Source :
Grand Master book no 207_拈花手的秘密
Siapa Mengukuhkan Siapa ?
誰認證誰?
Translated by Lianhua Shian
近期,密教界彷彿興起了「認證」潮流,一般認證,是「再來人」。例如:
Dewasa ini, di dunia Tantrayana sedang musim "Pengukuhan", kebanyakan yaitu pengukuhan terhadap kedatangan kembali dari orang suci, seperti :
第十一世班襌被認證出來。
Panchen Lama ke 11 telah ditemukan dan dikukuhkan.
第十七世噶瑪巴被認證出來。(雙包)
Karmapa 17 telah ditemukan dan dikukuhkan. (ada dua)
達賴、班襌、哲布尊丹巴等,都是一世又一世的轉世著。
Dalai Lama, Panchen, Jebtsundamba dan lain sebagainya, semua adalah yang datang kembali dari beberapa kehidupan.
轉世的呼圖克圖、諾門汗、班智達、堪布、綽爾濟、呼畢拉罕、祖古。
Kelahiran kembali dari Khutughtu, yaitu Nomonhan, Pandita, Kanbu, Cuoerji, Hubilgan dan Tulku.
非常多,多到這世界到底有多少「活佛」仁波切,誰也無法數。
Sangat banyak, saking banyaknya sampai siapapun tidak mampu menghitung jumlah Rinpoche di dunia ini .
反正,只要有人認證就成。
Asalkan ada orang yang mengukuhkan maka jadilah.
另外: 也有直接來的,並沒有第幾世第幾世,而是由佛菩薩直接轉化的。例如:
Selain itu : Ada juga yang merupakan kelahiran langsung, sama sekali tidak ada yang keberapa dan keberapa, melainkan berasal langsung dari manifestasi dari Buddha Bodhisattva, seperti :
密教最高的古佛「阿達爾瑪佛」(多傑羌),是十六地佛。 義雲高大師說,他是「多傑羌」的轉世。義雲高大師的傳承是:
Buddha Kuno yang tertinggi dalam Tantrayana adalah Adaerma (Dorje Chang), merupakan Buddha Bhumi 16. Mahabiksu Yiyun mengatakan bahwa dia adalah kelahiran kembali dari Dorje Chang. Silsilah Mahabiksu Yiyun adalah :
多傑羌──維摩詰──義雲高大師。
Dorje Chang --- Vimalakirti --- Mahabiksu Yiyun.
(雖也自稱三世,但隔千年萬年)
Walau dirinya sendiri menyebut sebagai tiga kelahiran, namun terpencar puluhan ribu tahun.
還有,尼泊爾出現一位「釋迦牟尼佛」的直接轉化,名叫「班尼」,穿白袍,在深山瞑想。
Dan lagi, di Nepal muncul manifestasi Sakyamuni Buddha, namanya adalah Pani, mengenakan jubah putih, bermeditasi di kedalaman gunung.
還有我的弟子「菲禮」,直接被認證為「蓮花生大士」轉世。 法號「脫噶仁波切」。
Ada lagi, siswa Saya "Fei Li" dikukuhkan secara langsung sebagai kelahiran kembali dari Padmasambhava. Nama Dharmanya adalah Tuoka Rinpoche.
又有一位,我的弟子「蓮花兆昌」被認證為「夏瑪仁波切」。
Ada lagi, siswa Saya Lianhua Zhaochang, dikukuhkan sebagai Xiama Rinpoche.
又「蓮暄」也生前被認證。「蓮袍」也被認證。「蓮古」也被認證。……
Dan juga Lianxuan pada masa hidupnya telah dikukuhkan. Lianpao juga dikukuhkan. Liangu juga dikukuhkan....
這到底是怎麼一回事?怎麼一回事暫且不管,我要先問問:
「先摸一摸自己的良心,你的良知告訴自己,自己的修行夠不夠力?」
「是真?是假?自已最清楚。生死了否?煩惱斷否?」
Sebenarnya apa yang terjadi ? Saya tidak perduli dengan apa yang terjadi, namun Saya ingin bertanya terlebih dahulu :
"Sentuhlah hati nurani Anda dulu, dengan akal sehat memberitahukan pada diri sendiri, apakah pembinaan diri sendiri sudah cukup kuat ?"
"Ini benar atau palsu, diri sendirilah yang paling tahu. Sudahkan mengatasi kelahiran dan kematian ? Sudahkan memotong kilesha ?"
●
且說「全{大歲}禪師」幫「羅山襌師」,排卜塔基。排卜就是堪輿建塔的地基。
Pada suatu ketika, Biksu Zen Quanhuo membantu Biksu Luoshan untuk mengangkut bahan membangun pondasi stupa.
羅山問全{大歲}:
「和尚在三十年前,參訪洞山襌師,曾是不肯定洞山襌師,是嗎?」
全{大歲}答: 「是。」
Luoshan bertanya pada Biksu Zen Quanhuo, "Tiga puluh tahun lalu, biksu pernah mengunjungi Biksu Dongshan, namun tidak memberi pengakuan pada biksu Dongshan, benarkah demikian ?"
Biksu Zen menjawab, "Ya."
羅山又是問: 「和尚的法嗣是德山襌師,但也不肯定德山襌師,是嗎?」
全{大歲}答: 「是。」(這個是,有深意在)
Luoshan bertanya lagi, "Garis Dharma Anda adalah Biksu Deshan, namun Anda juga tidak memberi pengakuan pada Biksu Deshan, benarkan demikian ? "
Biksu Zen Quanhuo menjawab " Ya." (Ini mengandung makna yang mendalam)
羅山問: 「不肯定德山暫且不管,但,洞山襌師有何過失虧闕?」
全{大歲}答: 「洞山襌師好佛,只是無光。」
Luoshan bertanya : " Saya tidak peduli jika Anda tidak mengakui Deshan, namun apakah Biksu Dongshan mempunyai kelemahan ?"
Biksu Zen Quanhuo menjawab : "Biksu Dongshan adalah Buddha yang baik, hanya saja tidak bercahaya."
●
我對這則公案,高度的重視,我個人以為「不肯定」,是「不認證」之意。
Saya sangat menjunjung tinggi kisah koan ini, menurut Saya istilah "Tidak mengakui" berarti "Tidak memberikan pengukuhan".
全{大歲}禪師不能認證洞山襌師。
全{大歲}禪師更不能認證德山襌師。
全{大歲}禪師只能說:
「洞山襌師好佛,只是無光,不能接引我。」
是的,是的。
Biksu Quanhuo tidak bisa mengukuhkan Biksu Dongshan
Biksu Quanhuo terlebih lagi tidak bisa mengukuhkan Biksu Deshan
Biksu Quanhuo hanya bisa mengatakan "Biksu Dongshan adalah Buddha yang baik, hanya saja tiada cahaya, tidak mampu menyelamatkan saya."
Ya...Ya...
佛心是自證自悟,自由心證;了生死、斷煩惱,唯有自知,如人飲水。
Buddhatta direalisasikan oleh diri sendiri, batin bebas merealisasikannya, ; Mengatasi tmimbal lahir dan memotong kilesha hanya diri sendiri yang tahu, bagaikan manusia minum air.
誰能認證誰?在「第一義諦」下,迷時師度,悟時自度,做弟子的,也不可以去臆測自己的師父。
Siapa dapat mengukuhkan siapa ? Di bawah Kebenaran Sejati, saat belum tercerahkan maka Guru yang menyelamatkan, saat tercerahkan adalah diri sendiri yang menyelamatkan, seorang siswa juga tidak boleh menebak-nebak Guru nya sendiri.
我請問聖弟子:
「到底誰在認證誰?」參下去!
Saya bertanya pada para siswa arya :
"Sebenarnya, siapa mengukuhkan siapa ?"
Renungkanlah !
***end***
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar