Minggu, 04 Desember 2011

Tata Cara Dan Makna Jumlah Batang Hio Sembahyang


Hio artinya harum. Yang dimaksudkan disini ialah dupa, yaitu bahan pembakar yang dapat mengeluarkan asap yang berbau sedap/harum. Dupa yang dikenal pada jaman Nabi Khongcu berwujud bubuk atau belahan kayu.

Membakar dupa mengandung makna :

- Jalan Suci itu berasal dari kesatuan hatiku ( Too Yu Siem Hap ), hatiku di bawa melalui keharuman dupa ( Siem Ka Hiang Thwan )..
Selain itu dupa juga untuk Menentramkan pikiran, memudahkan konsentrasi, meditasi.

Pendek kata mitologi dupa ialah untuk menyampaikan/mengirimkan doa kita melalui wewangian/asap yang terus menjunjung tinggi hingga ke segala arah


Tata cara sembayang rakyat jelata alias minjian xinyang, secara umum sih sembayang dibagi 3 tata cara, yaitu cara Buddha Mahayana, Kong Hu Cu sama Tao. Semuanya menggunakan satu atau tiga batang hio.
Susunan meja sembayang secara umum :

Teh, air putih , arak ( ciri Tao , Kong Hu Cu ), lambang Taiji Yinyang, air putih lambang taichi, teh lambang yin, arak lambang yang
Lima macam buah atau lima warna , lambang lima unsur. Kalau agama Buddha , ada yang kaitkan sama 5 Dhyani Buddha.
Tiga batang hio lambang San Cai / Sanguan / Taiji Liangyi, Triratna, Sanqing.
Satu batang hio lambang Taiyi, DaoCara penghormatan :

Kepalan yg membentuk delapan kebajikan dan orang tua /cara KHC.
Kepalan yg membentuk bola Taiji / menggenggam Taiji / cara Tao.
Anjali atau merangkapkan kedua telapak tangan/ cara Buddha.

Tiga arti Pai.

Pai pertama membalas jasa Langit dan Bumi / yi bai baoda tiandi en
Pai kedua membalas jasa orang tua /er /zhai bai baodao fumu en
Pai ketiga membalas jasa para guru /san bai baodao enshi en

Tambahan menurut Xuan Tong :
Secara umum, jumlah hio ganjil adalah untuk Dewa, Tuhan, tokoh yang berjasa untuk masyarakat luas dan mahluk suci lainnya. Ganjil dalam metaphysic Tiongkok adalah lambang dari unsur Yang atau positif. Yang berjumlah genap adalah untuk leluhur, arwah yang meninggal, setan gentayangan.

Ketika melangkah masuk ruang sembahyang juga harus kaki kiri dahulu yang maknanya adalah kita harus mengutamakan sifat-sifat kebajikan kita. Menancapkan hio dengan tangan kiri juga artinya kita akan selalu menancapkan kebajikan di alam langit dan alam bumi.

Tapi dalam masyrakat awam timbul keyakinan bahwa melangkah dengan kaki kiri akan membuat rejeki melimpah dan jika dimulai dengan langkah kaki kanan adalah mengacaukan tatanan alam semesta dan mengundang bencana.Tentunya hal ini adalah salah kaprah kecuali 1 hal yaitu melangkah dengan kaki kanan, yang mana adalah mengutamakan keburukan tentunya mengubah atau mengacaukan tatanan alam semesta.

Pada umumnya kita sembahyang mengunakan 1 atau 3 batang hio .. tapi sebenarnya ada makna untuk berapa batang hio kita pakai..dari untuk yang seharian sampai yang digunakan pada keadaan terdesak/ khusus.

1 Batang Hio biasanya Kauw Siu Thao, Para Dewa-Dewi di rumah untuk hari biasa kecuali Ce It dan Cap Go setiap bulannya.
3 Batang Hio umum buat Pai Thien ( Ti kong ), Para Dewa-Dewi dll.
5 Batang Hio biasanya untuk usaha /dagang ( khusus untuk Dewa Hok Tek Ceng Sin dan Dewa Cai Sen lainnya )
6 Batang Hio biasanya untuk keperluan orang lain
7 Batang Hio biasanya untuk mohon khusus dan juga untuk sesuatu hal membalikan kepada orang lain.
8 Batang Hio biasanya dalam hal ini bila kesusahan2/kesialan2 terus menerus menimpa.
9 Batang Hio pujian2 untuk semua makhluk-makhluk dan Dewa-Dewi ( Paling bagus kalau sembhyang jam 9 malam di rumah ).
12 Batang Hio agar semua makluk dapat kebahagiaan
36 Batang Hio kesuksesan dan keharmonisan
108 Batang Hio bila terdesak oleh keadaan atau ada permintaan khusus sekali.

Mohon sedikit perhatian :

- Usahakan saat menancapkan hio...usahakan berjejer seperti kipas.
Tancaplah hio dengan hormat..jangan sembarangan.
- Khusus untuk 7 batang hio hanya digunakan bila terpaksa saja(keadaan terdesak)
- Khusus menggunakan 108 batang hio merah untuk sembahynag kepada THIEN ( Tuhan ) tepat jam 12 malam...Lalu sampaikan permintaan / permohonan anda. Minta ? Berdoa harus dengan hati yang tulus pada Thien ( Tuhan ) Setiap habis sembahyang, bakar Toa Kim 1 kunci, tulis nama, umur, shio dan alamat permohonan lalu dibakar di tempat yang bersih. Lakukanlah 3 malam berturut-turut.

-Hio warna merah khusus mohon sesuatu
-Hio warna kuning untuk sembayang biasa.
-Hio warna hijau biasanya untuk orang meninggal

Umumnya dalam Tao, Lima batang hio melambangkan lima arah. Tujuh batang melambangkan tujuh bintang utara. Dan duabelas batang melambangkan duabelas satuan waktu bumi. Ini semua berkaitan dengan ritual mereka yang ditujukan untuk kasus-kasus spesifik. Tapi dimasyarakat beredar pandangan bahwa duabelas batang hio untuk permintaan kepada Tian dan harus dilakukan jam 12 malam karena saat itu suasana hening dan sebagainya. Jam 12 malam dilakukan sembahyang atau meditasi ini berkaitan dengan pergantian qi alam semesta, dimana saat itulah unsur Yang menguat dan unsur Yin melemah dan dalam satuan pengertian zi di 12 cabang bumi adalah mulainya sesuatu yang baru. Artinya adalah berkaitan dengan perubahan waktu.

Ritual orang Tionghoa memiliki banyak nilai filsafatnya dan arti tersembunyi, seperti mengapa harus menaruh hio diantara ke dua alis, kenapa harus ditaruh di tengah dada dan sebagainya. Arti menaruh hio ditengah dada adalah menyalakan hio hati dan api hio hati itu harus selalu dijaga, artinya adalah kita harus melakukan kebajikan dan biarlah kebajikan kita itu bagaikan asap hio yang harum dan memberikan kebahagian kepada sekitar kita.

Untuk posisi diantara dua alis, ini berkaitan dengan titik jalan darah. Tapi bisa juga diartikan penghubung antara langit bumi dan manusia.

Hio warna hijau setahu saya digunakan untuk mereka yang meninggal ketika berusia dibawah 60 tahun dan masih dalam masa berkabung 1 tahun atau xiao xiang. Orang Tionghoa senang menggunakan simbol untuk menyatakan sesuatu, misalnya kain hitam yang dipasang di tangan ketika keluarga ada yang meninggal, posisi kain hitam di kiri artinya yang meninggal adalah ayah.

Guratan cat atau kertas putih di kaca rumah yang meninggal jugamengandung arti, jika guratan itu adalah X artinya ke 2orangtuanya sudah tidak ada, jika guratannya dari kanan kekiri artinya pria atau orang tua laki-laki yang meninggal. Dengan melihat simbol itu, kita langsung tahu siapa yang meninggal dan ketika kita masuk ke dalam ruangan, kita bisa tahu yang mana mantu, cucu dalam, cucu luar dan sebagainya.

Sayangnya simbol-simbol ini dianggap suatu bentuk kemunduran, hal yang memalukan, kuno, ketinggalan jaman atau juga lambang iblis. Sungguh ironis dan yang lebih menggelikan adalah orang Tionghoa sendiri yang memandang rendah tanpa tahu nilai atau artinya.
Mudah mudahan berguna dan bermanfaat buat kita semuanya, semoga semua selalu sehat, selamat, sejahtera dan bahagia bersama keluarga.

50 komentar:

Anonim mengatakan...

1 kunci itu kayak mana ya

Anonim mengatakan...

Terima kasih banyak. Jadi bisa tahu sedikit..

Anonim mengatakan...

thanx atas pencerahannya dlam pengetahuan agama khonghucu....saya mengecam keras china2 keparat yg ska merendahkan agama n adat istiadat budaya chinese,,terutama kaum kristen chinese..mereka sebenarnya itulah yg ngga tahu tata nilai norma n budaya sendiri,yg tanpa mereka sadari telah menganut agama2 fanatik yg jga ngga jelas kebaikannya,asal nyanyi2 aja,katanya sudh memuji yg diatas,,yesus jga dianggap tuhan,,alangkah baiknya chinese kristen kembali saja ke agama leluhur yg mengerti kebajikan n kesusilaan..

Anonim mengatakan...

Nice info....
Berkah Dalem Gusti

Unknown mengatakan...

terima kasih , tulisan ini sangat membantu sekali.... salam

Anonim mengatakan...

saya mau bertanya, kalau untuk sembahyang biasa (setiap minggu), biasanya apa yang diucapkan ketika sembahyang?

Unknown mengatakan...

terima kasih atas infonya
selama ini saya hanya sembahyang seperti biasa saja tanpa mengetahui jumlah batang hio. dan warna hio nya.

Anonim mengatakan...

terima kasih informasi baiknya, maju terus untuk berbagi agar mereka yg tak mengerti bisa tahu dan kembali ke akar leluhurnya

asep mengatakan...

Apa beda yang paling asasi antara Budha, Hindu, Tao & KongHuCu?
Kalau saya perhatikan mereka sama-sama sering menggunakan asap Hio/Dupa/Kemenyan sebagai sarana untuk beribadah kepada sang Hyang (SembahHyang)..

Apakah Anda pernah tahu dengan istilah JIN (makhluk ghaib) kasat mata yang ada dimana-mana bersama kita manusia yang konon salah satu makanan kesukaannya adalah asap dan wewangian (bunga/minyak)?

...abaikan pertanyaan ini kalau Anda kurang berkenan!

Ali mengatakan...

oo jumlah hio ini artinya..biasa ke kelenteng taunya cuma 3 batang terus.
thx

Web Design Jakarta mengatakan...

Ternyata jumlah hio ada artinya, saya kira biasa orang sembayang maen asal ambil aja batang hio nya, informasi yang seperti ini harus di sebar luaskan di kalangan umat Buddha dan Konghucu

Unknown mengatakan...

omitofoo....saya sangat berterima kasih atas informasi tentang tata cara dan makna jumlah batang hio dalam sembahyang . semoga semua orang tiong hua di indonesia bisa tahu . NAMO OMITOFOO......

Unknown mengatakan...

maturnuwun.kulo chinese.penganut siwabuda. Kulo sedulur2 kulo TAN TIO LIEM. nomer kulo 082348932865.

Anonim mengatakan...

Terima kasih

Unknown mengatakan...

ANGKA JITU DAN AKURAT HASIL RITUAL YANG BISA ANDA MENANGKAN HARI INI HUB NO =085=319=486=059 KY PANGANDARANG DENGAN KEMANPUAN SUPRANATURAL YANG DIMILIKINYA BISA MENEMBUS ALAM GHOIB DAN AKAN MEMBERIKAN KEMENANGAN ANDA HARI INI KARNA BELIAU AKAN SELALU MEMBANTU ANDA DENGAN ANGKA RITUALNYA YANG DI JAMIN 100% TEMBUS DAN MEMANTAU ANDA SELAMA PEMASANGAN ANGKA (SGP/HKG/MALAYSIA/ )SAMPAI AKHIR PUTARAN ANGKA TOGEL SELESAI DI PUTAR,

Anda cukup mendaftar dengan biaya 100 ribu
Contoh format nama dan kirim pulsa 100 ribu ke nomor 0853-1948-6059 sebagai biaya ritual untuk di belikan peralatan sesajen seperti :
KEMBANG,KEMENYANG,PISANG DAN TELUR AYAM KAMPUNG. Setelah biaya di kirim maka AKY PANGANDARAN akan membantu anda dengan ritual ghoib. Biaya yang anda keluarkan tidak sebanding dengan angka hasil ritual yang di berikan kepada anda semua.tapi ingat setelah tembus sisihkan sedikit buat yang memerlukan biar berkah. DAPATKAN SEKARANG JUGA ANGKA TEMBUS KY PANGANDARANG Call / Sms 0853-1948-6059

. GHOIB: singapur 2D/3D/4D/

angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/

angka GHOIB; malaysia 4D/6D/8D/

angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/

angka GHOIB; laos 4D/6D/8D

angka GHOIB; thailan

angka GHOIB; macau

angka ghoib; sidney

Unknown mengatakan...

KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka [9233] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI PRANA LEWU,,di no (((085-342-064-735)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 730 JUTA , wassalam.


dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..







Solusi yang tepat jangan anda putus asah... KI .PRANA LEWU akan membantu
anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
butuh angka togel 2D ,3D, 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: KI PRANA LEWU DI NO: [[[085-342-064-735]]]


ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D/



ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL: THAILAND

Unknown mengatakan...

Itu 8 batang hio ditancapkan ke thien sm dewa2 atau thien aja

Love Oun Srey mengatakan...

Terima kasih atas pengetahuan yang diberikan seputar Tata cara dalam sembahyang .

Leo Chandra mengatakan...

ajaran Khonghucu adalah satu tapi menembusi semua.
ajaran Kristen sekarang merupakan ajaran Paulus. jadi, tidak asli dan penuh kesesatan. bagi orang-orang Tionghua kembalilah ke ajaran Khonghucu yang otentik, relevan, idealis namun juga realistis.

Unknown mengatakan...

Terima kasih... Tulisan anda sangat bermanfaat... Dan saya sangat yakin ajaran Budha sangatlah benar ....

Unknown mengatakan...

terimakasih atas info yg berharga ini, semoga thien(Tuhan)memberkati anda dan kita semua.. sancai

Anonim mengatakan...

Pendek kata....mereka adalah orang orang yang dilahirkan sia sia ke muka bumi ini,yang tidak berbakti kepada leluhurnya.Mereka juga dianggap sebagai orang orang yang terhina sepanjang jalan hidupnya tanpa arah dan kebahagiaan di kehidupan kelak.Mereka tidak lupa bahkan dengan sengaja dan merasa bangga telah manjadi bagian yang lain sebagai pengikut ajaran,umat dan agama yang baru dimilikinya.Mereka tidak lupa juga siapa yang telah melampirkan dan membesarkannya dengan segala pengorbanan,perlindungan dan sejagat kasih sayang.Setelah mereka tumbuh dewasa dan meraih segala cita cita lalu lupa siapa yang benar benar berjasa selama hidupnya.Waktu terus berjalan dan usiapun kian menipis menunggu hingga ajal menjemput.Setelah itu merekapun ikut ikutan sibuk menyambut sang penyelamat yesus yang belum tau entah dari mana datangnya Mengaku sebagai Tuhan penyelamat bagi hidupnya.Bukan lagi orang tua dan agama yang semula selalu membelanya.Sehingga altar leluhur mereka menjadi tersingkirkan bersama jasa orang tua, agama dan ikut tertimbun dosa dosa yang dilakukanya tanpa terlahir kembali dan menjadi hantu gentayangan penghuni neraka selamanya......

Anonim mengatakan...

Cara mnghormati leluhur bukan harus dgn cara yg bgt. Anda punya kepercayaan, orang lain pun bgitu. Klo anda blg soal kebaikan yg gak jelas, saya rasa anda sebagai orang yg mmpunyai kebaikan yg jelas tidak sewajarnya bisa berkata bgt. Ironis jadinya

Anonim mengatakan...

Jangan asal ngomong. Pelajari dulu

Anonim mengatakan...

semoga semua makhluk hidup berbahagia dan berejeki

one mengatakan...

Maaf mau bertanya kalau sembahyang kepada Kwan kong berapa batang hio yg dipasang untuk prrmintaan khusus.. Terima kasih

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Kalian merasa Konghucu agama asli yah silahkan saja , tapi jangan menghina kepercayaan kami (Kristen) ! Janganlah kalian merasa paling benar Karena penghakiman sebentar lagi , dan orang seperti kalian akan merasakan sakitnya diperbudak oleh iblis , dan kalian akan dipaksa nyembah patung yang bisa bicara dan kalian akan ditempelkan MC(microchip) 666 di dalam tubuh kalian!
Sebab anak manusia(Yesus) hanya akan mengangkat orang orang Kudus yang sedari awal sudah dipilih sebelum dunia diciptakan, dan oleh karenanya lah orang orang itu di mahkotai mahkota kehidupan dan para malaikat akan melayani orang orang itu.

Anonim mengatakan...

Nubuat nubuatnya sudah hampir tergenapi ! Bertobatlah kalian sebab kalian tidak tahu apa yang akan kalian perbuat karena telah membuang dan menghina Tuhan yang Kudus ! Tuhan mengasihi anak anak manusia itulah kenapa dia rela turun ke bumi hanya untuk di salibkan, agar kita selamat dari maut(neraka)! Ingatlah leluhur kalian tidak bisa menyelamatkan kalian , bahkan mereka pun tidak bisa selamat dan keluar dari neraka dan hanya ada tuhan yang bisa selamatkan kalian! Semoga Tuhan memberkati kalian.

Anonim mengatakan...

Disini siapa yang pernah kena sakit jantung ? Disini siapa yang pernah kena prostat ? Kalo ada dan kalian sembuh total komen di bawah ...

Unknown mengatakan...

Tolong berikan cara berdoa agama budha yg sebenarnya...

Anonim mengatakan...

Prett.. Sewaktu sd saya penganut kristen. Kerajaan uda dekat. Skrg uda umur 40 taon masi ga nyampe2 jg. 30taon sudah berlalu.. Kadallllll asli. Salam 10% makanya pendeta naek alphard

Anonim mengatakan...

Agama Buddha - Yg masuk surga, yg baik hati dan banyak berbuat kebaikan. Tanpa peduli agama apa
Agama sebelah - mau baik hati/bnyk berbuat kebaikan, selama bukan umatnya. Welcome to hell
Bisa dilihat mana tuhan yg sebenarnya.
Sementara agama terkadang keturunan dan lingkungan
Lahir di timur tengah? Uda hampir 100% i*lam
Lahir di tiongkok, uda hampir pasti ga punya agama
Lahir di somalia? Boro2 agama, makan aja susah.
Manusia kan ga bisa memilih lahir dimana
Apa itu artinya agama pak janggut ini dari awal memang mau menbuang sebagian manusia ke neraka. Tindakan tuhan kah itu?
Intinya yg fokus wajib mengakui tuhan baru masuk surga, bukan prilaku yg baik baru bisa masuk surga, lebih mirip sekte

Unknown mengatakan...

Sudahlah kita belajar menghormati pilihan chinese2 lain yg telah memeluk agama yg di yakininya. Soal leluhur masih banyak yg lain yg msh menjalankan tradisi scr khonghucu.

Fachry Faisal Iqbal38 mengatakan...


WaALLAHU Ta'ala A'lam Bishsawab

Unknown mengatakan...

Salam buat semua.terima kasih buat penulis artikel ini .sangat bermanfaat menbagi pengetahuan bagi umat kong hu cu.jadi mengerti arti jumlah hio yg mereka gunakan .

kongsi mengatakan...

Nonton Film Online LK21 Sub Indonesia

Nonton Film Semi


Film subtitle Indonesia 2019


Download Full Movie Cinema INDOXXI Gratis


Full Movie Cinema INDOXXI Gratis


Nonton Film Online


NONTON MOVIE TERBAIK

Unknown mengatakan...

Min kalo sembayang thien dan dewa tanah bolehkah hanya sembayang thien aja dgn hio 2 batang trus dewa tanah nya gak usah disembayang bagaimana penjelasannya

Anonim mengatakan...

Semua agama itu baik,tidak ada agama yg mengajarkan kejahatan. Justru agama menjadi jelek itu krn manusianya yg merasa dirinya paling benar paling sempurna. Hidup saling berdampingan saling menghargai. Maka damailah dimuka bumi ini.

Unknown mengatakan...

Terima Kasih Pencerahan Dan Makna nya, Dari Artikel ini saya belajar dan bisa memperbaiki Tatanan cara sembahyangan saya yang mungkin ada sedikit yang salah bisa diluruskan. Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Hargai dan hormati kepercayaan masing2*,setiap ajaran agama apapun itu baik.Yg tidak baik hanyalah oknumnya.

Unknown mengatakan...

Mohon info.. utk sembahyang thian kung jam 12 malam. Dikatakan tulis data diri dan permohonan di toa kim 1 kunci.
Toa kim 1 kunci ada 20 lembar. Kita nulis 1 lembar aja atau ditulis di semua lembaran?

Anonim mengatakan...

Terimakasih atas informasi nya
Saya sendiri ada membaca beberapa komentar
Untuk saya baik itu agama apapun itu sama.. hanya cara beribadah yang berbeda
Tujuan sama sama untuk memuja yang berkuasa di atas
Apa islam itu salah?
Apa kristen itu salah?
Apa itu buddha salah?
Dan yang lain nya
Saya tidak berani memberikan jawaban
Karena saya hidup di jaman setelah smua agama itu ada...
Yang saya pikirkan semua sama hanya cara menyampaikan.beribadah berbeda
Tujuan kita tetap sama
Itu pemikiran saya tidak pasti benar dan yang terbaik
Cuma mengikuti syaring dalam komentar
Maaf jika ad kata dan penyampaian saya yang salah
Terikamasih

Nadya Dwi mengatakan...

Mengapa jumlah batang hio dalam sembahyang bisa bervariasi, dan apa makna dari penggunaan jumlah yang berbeda, seperti satu, tiga, atau lima batang hio? Visit us Telkom University

Posting Komentar

Analitic

Suasana angin Topan di surabaya november 2017

Suhu Malaysia yang gagal Panggil Shen

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;