Sabtu, 03 Desember 2011

Sejarah Dewa Erlang

Dewa Erlang Shen

ErLang Shen merupakan dewa yang terkenal dan banyak orang yang beranggapan bahwa kuil ErLang Shen itu berpusat di GuanKou 灌口 , Si Chuan 四 川.
Hal ini dapat dibuktikan kuil ErWang Miao yang hingga sekarang masih ada di Du Jiang Yan 都 江 堰 , Si Chuan 四 川。Kuil ini dibangun untuk mengenang jasa Li Bing 李 冰 dan anaknya yaitu Li ErLang 李 二 郎 terutama karena jasanya membangun kanal yang berguna bagi para petani untuk pengairan dan mencegah
banjir.

Sedangkan mengenai siapa sesungguhnya ErLang Shen ini , tentunya banyak versi. Tapi semua versi itu mengkaitkan dengan tokoh sejarah yang pernah exist di dunia ini. Walau ada 1 versi yang mengkaitkan dengan hal lain.
Li Bing李 冰 adalah pejabat pada masa kerajan Qin yang saat itu diperintah oleh Qin XiaoWen Wang 秦 孝 文 王。Beliau menjadi gubernur di provinsi Si Chuan dan seperti yang ditulis di atas, beliau berjasa besar dalam mengatasi banjir serta membangun kanal.
Zhao Yu 赵 昱 sebenarnya adalah orang yang bertapa dan mempelajari ajaran Dao di gunung QingCheng青 城 山 ( salah satu pusat perkembangan Taoism dan konon mesiu diciptakan oleh seorang Taoist yang tinggal di gunung ini) , provinsi Si Chuan. Ketika pada masa pemerintahan SuiYang Di , beliau dipaksa turun gunung dan menjabat menjadi kepala daerah di Jia Zhou, Si Chuan. Ketika beliau menjabat itu sering ada naga banjir 蛟龙yang membuat bencana bagi masyarakat sekitar.
Beliau dengan gagah berani berhasil mengalahkan naga banjir tersebut. Setelah mengalahkan naga banjir itu beliau kemudian mengundurkan diri dan mengasingkan diri.
Dan tidak diketahui keberadaannya. Pada saat itu beliau baru berusia 26 tahun. Konon setelah itu beliau sering menampakkan diri untuk menolong rakyat terutama ketika sungai Jia Ling 嘉陵江 banjir.Atas jasanya , kemudian rakyat setempat mengangkat beliau menjadi dewa.
Pada masa dinasti Tang , kaisar Tang TaiZhong memberi gelar Jendral Gagah Berani kepada Zhao Yu. Kemudian pada masa dinasti Song utara , kaisar Zhen Zhong memberi gelar QingYuan MiaDao Zhen Jun 清 源 妙 道 真 君。Gelar ini kemudian dianggap menjadi gelar resmi untuk Beliau atau Er Lang Shen. Gelar itu sering disingkat menjadi Qing Yuan Zhen Jun atau Ceng Guan Ceng Kun.
Kisah Yang ErLang atau Yang Jian , mungkin lebih sering terdengar setelah dinasti Ming.
Kisah penamaan Yang Jian tercatat dalam 2 novel terkenal yaitu Xi You Ji 西游记 atau Perjalanan ke barat yang menceritakan Sun WuKong 孙 悟 空 melawan
Yang Jian杨 戬. Yang Jian dalam kisah XiYou Ji diceritakan sebagai keponakan YuHuang ShangDi 玉 皇 上帝 atau Kaisar Pualam.
Sedangkan dalam kisah FengShen YanYi 封 神 演义 , beliau diceritakan sebagai murid dari YuDing ZhenRen 玉鼎 真人 dan membantu Jiang ZiYa 姜 子牙 melawan kaisar Zhou 纣王。
Selain itu ada kisah rakyat yang menceritakan ErLang Shen yaitu Bao Lian Deng.
Mengenai nama Yang Jian , ada 2 versi yang menceritakan asal usul nama tersebut.
Satu adalah YangJian yang menjadi pejabat kasim kepercayaan pada masa dinasti Song utara dibawah kepemimpian kaisar Song HuiiZhong 宋徽宗.
Ketika itu lady/selir Han 韩夫人 karena sakit kemudian di tempatkan di rumah Yang Jian. Pada suatu hari selir Han hendak mengunjungi kuil QingYuan MiaoDao ZhenJun ErLang Shen untuk memohon kesembuhan. Siapa menyangka pengurus kuil itu yaitu Sun ShenTong memiliki niat buruk dan ingin menodai selir Han.
Diam-diam Sun ShenTong menyusup ke kediaman Yang Jian pada malam hari dan menyaru menjadi dewa ErLang Shen kemudian mengatakan kepada lady Han bahwa dirinya memiliki jodoh dengan dewa ErLang. Yang Jian mengetahui hal tersebut dan menjadi marah kemudian membuat suatu perangkap sehingga Sun ShenTong bisa tertangkap dan diadili. Karena itu banyak orang yang mempercayai bahwa Yang Jian inilah ErLang Shen sesungguhnya. Marga Yang yang diberikan kepada Er Lang Shen dipercaya berasal dari kisah ini.
Bahkan ada yang beranggapan bahwa cerita diatas ini yang memberikan inspirasi Wu ChengEn ketika menulis Xi You Ji, yaitu pertarungan antara Er Lang Shen dengan Sun Wu Kong. Dimana dalam pertarungan tersebut adalah pertarungan mengubah diri dan diceritakan bahwa Sun Wo Kong hanya menguasi ilmu 72 perubahan sedangkan Er Lang Shen menguasai ilmu 73 perubahan. Karena itu Sun Wu Kong bisa ditangkap oleh Er Lang Shen dengan bantuan TaiShang LaoJun.
Terlepas dari kisah-kisah itu , banyak yang meyakini bahwa ErLang Shen adalah dewa yang memiliki jasa besar bagi masyarakat terutama untuk mengatasi banjir.
Makna dari ErLang Shen yang terkait dengan kisah-kisah seputar dirinya tentunya mengajarkan kita agar berusaha memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat serta mendobrak dengan cerdik perilaku orang-orang yang mengatasnamakan dewa atau agama demi kepentingan pribadi

3 komentar:

Web Design Jakarta mengatakan...

Luar biasa sekali, jadi tambah banyak tahu tentang dewa mata 3 ini, tapi kenapa ya di film Donnie Yen yang monkey king, malah dewa er lang di cerita kan jahat ya

Unknown mengatakan...

https://en.wikipedia.org/wiki/Erlang_Shen

DewaDominoQQ mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

Analitic

Suasana angin Topan di surabaya november 2017

Suhu Malaysia yang gagal Panggil Shen

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;