Minggu, 23 Desember 2012

Yidam Luar dan Yidam Dalam


Oleh Maha Mula Acharya Liansheng :
Jaman sekarang, banyak sadhaka Tantra juga termasuk beberapa orang dari aliran agama lain, memiliki pandangan dasar yang salah. Mereka merasa bahwa satu-satunya tujuan melatih Yidam Yoga adalah memohon kekuatan dari Makhluk Tinggi atau Pembimbing, dan bahwa kekuatan yang ditimbulkan dengan cara ini sepenuhnya berasal dari sumber luar. Maka, pada tingkat tertinggi dari pelatihan Yidam Yoga adalah menerima 'adhistana', 'pertolongan', 'tanggapan spiritual' dari Yidam dan sumber kekuatan seseorang sepenuhnya berasal dari 'Yidam Kekuatan Luar'.

Itulah mengapa ada orang yang menganjurkan:
Tidak perlu adanya Yidam;
Orang harus menjauhi Yidam;
Bahkan orang harus menaklukkan Yidamnya.

Anjuran begini telah dilaksanakan beberapa orang. Sebenarnya, komentar begitu hanyalah pandangan satu sisi, pandangan yang hanya memperhatikan kulit luar, dan bukan inti sejati dari hal itu.
Pandangan salah seperti itu juga telah menyebabkan banyak sadhaka Tantra menjadi bingung; mereka bahkan menerima anjuran itu sebagai benar dan meninggalkan sadhana Yidam Yoga. Akhirnya mereka berhenti berlatih semua sadhana Tantra dan pindah ke latihan lain. Ini memalukan.

Ada orang yang bertanya, 'Mahaguru Lu, apakah Yidam Kekuatan Luar memang ada?'

Inilah jawaban-Ku,
Ya, Yidam Kekuatan Luar memang ada. Yidam Luar dapat menganugerahkan kita adhistana, bantuan, respon spiritual dan kekuatan. Namun Yidam Kekuatan Luar ini hanya salahsatu dari banyak fenomena yang terjadi ketika seseorang sukses dalam latihan yoga. Setelah mencapai Yukta dengan Yidam Luar, orang itu masih harus memunculkan Yidam Kekuatan Sendiri didalam dirinya. Hanya setelah timbulnya Yidam Kekuatan Sendiri (Yidam Dalam) barulah sukses yang sebenarnya dicapai.

Beredarnya ide bahwa kekuatan Yidam sebagai keseluruhan kekuatan luar adalah salah. Didalam Sadhana Tantra Satya Budha, kita tidak hanya melatih untuk memunculkan Yidam Kekuatan Luar, kita juga harus menimbulkan Yidam Kekuatan Sendiri. Adalah benar secara mutlak bahwa Dharma Tantra Satya Budha dapat membuat seseorang meraih keBudhaan dalam hidup kali ini juga. Aku adalah orang yang telah menapaki Jalan ini, jadi bagaimana bisa Aku tidak tahu semua ini?

Ada sekelompok orang yang bukan sadhaka Tantra dan setelah 'berdiri sebentar di pintu masuk Tantra', mereka mulai mengkritik Yidam Yoga Tantra. Mereka berpendapat bahwa Yidam adalah kekuatan luar. Maka dari itu, adalah tidak diperlukan dan harus dihapuskan, dan mereka percaya orang harus seluruhnya mengandalkan pelatihan diri sendiri. Pikiran jenis ini tidak dapat diterima, itulah sebabnya Aku menulis artikel ini untuk menunjukkan bagaimana seseorang dapat melatih untuk memunculkan Yidam Kekuatan Sendiri. Segera setelah Yidam Kekuatan Dalam ini mewujud, orang itu mencapai keBudhaan dalam tubuh ini juga. Ini sudah pasti benar!

Yidam Kekuatan Sendiri

Pendapat-Ku, Yidam Kekuatan Sendiri adalah apa yang disebut kaum Tao sebagai 'Roh Asal' (Yuan Shen).
Dalam buku-Ku yang ke-40, Rahasia Metode Komunikasi Spiritual Tao, Aku telah menuliskan tentang metode Tao untuk melatih Roh Asal:

1. Memperhatikan Roh Asal (Metode Memperhatikan Roh)
2. Menghisap Chi dan Cahaya Kosmik untuk menyingkapkan Roh (Metode Pemeliharaan Roh)
3. Rumus Sejati Penyingkapan Rupa (Metode Perwujudan Roh)
4. Hubungan dan Peleburan dengan Roh (Metode Penyatuan Roh)
5. Keajaiban Berada di Dua Tempat (Metode Perjalanan Roh).

Meskipun metode Tao untuk memelihara dan mengelola Roh Asal seseorang berbeda dengan sadhana Tantra untuk memunculkan Yidam Kekuatan Sendiri, prinsipnya sama. Pada dasarnya tidak ada perbedaan antara pelatihan Ching, Chi dan Shen dalam Tao dengan pelatihan Prana, Nadi dan Bindu dalam Tantra.

Ciri-ciri unik dari Yidam Kekuatan Sendiri dalam Tantra adalah sebagai berikut:

1. Yidam Kekuatan Sendiri adalah Kesadaran yang Cerah dan Sejati dari sadhaka. Ia merupakan suatu Tubuh Baru yang berbeda dan sekaligus sama dengan tubuh fisik.
2. Yidam Kekuatan Sendiri mempunyai kepala, anggota badan atas, anggota badan bawah dan tubuh, namun Ia bukan tubuh fisik.
3. Yidam Kekuatan Sendiri muncul hanya ketika Chi Prajna mewujud. Ia merupakan perpaduan lima macam Chi, terutama Ming Chi (Chi vital), yang ada didalam tubuh manusia.
4. Yidam Kekuatan Sendiri adalah tubuh yang bercahaya yang ditimbulkan ketika Chi memasuki nadi tengah dan berubah menjadi Cahaya Pelangi lima lapis.
5. Yidam Kekuatan Sendiri dapat berkembang untuk mewujudkan tiga puluh dua tanda, delapan puluh ciri mulia Budha dan banyak transformasi untuk keluar tubuh fisik, memberi manfaat bagi makhluk hidup.
6. Yidam Kekuatan Sendiri adalah 'tubuh rupa' seorang Budha dan melambangkan Budhatta.
7. Hanya orang yang telah memunculkan Yidam Kekuatan Sendiri nya dapat mengabsahkan dan berkomunikasi dengan Yidam Kekuatan Sendiri orang lain.
8. Pencapaian Yidam Kekuatan Sendiri menghasilkan sukses mencapai keBudhaan dalam hidup kali ini juga.

Namo amitofo

0 komentar:

Poskan Komentar

Informasi

Video ini biasanya banyak dicari , saya bagikan untuk kawan kawan . Semoga Buddha Dharma semakin berkembang,Jika Tergerak untuk Donasi , Silahkan Di paypal saja.Om Mani Padme Hum.

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;