先祈求根本傳承加持:Terlebih dahulu memohon adhistana Mahamulacarya :
先觀空,次觀想根本傳承上師蓮生活佛住頂放光加持,持「根本傳承上師心咒」七遍,祈求修法圓滿 。Visua lisasi kesunyataan,
kemudian bervisualisasi Mahamulacarya Liansheng menetap di cakra usnisa
memancarkan cahaya adhistana, menjapa Mantra Hati Guru 7 kali, memohon
kesempurnaan sadhana.
再作四無量心觀。Visualisasi Caturapramana.
作驚醒手印:拍掌兩下,再交加彈指。Mudra Pembuka : Bertepuk tangan dua kali , tangan disilangkan dan mengklik jari.
一、唸清淨咒Menjapa mantra pembersihan.
二、唸召請咒Menjapa mantra pengundang.
三、大禮拜Mahanamaskara.
四、大供養Mahamandalapuja.
五、四皈依咒Mantra Catursarana.
六、披甲護身Simabandhana diri.
七、唸高王觀世音真經Melafalkan Sutra Raja Agung Avalokitesvara.
八、加唸往生咒(七遍)Menjapa Sukhavativyuha Dharani (7x)
九、祈請「蓮花童子」(手結蓮花童子手印)Membacakan Gatha Mengundang Kehadiran Padmakumara (Tangan Membentuk Mudra Padmakumara)
自性蓮花法性身。右手說法左持蓮。Zi Xing Lian Hua Fa Xing Shen. You Shou Shuo Fa Zuo Chi Lian
化身遍滿千萬境。天衣寶飾妙莊嚴。Hua Shen Bian Man Qian Wan Jing. Tian Yi Bao Shi Miao
Zhuang Yan
得承道顯密一身。融合傳承最上珍。De Zheng Dao Xian Mi Yi Shen. Rong He Chuan Cheng Zui Shang Zhen
真佛密法眾生導。普度群生而無餘。Zhen Fo Mi Fa Zhong Sheng Dao. Pu Du Qvn Sheng Er Wu Yv
十、先觀空,唸觀空咒:Visualisasi kesunyataan, menjapa mantra visualisasi kesunyataan 3x :
嗡。司巴瓦。速達。沙爾瓦。打爾嘛。司巴瓦。速朵杭。(三遍)
"Om Sibawa Suda Saerwa Daerma Sibawa Suduohang "
(一)大海上面,萬里無雲晴空,月輪從海上昇起虛空,月輪中有白色種子字「 」吽字,放大白光。Diatas samudera, langit
cerah tanpa awan, cakracandra muncul dari permukaan laut, ditengah
cakracandra terdapat bijaksara HUM berwarna putih, memancarkan cahaya
putih.
(二)月輪中「 」吽字旋轉,化為根本傳承上師,端坐大白蓮台,面帶微笑,法相莊嚴。Bijaksara HUM berputar searah
jarum jam, berubah menjadi Maha Mula Vajra Acarya yang Berwajah agung
dan sambil tersenyum duduk bersila diatas Maha PAdma Putih
(三)觀想根本傳承上師天心部位放出一道白光,直照自己天心。根本傳承上師喉部放出一道紅光,直照自己喉部 。根本傳承上師心輪放出一道藍光,直照自己心輪,白、紅、藍三光溶入自己身心。
Bervisualisasi cakra dahi Maha Mula Vajra Acarya memancarkan cahaya
putih menyinari dahi kita. Leher Maha Mula Vajra Acarya memancarkan
seutas sinar merah menyinari leher kita, dan cakra hati Maha Mula Vajra
Acarya memancarkan sinar biru menyinari cakra hati kita.
十一、持根本傳承上師(蓮花童子)心咒。Menjapa Mantra Hati Mula Guru (Padmakumara)
持唸珠觀想:Visualisasi penggunaan japamala :
(雙手持唸珠置胸前,唸時用大拇指撥珠。)左手觀想成金剛鈴,右手觀想成金剛杵,佛頭珠觀想成多寶佛塔,四
粒間珠觀想成四大天王,穗鬚觀想成蓮花手(佛手)。串珠的線觀想成金剛薩埵本性的白光繞一圈。持咒時每撥一
粒珠子都觀想成一尊根本傳承上師,來到自己面前。(kedua tangan memegang japamala di depan dada,
ibu jari digunakan untuk menggeser butir mala) visualisasi tangan kiri
berubah menjadi Vajragantha. Tangan kanan menjadi Vajra. Butir kepala
japamala berubah menjadi stupa Prabhutaratna, empat butir pembatas
japamala berrubah menjadi Caturmaharajika, rumbai berubah menjdai tangan
teratai (tangan Buddha). Benang penghubung mala berubah menjadi seutas
sinar putih sifat sejati Vajrasattva. Saat menjapa mantra, tiap butir
mala yang digeser berubah menjadi Mula Guru di hadapan kita.
咒語:嗡。啞。吽。咕嚕貝。啞訶薩沙嗎哈。蓮生。悉地。吽。(長咒) 一○八遍
或
嗡。咕嚕。蓮生。悉地。吽。(短咒) 一○八遍
Mantra : "Om Ah Hum Gulubei Ahesasamaha Liansheng Xidi Hum" (Mantra Panjang) 108x
Atau
"Om Gulu Liansheng Xidi Hum" (Mantra Pendek) 108x
十二、入三摩地Memasuki Samadhi.
九節佛風: Sembilan Tahap Pernapasan Buddha
(一)觀想白光從右鼻孔入,入到喉部時變成紅光,繞到丹田,然後往上,由左鼻孔出去,成了黑氣 。
Bervisualisasi sinar putih masuk dari lubang hidung kanan, ketika sampai
di tenggorokan berubah menjadi sinar merah, menelusuri sampai di
Avaduthi, kemudian naik, lalu keluar dari lubang hidung kiri berupa hawa
hitam
(二)從左鼻孔入,繞一圈,從右鼻孔出。原則同上。
Masuk dari lubang hidung kiri, keliling satu putaran, keluar dari lubang hidung kanan. Prinsipnya seperti di atas.
(三)光從左右鼻孔同入,繞到丹田,往上,再下來繞左右脈,從兩鼻孔出。
Sinar masuk dari kedua lubang hidung, menelusuri sampai di Avaduthi,
naik, lalu turun lagi menelusuri kedua nadi, keluar dari lubang hidung.
(四)從左鼻孔入,右鼻孔出。
Masuk dari lubang hidung kiri keluar dari lubang hidung kanan
(五)從右鼻孔入,左鼻孔出。
Masuk dari lubang hidung kanan, keluar dari lubang hidung kiri
(六)從兩鼻孔入,兩鼻孔出。
Masuk dari kedua lubang hidung, keluar dari kedua lubang hidung
(七)從兩鼻孔入,兩鼻孔出。
Masuk dari kedua lubang hidung, keluar dari kedua lubang hidung
(八)從右鼻孔入,左鼻孔出。
Masuk dari lubang hidung kanan, keluar dari lubang hidung kiri
(九)從左鼻孔入,右鼻孔出。
Masuk dari lubang hidung kiri keluar dari lubang hidung kanan
(請詳閱蓮花童子相應法之九節佛風、入我我入觀、數息觀。)(Silahkan menyimak Sembilan Langkah
Pernafasan Buddha, memasuki diriku dan diriku memasuki, dan metode
menghitung pernafasan di kitab Sadhana Padmakumarayoga)
入我觀:Visualisasi Memasuki Diriku
(一)觀想本尊住在自己頭頂梵穴。
Bervisualisasi Yidam menetap di ubun - ubun kepala sendiri.
(二)自己身中,中脈的心輪上蓮花開放,蓮花上有一月輪,月輪中有本尊的種子字,種子字放光。
Di dalam badan kita terdapat nadi tengah, di atas Cakra Hati yang berada
di nadi tengah terdapat sebuah teratai, teratai tersebut mekar, di
atasnya terdapat sebuah Cakra Chandara, di tangah Cakra Chandra
terdapat Bijaksara Yidam (Pada Sadhana ini Bijaksaranya adalah Bijaksara
Hum), Bijaksara memancarkan Cahaya.
(三)觀想本尊在頭頂變成一粒米大的光珠,從梵穴進入自己中脈,順著中脈一直降下來,降到心輪,坐在心輪的 蓮花上面。
Bervisualisasi Yidam di ubun - ubun kepala berubah menjadi Sebutir
Cahaya sebesar Beras, turun dari ubun - ubun melalui Nadi Tengah, dan
duduk di atas teratai Cakra Hati.
(四)本尊在自己心輪蓮花上漸漸變大,變到同自己完全一樣大。觀想自己變成本尊一模一樣,自己就是本尊,無 二無別。
Yidam yang berada di atas teratai Cakra Hati kita perlahan - lahan
membesar sampai sebesar diri sendiri. Bervisualisasi diri sendiri adalah
Yidam, sama persis tiada berbeda.
我入觀:Visualisasi Diriku Memasuki
觀想自己成為本尊,從中脈上昇出去,進入虛空之中,融入宇宙大光明海。把自己整個都忘掉(坐忘)進入虛空中
,進入宇宙意識,進入光海,自己沒有了,融入虛空中與宇宙光海打成一片(我入)。宇宙意識就是自己意識。壇
城與宇宙大放光明。如果不能坐忘,馬上再觀想自己是蓮生尊者,觀想清楚以後,再忘掉自己,再進入虛空中。這 樣「一止一觀」叫「止觀雙運」。
Bervisualisasi diri sendiri yang telah menjadi Yidam, melesat keluar
melalui nadi tengah dan melebur ke dalam Samudera Cahaya Alam Semesta.
Lupakan diri sendiri (melupakan diri sendiri yang sedang bermeditasi)
untuk memasuki Alam Semesta, memasuki Kesadaran Alam Semesta, memasuki
Lautan Cahaya, diri sendiri tidak ada lagi, berbaur dengan Alam Semesta
dan Samudera Cahaya Alam Semesta (Diriku Memasuki). Kesadaran Alam
Semesta adalah Kesadaran Diri Sendiri. Mandala dan Alam Semesta
memancarkan Cahaya yang Terang Benderang. Jika tidak bisa lupakan diri
sendiri yang sedang bermeditasi, segera Brvisualisasi lagi, diri sendiri
menjadi Mula Guru Lian Sheng, setelah bervisualisasi dengan jelas,
lupakan lagi diri sendiri, kemudian memasuki alam semesta. "Berhenti dan
Bervisualisasi" silih berganti dinamakan "Pergerakan Anatara Berhenti
dan Visualisasi".
用心念數自己的呼吸,一直到無思無念的靜止狀況,進入「坐忘」定境。
Menghitung napas di dalam hati hingga mencapai kondisi tidak memikirkan
apa - apa lagi, memasuki kondisi melupakan diri sendiri yang duduk
bermeditasi.
(有關「觀想三光加被」、「持根本心咒」、「九節佛風」、「入三摩地」、「數息」的細節,請詳閱『密教大光 華—細說真佛密法完整修持儀軌』第83頁。)
十三、加持其他心咒Menjapa mantra 8 Yidam.
十四、唸佛(三遍)Melafal nama Buddha (3x)
十五、迴向Menyalurkan jasa.
恭持蓮生聖尊法。真佛一派濟眾生。Gong Chi Lian Sheng Sheng Zun Fa. Zhen Fo Yi Pai Ji Zhong Sheng.
一咒即生雙蓮池。十八蓮花來化生。Yi Zhou Ji Sheng Shuang Lian Chi. Shi Ba Lian Hua Lai Hua Sheng.
無上稀有大秘密。我今修持普供養。Wu Shang Xi You Da Mi Mi. Wo Jin Xiu Chi Pu Gong Yang.
發大深心誓願力。願我早登此佛地。Fa Da Shen Xin Shi Yuan Li. Yuan Wo Zao Deng Ci Fo Di
又:You
祈求聖尊加持力。賜加灌頂蓮華生。Qi Qiu sheng Zun Jia Chi Li. Ci Jia Guan Ding Lian Hua Sheng.
廣大圓滿得自在。自度度他到佛地。Guang Da Yuan Man De Zi Zai. Zi Du Du Ta Dao Fo Di.
願同唸佛者,同生極樂國,上報四重恩,
Yuan tong nian fo zhe, tong sheng ji le guo, shang bao si zhong en
下濟三途苦,見佛了生死,如佛度一切。
Xia ji san tu ku, jian fo liao sheng si, ru fo du yi qie.
Semoga kami umat Buddha, terlahir di Sukhavatiloka.
Keatas berbakti kepada Sang Buddha, Guru, Ayah ibu dan Negara.
Kebawah membantu mereka di tiga alam samsara.
Bertekad mencapai pencerahan Buddha.
Terbebas dari tumimbal lahir menyeberangkan makhluk samsara.
弟子○○○今依此作迴向。願將修法功德迴向給根本傳承上師,祈願師佛常住世間,不入涅槃,永轉法輪,佛體安
康。恭祝大家身體健康,萬事如意,道心堅固,逢凶化吉。願一切所求的願望都得到圓滿。願一切災 難退散。嗢! Siswa (nama) dengan
ini melimpahkan jasa, jasapahala sadhana dilimpahkan kepada
Mamamulacarya, semoga sehat walafiat, senantiasa menetap di dunia, tidak
memasuki Parinirvana, selamanya memutar Roda Dharma. Semoga kita semua
sehat lahir dan batin,memiliki sraddha yang kokoh, segala permohonan
yang baik dan wajar dapat terpenuhi, semoga semua malapetaka sirna. WUN!
(有關「迴向」的觀想及細節,請詳閱『密教大光華—細說真佛密法完整修持儀軌』第172頁。) (Mengenai visualisasi dan
detil dari "Penyaluran Jasa ", silahkan menyimak " Mijiao Da Guang
Hua--Penjelasan Lengkap Tatacara Sadhana Tantra Zhenfo" halaman 172)
十六、唸百字明咒(三遍)Menjapa Mantrasatksara 3x
十七、大禮拜Mahanamaskara.
十八、唸圓滿咒Menjapa mantra paripurna
嗡。部林。(三遍)Om Pulin (3x)
嗡。嗎呢。唄咪。吽。Om Mani Beimi Hum.
作遣散手印:拍掌兩下,再交加彈指。Mudra penutup : Bertepuk tangan dua kali, kedua tangan bersilangan dan mengklik jari.
修法圓滿。如意吉祥。Sadhana selesai dengan baik dan sempurna
Taisho Tripitaka No.1230, Sakyamuni Buddha mengatakan :
Bagi yang mendengar mantra dan tata cara, bila menekuninya tanpa tata
aturan yang sah (arus abhiseka Gurumula) ~ Dharani Mahacakravajra, semua
mantra tak akan berfungsi, berarti melakukan penyimpangan dan merupakan
pencurian Dharma, setelah meninggal dunia akan terjatuh dalam neraka,
kemudian terlahir kembali di alam hewan. Inilah akibat pelanggaran dari
penyimpangan tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar