Pada dasarnya pandangan berpikir orang
Cina selalu mengembalikan hakekat keharmonisan antara kehidupan
“langit” (alam gaib) dan kehidupan di bumi (alam dunia nyata). Mereka
percaya bahwa alam semesta ini sebagai akibat dari inkarnasi kekuatan
alam. Alam dikuasai oleh spirit-spirit yang kekuatannya luar biasa. Alam
semesta semata-mata hanyalah ekspresi dari kekuatan-kekuatan alam yang
dipengaruhi oleh spirit-spirit yang mendiami alam. Beberapa spirit itu
berada dan hidup di dalam fenomena-fenomena alam seperti langit,
matahari, tanah, air, tumbuh-tumbuhan, gunung, serta fenomena-fenomena
alam lainnya. Di antara spirit-spirit alam itu adalah spirit yang
berasal dari arwah leluhur yang kekuatan hidupnya sangat besar,
sekeluarga dapat melanjutkan kekekalan hidupnya setelah jasad
jasmaniahnya mati.
Menurut
dasar pikiran orang Cina, seluruh fenomena alam itu dapat dibagi dua
klasifikasi yaitu yang dan yin. “Yang” merupakan prinsip dasar untuk
laki-laki, matahari, arah selatan, panasnya cahaya (siang), dan segala
yang termasuk keaktifan, sedangkan “yin” adalah suatu prinsip seperti:
wanita, bulan, arah utara, dingin, gelap (malam), dan segala yang
bersifat pasif. Orang Cina beranggapan bahwa manusia harus dapat
menyesuaikan diri dengan ritme alam semesta. kehidupan harus harmonis
dengan tiga dasar yaitu: kehidupan langit, bumi, dan kehidupan manusia
itu sendiri. Di samping itu harus disesuaikan pula dengan fengsui yang
berarti angin dan air. Penyesuaian itu berarti hidup manusia itu harus
disesuaikan dengan arah angin dan keadaan air di mana manusia bertempat
tinggal. Tiap bangunan yang dipergunakan harus pula disesuaikan dengan
keadaan fengsui, sehingga akan terhindar dari segala malapetaka.
Kedua
prinsip yin dan yang ini merupakan nafas dan kekuatan yang dilambangkan
dalam bentuk lingkaran yang dibagi dalam dua bagian dengan garis yang
saling melingkar yang memisahkan yang dan ying. Bulatan melambangkan
prinsip alam semesta, dimana alam semesta ini terwujud oleh karena kedua
prinsip kesatuan antara yang dan yin. “Yang” merupakan daya cipta suatu
sifat Tuhan yang memberi gerakan dan hidup kepada sesuatu. “Yin”
bersifat bahan atau zat yang diberi kemampuan menerima “yang”, sehingga
terjadilah hidup dan bergerak. Dengan kata lain, “yang” bersifat memberi
dan memperbanyak, sedangkan “yin” bersifat menerima dan menyimpan.
Adanya kesatuan hidup ini terjelmalah fenomena alam semesta seperti:
air, kayu, bumi, dan makhluk hidup di dalamnya. Penciptaan dan
pergerakan kesatuan yang dan yin tunduk dan mengikuti hukum tata
kehidupan alam semesta, sehingga dengan demikian bergerak dengan teratur
dan berirama. Ritme ini mengisi dan mengatur setiap ruangan di alam
semesta ini seperti jalannya matahari, bintang, bulan, pergantian musim,
dan lain-lain. Ritme ini disebut tao yaitu bagaimana sesuatu di dunia
itu dijadikan dan jalan bagaimana orang harus mengatur hidup. Tao adalah
jalan Tuhan. Dasar demikian inilah yang selanjutnya menimbulkan paham
Taoisme.
Dalam
kehidupan orang Cina, ada tiga ajaran yang mereka anut yaitu Toisme,
Konfusianisme, dan Buddha. Ketiga ajaran ini sudah saling menyatu
(sinkretisme) dan dikenal dengan nama San Jiao atau Sam Kauw (dialek
Hokkian). Dalam kehidupannya, orang Cina memang sangat toleran terhadap
soal-soal agama. Setiap agama dianggap baik dan bermanfaat, begitu pula
dengan ajaran Taoisme, Konfusianisme, dan Buddha yang mempunyai banyak
kesamaan-kesamaan pandangan dan saling membutuhkan sehingga ketiga
ajaran tersebut berpadu menjadi satu.
Toisme
Taoisme
merupakan ajaran pertama bagi orang Cina yang dikemukakan Laotze. Ia
dilahirkan di Provinsi Hunan pada tahun 604 SM. Dikisahkan, Laotze
merasa amat kecewa akan kehidupan dunia, sehingga ia memutuskan untuk
pergi mengasingkan diri dengan tidak mencampuri urusan keduniawian. Ia
kemudian menulis kitab Tao Te Ching yang kelak menjadi dasar pandangan
ajaran Taoisme. Tao berarti “jalan” dan dalam arti luas yaitu realitas
absolut, yang tidak terselami, dasar penyebab, dan akal budi. Kitab Tao
Te Ching memuat ajaran bahwa seharusnya manusia mengikuti geraknya
(hukum alam) yaitu dengan menilik kesederhanaan hukum alam. Dengan Tao
manusia dapat menghindarkan diri dari segala keadaan yang bertentangan
dengan irama alam semesta. Taoisme diakui sebagai suatu pre-sistematik
berpikir terbesar di dunia yang telah mempengaruhi cara berpikir orang
Cina.
Haryono (1994), menyimpulkan bahwa pada dasarnya filsafat Taoisme dibangun dengan tiga kata, yaitu:
- Tao Te, “tao” adalah kebenaran, hukum alam, sedangkan “te” adalah kebajikan. Jadi Tao Te berarti hukum alam yang merupakan irama dan kaidah yang mengatur bagaimana seharusnya manusia menata hidupnya.
- Tzu-Yan artinya wajar. Manusia seharusnya hidup secara wajar, selaras dengan cara bekerja sama dengan alam.
- Wu-Wei berati tidak campur tangan dengan alam. Manusia tidak boleh mengubah apa yang sudah diatur oleh alam.
Pada
zaman pertengahan dinasti Han muncul seorang yang bernama Zhang
Dao-ling, yang juga menulis kitab Tao. Ia juga menyembuhkan orang sakit,
membuat jimat sehingga banyak orang yang kemudian menjadi pengikutnya.
Begitu besar pengaruhnya hingga pada akhirnya ajaran-ajarannya menjadi
dasar dari agama Tao yang kemudian disebut Tao-Jiao. Di dalam
penerapannya, aliran mereka berbeda dengan ajaran Tao yang dilontarkan
oleh Laotze. Jika Laotze mengajarkan hidup selaras dengan alam, Tao-Jiao
justru mengajarkan upaya untuk menentang kehendak alam. Usaha ini
mereka lakukan dengan jalan melakukan tapa untuk hidup abadi, membuat
jimat-jimat dan kias guna menolak pengaruh jahat, sakit, penyakit, dan
sebagainya (Setiawan, dkk, 1982: 156-157). Dalam prakteknya, perwujudan
ajaran Tao-Jiao antara lain berupa atraksi-atraksi seperti berjalan di
atas bara api, memotong lidah, dan perayaan-perayaan tertentu.
Konfusianisme
Konfusianisme
atau Konghuchu mulai dikenal di Cina melalui pemikiran-pemikirannya
yang cemerlang yang dilontarkan pada zaman Chou Timur (770-221 SM).
Konghuchu lahir pada tahun 551 SM berasal dari kota Lu, Provinsi
Shandong. Pada masa itu dinasti Chou tengah kehilangan kendali terhadap
para tuan tanah yang menempati hampir setengah bagian dari wilayah Cina.
Konghuchu dibesarkan oleh ibunya karena ia sudah kehilangan ayahnya
ketika masih berusia tiga tahun. Ketika dewasa dan bekerja sebagai
pegawai di kuil bangsawan Zhou, ia mengikuti semua detail-detail yang
terdapat dalam perayaan yang akhirnya menjadikannya sebagai seorang yang
ahli dalam ritual agama kuno.
Konfusianisme
adalah humanisme, tujuan yang hendak dicapai adalah kesejahteraan
manusia dalam hubungan yang harmonis dengan masyarakatnya. Kodrat
manusia menurut konfusius adalah “pemberian langit”, yang berarti bahwa
dalam hal tertentu ia berada di luar piliham manusia. Kesempurnaan
manusia terletak dalam pemenuhannya sebagai manusia yang seharusnya.
Moralitas merupakan realisasi dari rancangan yang ada dalam manusia.
Oleh karena itu, tujuan manusia yang paling tinggi adalah menemukan
petunjuk sentral bagi moral yang mempersatukan manusia dengan seluruh
isi alam semesta. Bagi Konfusius, manusia adalah baian dari konstitutif
dai seluruh isi alam semesta. Manusia harus berhubungan secara indah dan
harmonis dengan harmoni alam di luarnya. Ungkapan yang paling terkenal
yang merupakan inti ajarannya yaitu tidak berbuat kepada orang lain apa
yang dia tidak sukai orang lain perbuatan pada dirinya. Secara praktis
ajaran Konfusius dapat disimpulkan menjadi tiga pokok yaitu:
1. Pemujaan terhadap Tuhan (Thian)
Konfusius
mengajarkan keyakinan kepada pengikutnya bahwa Thian atau Tuhan menjadi
awal atas sumber kesadaran alam semesta dan segalanya. Ia menekankan
bahwa amat perlu untuk melakukan sembahyang korban terhadap Thian.
Pengertian Tuhan dalam kepercayaan Tionghoa sebenarnya juga tidak
berbeda dengan agama-agama yang lain yaitu sebagai pencipta alam semesta
dan segala isinya. Dalam kepercayaan kalangan rakyat, Tuhan biasanya
disebut sebagai Thian atau Shangdi atau Siang Te (dialek Hokkian). Thian
adalah penguasa tertinggi alam semesta ini. Karena itu, kedudukan-Nya
berada di tempat yang paling agung, sedangkan para dewa dan malaikat
yang lain adalah para pembantunya dalam menjalankan roda pemerintahan di
alam semesta ini, sesuai dengan fungsinya masing-masing. Di dalam
sistem pemerintahan ini, merupakan cerminan dari prinsip Yin dan Yang,
yang diwujudkan dalam bentuk pemerintahan di dunia dan pemerintahan
surga yang dilakukan oleh para dewa yang dipuncaki oleh Shangdi. Rakyat
percaya pemerintahan surga memiliki struktur yang sama dengan
pemerintahan dunia. Kalau pemerintahan dunia terdiri dari kaisar, para
keluarganya, perdana menteri, menteri-menteri sipil dan militer, dan
lain sebagainya, maka pemerintahan surga pun dipimpin oleh Shangdi dan
dibantu para dewa-dewa baik sipil maupun militer untuk mengatur tata
tertib di alam semesta ini. Sebab inilah maka para kaisar (hung-di) yang
di bumi merasa perlu untuk memuja Shangdi (yang berkedudukan di atas)
untuk memohon perlindungan dan berkah serta petunjuk-petunjuk untuk
menjalankan roda pemerintahan di mayapada ini agar selalu selaras dengan
kehendak Shangdi (Shang=di atas, di=tanah).
2. Pemujaan terhadap leluhur
Pemujaan
terhadap leluhur adalah menolong seseorang untuk mengingat kembali
asal-usulnya. Di sini asal mula manusia adalah dari leluhurnya. Upacara
pemujaan terhadap leluhur di sini diperlukan sesaji. Sebagian besar
aktifitas rumah tangga dalam keluarga Cina selalu berhubungan dengan roh
leluhur. Salah satu fungsi utama dalam keluarga adalah melakasanakan
pemujaan terhadap leluhur. Pemujaan leluhur dipandang sebagai perwujudan
dari bakti anak terhadap orang tua dan leluhurnya (Xiao). Pelaksanaan
upacara pemujaan leluhur dalam keluarga dipimpin oleh ayah sebagai
kepala keluarga. Keluarga Cina menganut garus keturunan dari pihak ayah
atau disebut patrilineal. Garis keturunan sangat penting bagi mereka
guna menjaga kelangsungan keluarga. Oleh karena itu, anak laki-laki
sangat penting untuk meneruskan garis keturunan.
3. Penghormatan terhadap Konfusius
Bagi
orang Cina merupakan kewajiban mereka untuk menghormati Konghuchu yang
mereka anggap sebagai guru besar seperti halnya penghormatan terhadap
orang tua. Konghuchu dianggap telah berjasa dalam mengajarkan
dasar-dasar ajaran moral yang sampai sekarang masih terus diterapkan.
Filsafatnya yang pada akhirnya menyatu dengan kehidupan masyarakat Cina
membuat secara keseluruhan ajaran Konfusius lebih banyak ditujukan
kepada manusia sebagai makhluk hidup.
