Minggu, 18 Agustus 2013

Om Mani Padme Hum

mantra 6 suku kata
Mantra 6 suku kata ( om mani padme hum) adalah mantra welas asih avalokitsvara bodhisattva, yang berasal dari bahasa Sanskrit, melambangkan cinta kasih universal dan perlindungan dari semua bodhisattva. Mantra ini merupakan perpanjangan dari mantra tiga suku kata “ om a hum” yang mempunyai arti sangat kaya, indah dan tiada taranya, menyimpan kekuatan terbesar, wisdom terbesar dan cinta kasih terbesar didunia ini. Mantra ini merupakan welas asih avalokitesvara , pada masa lampau avalokitesvara memegang teguh mantra ini dalam melatih diri sehingga mencapai kebuddhaan dimasa tersebut .
Om (warna putih) melambangkan dewa kebijaksanaan yang mempunyai jhana paramitha (meditasi ) dan dapat menghapuskan kesombongan.
Ma (warna hijau) melambangkan dewa kebaikan yang mempunyai kesabaran( khanti paramitha ) dan dapat menghapus rasa iri hati .
Ni (warna kuning) adalah sebuah symbol dewa tubuh, ucapan , pikiran dan kebaikan yang dapat menghapuskan keserakahan.
Ba (warna biru) symbol dewa kebahagiaan mempunyai dana paramitha dan dapat menghapuskan kebodohan.
Mi (warna merah) adalah symbol dewa kebahagiaan yang mempunyai dana paramitha dan mampu menghapuskan kekikiran.
Hum (warna hitam) adalah sebuah symbol dewa kasih saying yang mempunyai semangat (virya paramitha) dan dapat menghapuskan kemarahan (kebencian).
Mantra 6 suku kata ini adalah pujian amithaba Buddha kepada avalokitesvara yang tak pernah lelah menolong semua makhluk. Avalokitesvara adalah penjelamaan / manifestasi dari tubuh kebuddhaan , yang bertekad menolong semua makhluk . sampai lubang bulu (pori-pori) terkecil akan berubah menjadi Buddha dan bodhisattva untuk menolong mereka . demikian buddha amithaba mendengar kemudian berkata : “aku dan semua buddha di3 masa dengan rasa cita kasih ini mencapai pencerahan , dan akan membantu Mu. “ kemudian seluruh tubuh avalokitesvara terbagi menjadi 1000 bagian, karena merasakan betapa menderitanya semua makhluk yang mengalami kelahiran kembali dan sangat sukar pula menolongnya. Saat itu pula amithaba Buddha berkata:”jika kamu ingin menolong semua makhluk di enam alam yang menderita ,maka harus mengagungkan sutra 6 suku kata ini [om ma ni pad me hum] , suatu saat pasti mampu menolong semua makhluk di 6 alam menderita. Setiap suku kata mampu menghentikan perputaran sebab akibat di enam alam menderita . dan yang lebih baik , mantra 6 suku kata ini dapat menutup pintu kelahiran di 6 alam sengsara, juga mampu melampaui pencapaian didunia ini, serta menjadi jalan menuju kebuddhaan dikehidupan yang akan datang, mencapai ketidak terlahir kembali . mantra ini juga mampu menghapus karma buruk masa lampau , juga mendekatkan kita pada para buddha dan bodhisattva , dan yang paling tidak ternilai ternilai adalah mampu menumbuhkan kebijaksanaan yang mengobati kilesa yang tak terhitung. “
Berkah dari mantra enam suku kata :
Ø Sutra 1000 tangan dan 1000 mata : jika makanan dan minuman telah teracuni , dengan setulus hati melafal mantra ini , maka makanan dan minuman ini akan berubah menjadi makanan yang diberkahi oleh para dewa.
Ø Sutra manta enam suku kata : siapapun jika melafal melalui mulut ataupun dalam hati “ om ma ni pad me hum” , dapat terbebas dari segala macam penyakit yang merugikan, juga mampu memperoleh pencerahan darinya, membersihkan segala macam karma buruk , mempeoleh panjang umur, dan kekayaan.
Ø sutra 11 bagian : jika mengagungkan mantra ini, akan dijaga oleh 1000 mata dan dilindungi 1000 tangan.
Bedasarkan suku kata , mantra ini mempunyai kekuatan yang maha agung :
Om

mampu menghapuskan empat penyebab penyakit
membersihkan karma badan jasmani
menyatakan perlindungan kepada Buddha

Ma

Menghapus penyakit panas
Membersihkan karma buruk karena ucapan
menyatakan perlindungan kepada dharma

Ni

Menghapus penyakit karena angin
Membersihkan karma buruk karena pikiran
menyatakan perlindungan kepada sangha

Pa

Mennghapus penyakit karena cairan
Membersihkan karma buruk karena kilesa [kekotoran batin]

menyatakan perlindungan kepada para guru

Mi

Mampu menghapus penyakit karena dingin
Membersihkan karma buruk karena kebiasaan buruk
menyatakan perlindungan kepada para dewa

Hum

Menhapus penyakit kandung empedu
Membersihkan karma buruk karena pengetahuan yang salah [sesat]
Menyatakan perlindungan kepada kekosongan.

Demikian , betapa mulianya jika kita mampu dengan setulus hati mengagungkan mantra ini. Karena selain berkah tersebut masih banyak berkah dan karma baik lainnya. Maka dengan setulus hati lafalkan dan agungkan selalu mantra tersebut. Smoga semua berbahagia.

1 komentar:

Yasinta Nike Wijaya mengatakan...

saya buta tentang budhisme.. bagaimana cara mengucapkan mantra ini? apakah harus ada tata aturannya?
atau hanya dengan menyebutnya saja?
Terimakasih.

Poskan Komentar

Informasi

Video ini biasanya banyak dicari , saya bagikan untuk kawan kawan . Semoga Buddha Dharma semakin berkembang,Jika Tergerak untuk Donasi , Silahkan Di paypal saja.Om Mani Padme Hum.

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;