Rabu, 09 Mei 2012

Borobudur & Sutra Maharaja Avalokiteshvara

Borobudur & Sutra Maharaja Avalokiteshvara



Tautan ke artikel tersebut : Borobudur & High King Avalokitesvara Sutra
Diterjemahkan oleh : Lotus Nino
Shizun berkata bahwa Candi Borobudur berbentuk segi empat pada bagian luarnya dan bundar pada bagian dalamnya.
Struktur ini pada bagian pusatnya berbentuk seperti kubah. Kemudian dikelilingi oleh 3 lingkaran yang berisi patung-patung. Kemudian dilanjutkan dengan formasi segi empat yang bertumpuk dalam 6 tingkat, berisikan patung-patung para Buddha/Bodhisattva.
Lalu apa hubungannya antara struktur candi ini dengan Sutra Maharaja Avalokiteshvara?
Berhubung saya telah kembali, kini saya menepati janji untuk berbagi mengenai apa yang telah saya pelajari tentang Borobudur dan dari ceramah dharma Shizun di Vihara di Semarang. Haha!
Sebelum membaca Sutra Maharaja Avalokiteshvara, saya selalu menganjurkan visualisasinya sebagai berikut:
Kita visualisasikan sebuah teratai mekar di dalam chakra hati kita. Semua Buddha dan Bodhisattva duduk di atas teratai ini. Tiap kali kita menjapa tiap-tiap nama mereka, mereka akan mekar menjadi sinar dan memberkati kita. Tubuh kita menjadi semakin terang dan semakin terang lagi dengan tiap penjapaan nama para Buddha dan Bodhisattva.
Dari 3 minggu pertama sejak saya bersarana, saya mulai melakukan visualisasi seperti ini tiap kali saya membaca sutra ini. Saya memposisikan Avalokiteshvara di titik pusat dan terus berputar arah dari depan – ke kanan –ke belakang – ke kiri – dan ke depan lagi. Lalu dilanjutkan dengan Para Buddha dan diikuti dengan para Bodhisattva.
Formasi ini mirip dengan Candi Borobudur.
Bila Anda lihat, bagian pusat Candi Borobudur mewakili Buddha Shakyamuni, lalu 3 lapis lingkaran yang berisi para Buddha, diikuti dengan 6 formasi segi empat yang berisi Bodhisattva.
Haha!
Sekarang saya mengerti apa itu Mandala. Ia adalah sebuah tempat di mana semua Buddha dan Bodhisattva tinggal. Ia merupakan tanah suci atau Siddhi (pencapaian).
Bayangkan ia berada di dalam chakra hati Anda. Ini adalah alasan mengapa saya menjadi penuh dengan energi dan tidak dapat tidur setelah membaca Sutra Maharaja Avalokiteshvara berturut-turut setidaknya 20x dalam sekali jalan.
Energi Semesta ini mengisi diri Anda dari seluruh penjuru alam semesta! Cobalah tidur kalau Anda bisa. Haha!
Saya menjapa mantra Buddha Shakyamuni di atas Candi Borobudurdan memvisualisasikan saya adalah Buddha Shakyamuni yang sedang duduk di pusat mandala tersebut. Saya kemudian membesar dan membesar terus hingga Candi Borobudur berada di dalam chakra hati saya.
Dua hari kemudian, saat bermeditasi, saya melihat diri sayasendiri memberikan persembahan Candi Borobudur kepada Shizun dan Beliaumenjatuhkannya. Monumen candi itu pecah berkeping-keping. Shizun tersenyumkepada saya dan melihat ke dalam chakra hati saya.
Haha! Borobudur tampak tenang, penuh kedamaian dan sungguh mulia di dalam chakra hati saya.
Ini bukan bohongan lho. Anda semua juga bisa mencobanya.
Anda mintalah abhiseka pemberkatan Buddha Shakyamuni dari Shizun terlebih dahulu.
Marilah kita semua melatih diri dengan hati yang gembira.
Amituofo/ Lotuschef / Pure Karma Vihara / True Buddha School

1 komentar:

My mind mengatakan...

Terima kasih atas informasinya ^_^

Posting Komentar

Analitic

Suasana angin Topan di surabaya november 2017

Suhu Malaysia yang gagal Panggil Shen

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;