Buddhisme
Agama
Buddha sudah menjadi bagian dari filosofi Cina selama hampir 2000
tahun. Meskipun Buddha bukanlah merupakan agama asli, melainkan pengaruh
dari India, tetapi ajaran Buddha mempunyai pengaruh yang cukup berarti
pada kehidupan orang Cina. Tema pokok ajaram agama Buddha adalah
bagaimana menghindarkan manusia dari penderitaan (samsara). Kejahatan
adalah pangkal penderitaan. Manusia yang lemah, tidak berpengetahuan
(akan Buddhisme) akan sangat mudah terkena kejahatan dan sulit untuk
membebaskan diri dari penderitaan.
Pendiri
agama Buddha adalah Sidharta Gautama. Ia dilahirkan dari keluarga
bangsawan di India. Sewaktu kecil, ayahnya menjauhkan Sidharta dari
segala macam bentuk penderitaan dunia, sampai pada suatu hari secara
tidak sengaja ia melihat orang-orang yang selama ini belum dilihatnya
yaitu orang-orang tua, seorang yang sakit dan yang meninggal. Kenyataan
tersebut membuatnya kemudian meninggalkan istana dan bertapa di bawah
pohon bodhi. Setelah bertapa selama enam tahun akhirnya ia memperoleh
pencerahan dengan menemukan obat penawar bagi penderitaan, jalan keluar
dari lingkaran tanpa akhir yaitu melalui kelahiran kembali kepada suatu
jalan menuju Nirwana. Jalan ini yang kemudian dikenal juga sebagai inti
dari ajaran Buddha.
Buddhisme
masuk ke Cina kira-kira abad 3 Masehi, pada masa pemerintahan dinasti
Han. Buddhisme selanjutnya mengalami perkembangan sendiri di negara
tersebut. Ajarannya di Cina mendapat pengaruh dari kepercayaan yang
sudah ada sebelumnya yaitu Taoisme dan Konfusiansianisme. Hal yang
paling kentara dari percampuran ini ialah dengan munculnya sekte Shan,
yang juga muncul di Jepang dengan nama Zen yang merupakan Buddhisme
India bercorak Taoisme Cina. Wujud dari agama ini adalah timbulnya
versi-versi signifikan dari dewata-dewata buddha, seperti
Avalokitecvara, Maitreya, dan sebagainya. Avalokitecvara berubah menjadi
Dewi Welas Asih (Guan Yin atau Kwan Im). Dewi ini sangat populer sekali
di kalangan orang Cina, tempat orang memohon pertolongan dalam
kesukaran, memohon keturunannya, dan lain sebagainya. Kwan Im dalam
penampilannya mempunyai 33 wujud, diantaranya yang paling populer adalah
Kwan Im berbaju putih, Kwan Im membawa botol air suci, dan Kwan Im
bertangan seribu. Dalam Avalokitecvara, Maitreya juga mempunyai wujud
lain di Cina yaitu Mi le fo, seorang yang bertubuh gemuk dan raut muka
yang selalu tertawa. Dewa ini dikenal sebagai dewa pengobatan.
Selain dewata-dewata Buddhis, di dalam sistem kepercayaan rakyat Cina mengenal tiga penggolongan utama dewata, yaitu:
- Dewata penguasa alam semesta yang mempunyai wilayah kekuasaan di langit. Para dewata golongan ini dipimpin oleh dewata tertinggi yaitu Yu Huang Da Di, Yuan Shi Tian Sun, dan termasuk di dalamnya antara lain dewa-dewa bintang, dewa kilat, dan dewa angin.
- Dewata penguasa bumi yang memiliki kekuasaan di bumi, walau sebetulnya mereka termasuk malaikat langit. Kekuasaan mereka adalah dunia dan manusia, termasuk akhirat. Mereka dikatakan sebagai para dewata yang menguasai Wu-Xing (lima unsur), yaitu: (a) kayu (dewa hutan, dewa kutub, dan lain sebagainya); (b) api (dewa api, dewa dapur); (c) logam (dewata penguasa kekayaan dalam bumi); (d) air (dewa sumur, dewa sungai, dewa laut, dewa hujan, dan lain sebagainya); (e) tanah (dewa bumi, dewa gunung, penguasa akhirat, dewa pelindung kota, dan lain sebagainya)
- Dewata penguasa manusia, yaitu para dewata yang mengurus soal-soal yang bersangkutan dengan kehidupan manusia seperti kelahiran, perjodohan, kematian, usia, rezeki, kekayaan, kepangkatan dan lain sebagainya. Termasuk dalam golongan dewata penguasa manusia ini adalah para dewata pelindung usaha pertokoan, dewata pengobatan, dewata pelindung, dan peternakan ulat sutra. Di samping itu, terdapat dewata-dewata kedaerahan yang menjadi pelindung masyarakat yang berasal dari daerah yang sama.
Menurut Artikel Lainnya :
Kepercayaan di dalam bahasa Mandarin disebut sebagai Xin4 Yang3, dan agama disebut sebagai Zong1 Jiau4. Ada orang yang menyebut kepercayaan tradisional ini sebagai Tri-Dharma (Sam Kau = hokkian, Shan1 Jiau4 = mandarin) yaitu gabungan antara Taoisme, Konfusianisme dan Buddhisme. Ada pula yang mengklaim kepercayaan tradisional ini sebagai agama Khonghucu. Semua ini boleh2 saja, namun saya sendiri tidaklah menganggap kepercayaan ini sebagai salah satu agama dari ketiga agama tadi ataupun agama baru yang terbentuk darinya.
Saya merasa kepercayaan tradisional adalah hal yang telah ada jauh sebelum agama eksis dan merupakan bagian dari budaya (sinkretisme budaya), malah mempengaruhi bentuk dan transformasi ketiga agama tadi dalam batas2 tertentu. Di zaman dulu, ada atau tidaknya agama leluhur orang Tionghoa, mereka tetap akan memegang teguh kepercayaan tradisional ini. Mari kita bersama2 membahas dan mendiskusikan kepercayaan tradisional masyarakat Tionghoa ini dari aspek budaya dan sejarahnya tanpa terjerumus dalam debat kusir yang tidak berguna mengenai agama atau kepercayaan yang sering kita lihat di forum lainnya.
Sejarah kebudayaan Tionghoa seperti kebudayaan kuno lainnya juga dimulai dengan mitologi2. Di zaman dahulu kala, leluhur orang Tionghoa mulai menuliskan pandangan mereka terhadap alam semesta ini. Mereka menganggap bahwa sebelum dunia ini terbentuk, langit (Tian1) dan bumi (Di4) merupakan satu kesatuan yang disebut dengan keadaan tidak berbentuk atau chaos (Hun4 Dun4). 18 ribu tahun kemudian, seorang bernama Pan2 Gu3 mulai memisahkan langit dan bumi. Setiap hari, langit bertambah tinggi 3.3 meter, bumi bertambah tebal 3.3 meter dan Pan Gu bertambah tinggi 3.3 meter. Demikian seterusnya 18 ribu tahun berlalu dan langit telah sangat tinggi, bumi telah sangat tebal. Setelah Pan Gu wafat, anggota tubuhnya kemudian menjadi matahari dan bulan, gunung dan laut, sungai dan danau.
Inilah yang disebut sebagai legenda Pan Gu memisahkan langit dan bumi (Pan2 Gu3 Kai1 Tian1 Di4) dan Pan Gu juga mendapat gelar Raja Langit Pertama (Yuan2 Shi3 Tian1 Wang2). Jadi, sebenarnya juga ada mitologi penciptaan di dalam kepercayaan tradisional Tionghoa, cuma Pan Gu adalah tetap merupakan sosok manusia yang kemudian menjadi tokoh legendaris yang tidak pernah di-Tuhan-kan.
Di kemudian hari, dalam mitologi bangsa Tionghoa juga ada tokoh legendaris Nu3 Wa1 yang dikenal sebagai ibu pertama dari bangsa Tionghoa menciptakan manusia dan menambal langit yang bocor. Fu2 Xi1 yang mengajarkan cara membuat jala dan menangkap ikan, beternak dan berburu, menciptakan Ba1 Gua4 (8 diagram) dan Shen2 Nung2 yang mengajari cara bertani, ahli obat2 tradisional dan memperkenalkan minuman teh.
Di masa ini, leluhur orang Tionghoa menganggap bahwa alam semesta ini terbagi atas 2 bagian yaitu langit dan bumi. Namun sampai pada munculnya Taoisme dan masuknya Buddhisme ke Tiongkok, bagian alam semesta tadi berkembang menjadi yang sekarang kita kenal yaitu 3 bagian yang terdiri dari alam Langit (Tian1 Jie4), alam Bumi (Ming2 Jie4) dan alam Baka (You1 Jie4).
Hubungan dan Interaksi Antar Tiga Alam
Kepercayaan di dalam bahasa Mandarin disebut sebagai Xin4 Yang3, dan agama disebut sebagai Zong1 Jiau4. Ada orang yang menyebut kepercayaan tradisional ini sebagai Tri-Dharma (Sam Kau = hokkian, Shan1 Jiau4 = mandarin) yaitu gabungan antara Taoisme, Konfusianisme dan Buddhisme. Ada pula yang mengklaim kepercayaan tradisional ini sebagai agama Khonghucu. Semua ini boleh2 saja, namun saya sendiri tidaklah menganggap kepercayaan ini sebagai salah satu agama dari ketiga agama tadi ataupun agama baru yang terbentuk darinya.
Saya merasa kepercayaan tradisional adalah hal yang telah ada jauh sebelum agama eksis dan merupakan bagian dari budaya (sinkretisme budaya), malah mempengaruhi bentuk dan transformasi ketiga agama tadi dalam batas2 tertentu. Di zaman dulu, ada atau tidaknya agama leluhur orang Tionghoa, mereka tetap akan memegang teguh kepercayaan tradisional ini. Mari kita bersama2 membahas dan mendiskusikan kepercayaan tradisional masyarakat Tionghoa ini dari aspek budaya dan sejarahnya tanpa terjerumus dalam debat kusir yang tidak berguna mengenai agama atau kepercayaan yang sering kita lihat di forum lainnya.
Pandangan terhadap alam semesta dalam kepercayaan tradisional
Sejarah kebudayaan Tionghoa seperti kebudayaan kuno lainnya juga dimulai dengan mitologi2. Di zaman dahulu kala, leluhur orang Tionghoa mulai menuliskan pandangan mereka terhadap alam semesta ini. Mereka menganggap bahwa sebelum dunia ini terbentuk, langit (Tian1) dan bumi (Di4) merupakan satu kesatuan yang disebut dengan keadaan tidak berbentuk atau chaos (Hun4 Dun4). 18 ribu tahun kemudian, seorang bernama Pan2 Gu3 mulai memisahkan langit dan bumi. Setiap hari, langit bertambah tinggi 3.3 meter, bumi bertambah tebal 3.3 meter dan Pan Gu bertambah tinggi 3.3 meter. Demikian seterusnya 18 ribu tahun berlalu dan langit telah sangat tinggi, bumi telah sangat tebal. Setelah Pan Gu wafat, anggota tubuhnya kemudian menjadi matahari dan bulan, gunung dan laut, sungai dan danau.
Inilah yang disebut sebagai legenda Pan Gu memisahkan langit dan bumi (Pan2 Gu3 Kai1 Tian1 Di4) dan Pan Gu juga mendapat gelar Raja Langit Pertama (Yuan2 Shi3 Tian1 Wang2). Jadi, sebenarnya juga ada mitologi penciptaan di dalam kepercayaan tradisional Tionghoa, cuma Pan Gu adalah tetap merupakan sosok manusia yang kemudian menjadi tokoh legendaris yang tidak pernah di-Tuhan-kan.
Di kemudian hari, dalam mitologi bangsa Tionghoa juga ada tokoh legendaris Nu3 Wa1 yang dikenal sebagai ibu pertama dari bangsa Tionghoa menciptakan manusia dan menambal langit yang bocor. Fu2 Xi1 yang mengajarkan cara membuat jala dan menangkap ikan, beternak dan berburu, menciptakan Ba1 Gua4 (8 diagram) dan Shen2 Nung2 yang mengajari cara bertani, ahli obat2 tradisional dan memperkenalkan minuman teh.
Di masa ini, leluhur orang Tionghoa menganggap bahwa alam semesta ini terbagi atas 2 bagian yaitu langit dan bumi. Namun sampai pada munculnya Taoisme dan masuknya Buddhisme ke Tiongkok, bagian alam semesta tadi berkembang menjadi yang sekarang kita kenal yaitu 3 bagian yang terdiri dari alam Langit (Tian1 Jie4), alam Bumi (Ming2 Jie4) dan alam Baka (You1 Jie4).
Tiga Alam
Konsep tiga alam adalah inti dari
kepercayaan tradisional Tionghoa. Leluhur orang Tionghoa percaya bahwa
tiga alam ini mempunyai peranannya masing2 dalam menjaga keseimbangan
alam semesta ini. Ketiga alam ini tidak dapat dipisahkan dan berdiri
sendiri tanpa kedua alam lainnya.
Alam Langit (Tian1 Jie4) adalah menunjuk pada alam yang didiami dan menjadi tempat kegiatan para raja2 Langit (Tian1 Wang2) dan dewa-dewi langit (Tian1 Shen2). Alam ini dianggap sebagai pusat pemerintahan alam semesta, yang mengatur seluruh kehidupan di alam bumi. Orang2 besar yang berjasa di bidangnya masing2 terhadap masyarakat Tionghoa di zamannya dapat naik menjadi dewa-dewi di alam Langit. Nenek moyang dalam mitologi seperti Nu Wa, Fu Xi dan Shen Nung serta kaisar2 legendaris seperti Yao2, Xun4 dan Yu3 adalah bertempat tinggal di sana bersama dengan dewa-dewi pejabat pemerintahan langit lainnya yang akan diterangkan lebih lanjut dalam bagian yang lain.
Alam Bumi (Ming2 Jie4) adalah menunjuk pada bumi tempat kita berada, yang menjadi tempat tinggal dan tempat kegiatan dari seluruh makhluk hidup. Dewa-dewi dan pejabat di alam Langit bertanggung jawab melaksanakan tugas pemerintahan mereka di alam Bumi. Juga disebut sebagai Yang2 Jian1 ataupun Ren2 Jian1.
Alam Baka (You1 Jie4) adalah menunjuk pada alam di bawah bumi ataupun alam sesudah kematian, yaitu alam yang menjadi tempat domisili dan kegiatan dari roh2 (Ling2) dan hantu2 (Gui3) dari manusia setelah meninggal dunia. Di alam ini, ada sekelompok dewa dan pejabat alam yang khusus memerintah di alam ini. Dalam kepercayaan tradisional, leluhur orang Tionghoa mempercayai bahwa kehidupan setelah meninggal adalah lebih kurang sama dengan kehidupan manusia di dunia ini. Di alam ini, setiap orang akan menjalani pengadilan yang akan membawa kepada hadiah maupun hukuman dari dewa dan pejabat di alam ini. Alam Baka keseluruhan berjumlah 10 Istana Yan Luo (Shi2 Dian4 Yan2 Luo2) dan 18 Tingkat Neraka (Shi2 Ba1 Ceng2 Di4 Yu4).
Dalam perkembangannya, kepercayaan mengenai alam Baka ini kemudian terpengaruh oleh konsep reinkarnasi dari Buddhisme yang ditandai dengan kepercayaan bahwa roh yang hidup di alam Baka kemudian akan terlahir kembali ke dunia sebagai manusia setelah lupa akan kehidupan sebelumnya dengan meminum sup Meng4 Po1 dan melewati jembatan Nai4 He2. Perbedaan yang mendasar adalah bahwa kepercayaan tradisional ini menganggap manusia hanya akan terlahir kembali sebagai manusia dan tidak sebagai makhluk lainnya.
Alam Langit (Tian1 Jie4) adalah menunjuk pada alam yang didiami dan menjadi tempat kegiatan para raja2 Langit (Tian1 Wang2) dan dewa-dewi langit (Tian1 Shen2). Alam ini dianggap sebagai pusat pemerintahan alam semesta, yang mengatur seluruh kehidupan di alam bumi. Orang2 besar yang berjasa di bidangnya masing2 terhadap masyarakat Tionghoa di zamannya dapat naik menjadi dewa-dewi di alam Langit. Nenek moyang dalam mitologi seperti Nu Wa, Fu Xi dan Shen Nung serta kaisar2 legendaris seperti Yao2, Xun4 dan Yu3 adalah bertempat tinggal di sana bersama dengan dewa-dewi pejabat pemerintahan langit lainnya yang akan diterangkan lebih lanjut dalam bagian yang lain.
Alam Bumi (Ming2 Jie4) adalah menunjuk pada bumi tempat kita berada, yang menjadi tempat tinggal dan tempat kegiatan dari seluruh makhluk hidup. Dewa-dewi dan pejabat di alam Langit bertanggung jawab melaksanakan tugas pemerintahan mereka di alam Bumi. Juga disebut sebagai Yang2 Jian1 ataupun Ren2 Jian1.
Alam Baka (You1 Jie4) adalah menunjuk pada alam di bawah bumi ataupun alam sesudah kematian, yaitu alam yang menjadi tempat domisili dan kegiatan dari roh2 (Ling2) dan hantu2 (Gui3) dari manusia setelah meninggal dunia. Di alam ini, ada sekelompok dewa dan pejabat alam yang khusus memerintah di alam ini. Dalam kepercayaan tradisional, leluhur orang Tionghoa mempercayai bahwa kehidupan setelah meninggal adalah lebih kurang sama dengan kehidupan manusia di dunia ini. Di alam ini, setiap orang akan menjalani pengadilan yang akan membawa kepada hadiah maupun hukuman dari dewa dan pejabat di alam ini. Alam Baka keseluruhan berjumlah 10 Istana Yan Luo (Shi2 Dian4 Yan2 Luo2) dan 18 Tingkat Neraka (Shi2 Ba1 Ceng2 Di4 Yu4).
Dalam perkembangannya, kepercayaan mengenai alam Baka ini kemudian terpengaruh oleh konsep reinkarnasi dari Buddhisme yang ditandai dengan kepercayaan bahwa roh yang hidup di alam Baka kemudian akan terlahir kembali ke dunia sebagai manusia setelah lupa akan kehidupan sebelumnya dengan meminum sup Meng4 Po1 dan melewati jembatan Nai4 He2. Perbedaan yang mendasar adalah bahwa kepercayaan tradisional ini menganggap manusia hanya akan terlahir kembali sebagai manusia dan tidak sebagai makhluk lainnya.
Hubungan dan Interaksi Antar Tiga Alam
Alam Langit, alam Bumi dan alam Baka adalah mempunyai hubungan satu sama
lain dan dapat berinteraksi di antaranya. Kepercayaan leluhur orang
Tionghoa bahwa ada kehidupan setelah kematian, seseorang yang telah
meninggal akan menjadi roh (Ling2) ataupun hantu (Gui3).
Roh ini terbagi atas roh yang baik dan jahat. Roh yang dihormati dan dikenang oleh keturunannya sehingga dapat menjaga, melindungi dan membawa berkah pada keluarga anak cucunya adalah roh leluhur yang baik. Sedangkan roh yang tidak mendapat penghormatan, perlakuan layak dan wajar oleh keturunannya ataupun yang meninggal secara tidak wajar biasanya merupakan roh yang jahat. Roh yang jahat inilah yang biasanya kita kenal dengan sebutan hantu.
Namun, tidak semuanya akan menjadi roh ataupun hantu. Ada tokoh2 tertentu yang berjasa dan berkontribusi besar bagi masyarakat, kebudayaan dan negara akan naik derajatnya menjadi dewa-dewi yang patut dihormati masyarakat luas untuk mengenang dan menghormati jasa2 mereka. Banyak dari dewa-dewi leluhur orang Tionghoa yang sebenarnya merupakan tokoh sejarah yang benar2 pernah hidup pada masanya dan bukan cuma legenda atau mitologi. Masing2 dewa-dewi tersebut mempunyai peranan dan kelebihan masing2 seperti Guan Gong (nama asli Guan1 Yun2-chang2) yang hidup masa Dinasti Han akhir (Tiga Negara) dipuja sebagai Dewa Perang yang melambangkan kekuatan dan kesetiaan, lalu Ma Zhu Niang-niang (nama asli Lin2 Mo4-niang2) yang hidup di zaman Dinasti Sung yang dipuja sebagai Dewi Maritim yang melambangkan bakti seorang anak kepada orang tuanya.
Dari semua bentuk interaksi ini, yang paling nyata dan penting dalam kepercayaan tradisional ini adalah upacara merayakan ulang tahun dewa-dewi (Wei4 Shen2 Zuo4 Shou4) dan membantu roh untuk terbebas dari penderitaan (Ti4 Gui3 Cao1 Sheng1, dalam agama tertentu dapat disamakan dengan pelimpahan jasa2). Kedua upacara ini biasanya diselenggarakan bersamaan pada hari2 ulang tahun dari dewa-dewi tersebut. Semua ini dilakukan demi penghormatan kepada dewa-dewi dan roh2 yang dianggap dapat mempengaruhi kehidupan manusia di dunia ini. Bentuk2 ritual kepercayaan ini sangat berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Namun di dalam perbedaan tersebut, persamaannya masih tetap lebih menonjol karena dewa-dewi yang dipuja dan inti dari penghormatan tersebut adalah sama hakikatnya.
Roh ini terbagi atas roh yang baik dan jahat. Roh yang dihormati dan dikenang oleh keturunannya sehingga dapat menjaga, melindungi dan membawa berkah pada keluarga anak cucunya adalah roh leluhur yang baik. Sedangkan roh yang tidak mendapat penghormatan, perlakuan layak dan wajar oleh keturunannya ataupun yang meninggal secara tidak wajar biasanya merupakan roh yang jahat. Roh yang jahat inilah yang biasanya kita kenal dengan sebutan hantu.
Namun, tidak semuanya akan menjadi roh ataupun hantu. Ada tokoh2 tertentu yang berjasa dan berkontribusi besar bagi masyarakat, kebudayaan dan negara akan naik derajatnya menjadi dewa-dewi yang patut dihormati masyarakat luas untuk mengenang dan menghormati jasa2 mereka. Banyak dari dewa-dewi leluhur orang Tionghoa yang sebenarnya merupakan tokoh sejarah yang benar2 pernah hidup pada masanya dan bukan cuma legenda atau mitologi. Masing2 dewa-dewi tersebut mempunyai peranan dan kelebihan masing2 seperti Guan Gong (nama asli Guan1 Yun2-chang2) yang hidup masa Dinasti Han akhir (Tiga Negara) dipuja sebagai Dewa Perang yang melambangkan kekuatan dan kesetiaan, lalu Ma Zhu Niang-niang (nama asli Lin2 Mo4-niang2) yang hidup di zaman Dinasti Sung yang dipuja sebagai Dewi Maritim yang melambangkan bakti seorang anak kepada orang tuanya.
Dari semua bentuk interaksi ini, yang paling nyata dan penting dalam kepercayaan tradisional ini adalah upacara merayakan ulang tahun dewa-dewi (Wei4 Shen2 Zuo4 Shou4) dan membantu roh untuk terbebas dari penderitaan (Ti4 Gui3 Cao1 Sheng1, dalam agama tertentu dapat disamakan dengan pelimpahan jasa2). Kedua upacara ini biasanya diselenggarakan bersamaan pada hari2 ulang tahun dari dewa-dewi tersebut. Semua ini dilakukan demi penghormatan kepada dewa-dewi dan roh2 yang dianggap dapat mempengaruhi kehidupan manusia di dunia ini. Bentuk2 ritual kepercayaan ini sangat berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Namun di dalam perbedaan tersebut, persamaannya masih tetap lebih menonjol karena dewa-dewi yang dipuja dan inti dari penghormatan tersebut adalah sama hakikatnya.
Asal Usul Dewa-Dewi Dalam Kepercayaan Tradisional Tionghoa
Lalu, kita harus bertanya, apa dan siapa
saja yang dapat dianggap sebagai dewa-dewi yang ditinggikan dalam
kepercayaan tradisional ini? Bila Sdr. Perfect Harmony telah mengulas
dewa-dewi ditinjau dari segi agama masing2, maka saya tak akan
mengulangnya lagi dan mencoba meninjau dari segi pandang yang lain,
yaitu jenis2 dan asal usul dewa-dewi tersebut.
Secara garis besar maka jenis2 dewa-dewi yang dipuja dalam kepercayaan tradisional ini berdasarkan asal usulnya adalah : Bentuk penghormatan kepada alam (Ze4 Ran2 Chong2 Bai4) Kategori ini termasuk dewa-dewi yang paling awal karena telah ada sejak zaman dahulu kala jauh sebelum munculnya penghormatan jenis lainnya. Karena di zaman dulu, alam merupakan tantangan keras bagi leluhur bangsa Tionghoa untuk bertahan hidup, maka leluhur bangsa Tionghoa berusaha hidup harmonis dalam kerasnya alam. Dewa dari jenis penghormatan ini misalnya : Yu4 Huang2 Da4 Di4 = Raja Langit, merupakan bentuk penghormatan pada langit. Fu2 De2 Zheng4 Shen2 (Tu3 Di4 Gong1 atau Tho Te Kong) = Dewa Bumi/Tanah, merupakan penghormatan pada bumi. Wu3 Lei2 Yuan2 Shuai4 (Lei2 Gong1 atau Li Kong) = Dewa Petir, merupakan penghormatan pada petir. dan masih banyak yang tak saya sertakan di sini, bila perlu akan diturunkan dalam artikel tersendiri. Bentuk penghormatan kepada leluhur (Zu3 Xian1 Chong2 Bai4) Kategori ini muncul setelah adanya pengaruh Konfusianisme yang sangat menekankan pentingnya penghormatan kepada leluhur, terutama yang berjasa dan berkontribusi bagi orang banyak. Bila tidak ada leluhur, tentu kita tidak akan berada di sini sekarang dapat berdiskusi di forum ini. Dewa-dewi bentuk penghormatan terdiri dari tokoh2 sejarah besar, tokoh2 mitologi yang dianggap sebagai leluhur jauh maupun dekat, misalnya :
Secara garis besar maka jenis2 dewa-dewi yang dipuja dalam kepercayaan tradisional ini berdasarkan asal usulnya adalah : Bentuk penghormatan kepada alam (Ze4 Ran2 Chong2 Bai4) Kategori ini termasuk dewa-dewi yang paling awal karena telah ada sejak zaman dahulu kala jauh sebelum munculnya penghormatan jenis lainnya. Karena di zaman dulu, alam merupakan tantangan keras bagi leluhur bangsa Tionghoa untuk bertahan hidup, maka leluhur bangsa Tionghoa berusaha hidup harmonis dalam kerasnya alam. Dewa dari jenis penghormatan ini misalnya : Yu4 Huang2 Da4 Di4 = Raja Langit, merupakan bentuk penghormatan pada langit. Fu2 De2 Zheng4 Shen2 (Tu3 Di4 Gong1 atau Tho Te Kong) = Dewa Bumi/Tanah, merupakan penghormatan pada bumi. Wu3 Lei2 Yuan2 Shuai4 (Lei2 Gong1 atau Li Kong) = Dewa Petir, merupakan penghormatan pada petir. dan masih banyak yang tak saya sertakan di sini, bila perlu akan diturunkan dalam artikel tersendiri. Bentuk penghormatan kepada leluhur (Zu3 Xian1 Chong2 Bai4) Kategori ini muncul setelah adanya pengaruh Konfusianisme yang sangat menekankan pentingnya penghormatan kepada leluhur, terutama yang berjasa dan berkontribusi bagi orang banyak. Bila tidak ada leluhur, tentu kita tidak akan berada di sini sekarang dapat berdiskusi di forum ini. Dewa-dewi bentuk penghormatan terdiri dari tokoh2 sejarah besar, tokoh2 mitologi yang dianggap sebagai leluhur jauh maupun dekat, misalnya :
Tokoh2 sejarah :
Kaisar pra-Dinasti Xia seperti Yao2, Shun4 dan Yu2.
Kong3 Zi3 Gong1 = Konfusius/Khonghucu, lambang kebijakan. Fo2 Zu3 = Buddha Sakyamuni/Hud Cho.
Tai4 Shang4 Lao3 Jun1 = Lao-tse. Guan1 Sheng4 Di4 Jun1 = Kwan Kong, lambang kesetiaan. Bao1 Gong1 = Bao Zheng/Hakim Bao, lambang keadilan.
Tian1 Shang4 Sheng4 Mu3 = Ma Zu/Ma Cho, lambang bakti anak terhadap orang tua.
Tokoh mitologi : Yuan2 Shi3 Tian1 Wang2 = Pan Gu, tokoh mitos penciptaan alam semesta. Nu3 Wa1 Niang2 Niang2 = Nu Wa, tokoh mitos penciptaan manusia. Qi2 Tian1 Da4 Sheng4 = Sun Go Kong, tokoh mitos dalam cerita Perjalanan ke Barat (Xi You Ji). Xuan1 Yua2 Shi4 = Huang Di, kaisar purba di abad 27 SM.
Wu3 Ke2 Da4 Di4 = Shen Nung, ahli pertanian dan obat tradisional. Bentuk lain2 (Shu4 Wu4 Chong2 Bai4) Kategori ini adalah bentuk penghormatan yang tidak termasuk ke dalam kategori di atas. Misalnya :
Men2 Shen2 = Dewa Pintu.
Kong3 Zi3 Gong1 = Konfusius/Khonghucu, lambang kebijakan. Fo2 Zu3 = Buddha Sakyamuni/Hud Cho.
Tai4 Shang4 Lao3 Jun1 = Lao-tse. Guan1 Sheng4 Di4 Jun1 = Kwan Kong, lambang kesetiaan. Bao1 Gong1 = Bao Zheng/Hakim Bao, lambang keadilan.
Tian1 Shang4 Sheng4 Mu3 = Ma Zu/Ma Cho, lambang bakti anak terhadap orang tua.
Tokoh mitologi : Yuan2 Shi3 Tian1 Wang2 = Pan Gu, tokoh mitos penciptaan alam semesta. Nu3 Wa1 Niang2 Niang2 = Nu Wa, tokoh mitos penciptaan manusia. Qi2 Tian1 Da4 Sheng4 = Sun Go Kong, tokoh mitos dalam cerita Perjalanan ke Barat (Xi You Ji). Xuan1 Yua2 Shi4 = Huang Di, kaisar purba di abad 27 SM.
Wu3 Ke2 Da4 Di4 = Shen Nung, ahli pertanian dan obat tradisional. Bentuk lain2 (Shu4 Wu4 Chong2 Bai4) Kategori ini adalah bentuk penghormatan yang tidak termasuk ke dalam kategori di atas. Misalnya :
Men2 Shen2 = Dewa Pintu.
Zao4 Jun1 = Dewa Dapur.
Bila diperhatikan, maka hampir semua
dari dewa-dewi yang ditinggikan di dalam kepercayaan tradisional ini
adalah dimanusiakan tanpa memandang bentuk asalnya. Ini terutama
terlihat dalam bentuk penghormatan pada alam maupun bentuk2 lain. Namun
apapun bentuk yang ditunjukkan (patung, papan nama penghormatan deelel),
yang dipuja dan dihormati tentu bukan bentuk real darinya. Jadi yang
dilakukan dalam kepercayaan tradisional ini bukanlah memuja sang patung
ataupun papan tadi, namun adalah memuja dan menghormati dewa-dewi yang
bersangkutan.Hubungan dan Interaksi Antar Tiga Alam
Alam Langit, alam Bumi dan alam Baka adalah
mempunyai hubungan satu sama lain dan dapat berinteraksi di antaranya.
Kepercayaan leluhur orang Tionghoa bahwa ada kehidupan setelah
kematian, seseorang yang telah meninggal akan menjadi roh (Ling2)
ataupun hantu (Gui3). Roh ini terbagi atas
roh yang baik dan jahat. Roh
yang dihormati dan dikenang oleh keturunannya sehingga dapat menjaga,
melindungi dan membawa berkah pada keluarga anak cucunya adalah roh
leluhur yang baik. Sedangkan roh yang tidak mendapat penghormatan,
perlakuan layak dan wajar oleh keturunannya ataupun yang meninggal
secara tidak wajar biasanya merupakan roh yang jahat. Roh yang jahat
inilah yang biasanya kita kenal dengan sebutan hantu.
Namun, tidak semuanya akan menjadi roh
ataupun hantu. Ada tokoh2 tertentu yang berjasa dan berkontribusi besar
bagi masyarakat, kebudayaan dan negara akan naik derajatnya menjadi
dewa-dewi yang patut dihormati masyarakat luas untuk mengenang dan
menghormati jasa2 mereka. Banyak dari dewa-dewi leluhur orang Tionghoa
yang sebenarnya merupakan tokoh sejarah yang benar2 pernah hidup pada
masanya dan bukan cuma legenda atau mitologi. Masing2 dewa-dewi
tersebut mempunyai peranan dan kelebihan masing2 seperti Guan Gong
(nama asli Guan1 Yun2-chang2) yang hidup masa Dinasti Han akhir (Tiga
Negara) dipuja sebagai Dewa Perang yang melambangkan kekuatan dan
kesetiaan, lalu Ma Zhu Niang-niang (nama
asli Lin2 Mo4-niang2) yang
hidup di zaman Dinasti Sung yang dipuja sebagai Dewi Maritim yang
melambangkan bakti seorang anak kepada orang tuanya.
Dari semua bentuk interaksi ini, yang paling
nyata dan penting dalam kepercayaan tradisional ini adalah upacara
merayakan ulang tahun dewa-dewi (Wei4 Shen2 Zuo4
Shou4) dan membantu
roh untuk terbebas dari penderitaan (Ti4 Gui3
Cao1 Sheng1, dalam agama
tertentu dapat disamakan dengan pelimpahan jasa2). Kedua upacara ini
biasanya diselenggarakan bersamaan pada hari2 ulang tahun dari
dewa-dewi tersebut. Semua ini dilakukan demi penghormatan kepada
dewa-dewi dan roh2 yang dianggap dapat mempengaruhi kehidupan manusia
di dunia ini. Bentuk2 ritual kepercayaan ini sangat berbeda antara satu
tempat dengan tempat lainnya. Namun di dalam perbedaan tersebut,
persamaannya masih tetap lebih menonjol karena dewa-dewi yang
dipuja dan inti dari penghormatan tersebut adalah sama hakikatnya.
- Bentuk penghormatan kepada alam (Ze4 Ran2 Chong2 Bai4)
Kategori ini termasuk dewa-dewi yang paling awal karena telah ada sejak zaman dahulu kala jauh sebelum munculnya penghormatan jenis lainnya. Karena di zaman dulu, alam merupakan tantangan keras bagi leluhur bangsa Tionghoa untuk bertahan hidup, maka leluhur bangsa Tionghoa berusaha hidup harmonis dalam kerasnya alam. Dewa dari jenis penghormatan ini misalnya :
- Yu4 Huang2 Da4 Di4 = Raja Langit, merupakan bentuk penghormatan pada langit.
- Fu2 De2 Zheng4 Shen2 (Tu3 Di4 Gong1 atau Tho Te Kong) = Dewa Bumi/Tanah, merupakan penghormatan pada bumi.
- Wu3 Lei2 Yuan2 Shuai4 (Lei2 Gong1 atau Li Kong) = Dewa Petir, merupakan penghormatan pada petir.
- dan masih banyak yang tak saya sertakan di sini, bila perlu akan diturunkan dalam artikel tersendiri.
- Bentuk penghormatan kepada leluhur (Zu3 Xian1 Chong2 Bai4)
Kategori ini muncul setelah adanya pengaruh Konfusianisme yang sangat menekankan pentingnya penghormatan kepada leluhur, terutama yang berjasa dan berkontribusi bagi orang banyak. Bila tidak ada leluhur, tentu kita tidak akan berada di sini sekarang dapat berdiskusi di forum ini. Dewa-dewi bentuk penghormatan terdiri dari tokoh2 sejarah besar, tokoh2 mitologi yang dianggap sebagai leluhur jauh maupun dekat, misalnya :
- Tokoh2 sejarah :
- Kaisar pra-Dinasti Xia seperti Yao2, Shun4 dan Yu2.
- Kong3 Zi3 Gong1 = Konfusius/Khonghucu, lambang kebijakan.
- Fo2 Zu3 = Buddha Sakyamuni/Hud Cho.
- Tai4 Shang4 Lao3 Jun1 = Lao-tse.
- Guan1 Sheng4 Di4 Jun1 = Kwan Kong, lambang kesetiaan.
- Bao1 Gong1 = Bao Zheng/Hakim Bao, lambang keadilan.
- Tian1 Shang4 Sheng4 Mu3 = Ma Zu/Ma Cho, lambang bakti anak terhadap orang tua.
- Tokoh mitologi :
- Yuan2 Shi3 Tian1 Wang2 = Pan Gu, tokoh mitos penciptaan alam semesta.
- Nu3 Wa1 Niang2 Niang2 = Nu Wa, tokoh mitos penciptaan manusia.
- Qi2 Tian1 Da4 Sheng4 = Sun Go Kong, tokoh mitos dalam cerita Perjalanan ke Barat (Xi You Ji).
- Xuan1 Yua2 Shi4 = Huang Di, kaisar purba di abad 27 SM.
- Wu3 Ke2 Da4 Di4 = Shen Nung, ahli pertanian dan obat tradisional.
- Bentuk lain2 (Shu4 Wu4 Chong2 Bai4)
Kategori ini adalah bentuk penghormatan yang tidak termasuk ke dalam kategori di atas. Misalnya :
- Men2 Shen2 = Dewa Pintu.
- Zao4 Jun1 = Dewa Dapur.
Bila diperhatikan, maka hampir semua dari dewa-dewi yang ditinggikan di dalam kepercayaan tradisional ini adalah dimanusiakan tanpa memandang bentuk asalnya. Ini terutama terlihat dalam bentuk penghormatan pada alam maupun bentuk2 lain. Namun apapun bentuk yang ditunjukkan (patung, papan nama penghormatan deelel), yang dipuja dan dihormati tentu bukan bentuk real darinya. Jadi yang dilakukan dalam kepercayaan tradisional ini bukanlah memuja sang patung ataupun papan tadi, namun adalah memuja dan menghormati dewa-dewi yang bersangkutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar