucian, kebijaksanaan dan kebenaran.

Dalam ikonografi, Tara Putih sering memiliki tujuh mata - di samping dua biasa, dia memiliki mata ketiga di dahi dan satu di masing-masing tangan dan kaki. Ini melambangkan kewaspadaan dan kemampuan untuk melihat semua penderitaan di dunia. The "Tara dari Tujuh Mata" adalah bentuk dewi sangat populer di Mongolia.

Tara Putih memakai jubah sutra dan selendang yang meninggalkan badan yang ramping dan dadanya bulat ditemukan di cara India kuno. Seperti Green Tara, dia kaya dihiasi dengan permata.


Tara Putih duduk dalam posisi lotus berlian, dengan telapak kakinya mengarah ke atas. Postur tubuhnya adalah salah satu anugerah dan tenang. Tangan kanannya membuat gerakan anugerah-pemberian dan tangan kirinya dalam mudra pelindung. Di tangan kirinya, Tara Putih memegang bunga teratai yang rumit yang berisi tiga mekar. Yang pertama adalah dalam benih dan mewakili Buddha Kashyapa masa lalu, yang kedua adalah dalam mekar penuh dan melambangkan Buddha Sakyamuni ini; ketiga adalah siap untuk mekar dan menandakan Buddha Maitreya di masa depan. Ketiga mekar melambangkan bahwa Tara adalah inti dari tiga Buddha.

Dalam praktek keagamaan, Tara Putih diyakini untuk membantu pengikutnya mengatasi hambatan, espeically yang menghambat praktek agama. Dia juga berhubungan dengan umur panjang.

Tara kadang-kadang digambarkan dalam warna dan bentuk lain selain hijau dan putih. Candi Tibet spanduk sering menunjukkan 21 Taras yang berbeda, berwarna putih, merah, dan kuning, dan dikelompokkan sekitar pusat Tara Hijau. Dalam bentuk ganas nya, biru, dipanggil untuk menghancurkan musuh, ia dikenal sebagai Ugra-Tara, atau Ekajata; sebagai dewi cinta merah, Kurukulla, dan sebagai pelindung wanita terhadap gigitan ular, Janguli. Para Bhrkuti kuning adalah Tara marah.

Di Jepang, Tara adalah Bodhisattva disebut Tarani Bosatsu. Tara Jepang mewujudkan kedua bentuk putih dan hijau Tara Tibet, dan biasanya hanya ditemukan pada mandala dan spanduk candi. Dia adalah hijau pucat dan memegang delima (lambang kemakmuran) dan teratai. Tara tidak sering dapat ditemukan di Cina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar