Sabtu, 14 Maret 2015

He He Er Xian (Dewa Keharmonisan)

He He Er Xian (dewa Jodoh/Keharmonisan)

            HE HE ER XIAN adalah shen bing yang melambangkan keharmonisan, dimana arti kata nya adalah dua orang he yang abadi, kim sin dari HE HE ER XIAN sering terlihat sebagai Dua anak laki-laki yang asik bermain/menari, kadang mereka memegang lotus (荷 - hé) dan kotak kecil (盒 – hé), adapula yang di bawakan kotak bertulis shuang xi - 囍 (Double Happiness).

            Kim sin HE HE ER XIAN juga sering terlihat memegang benda-benda lambang kemakmuran seperti padi dan lumbung, pikulan dan tambur, HE HE ER XIAN sering dipercaya dapat menjaga dan memberikan hubungan yang harmonis, panjang umur, kekayaan dan sukses. Maka setiap pasangan yang akan menikah biasanya mereka bersujud di depan altar HE HE ER XIAN. Ada pula sebagian orang yang sedang mengadakan kong si (perjanjian) dagang mereka juga sering bersujud di altar HE HE ER XIAN agar senantiasa hubungan kedua orang tersebut dapat berlangsung baik dan selama-lamanya.

           

            Legenda yang sering di dengar tentang beliau adalah dua orang yang hidup di dinasti Tang , penyair Han Shan dan temannya Shi De. Mereka hidup dengan toleransi yang sangat tinggi, persahabatan mereka dimulai dari masih anak-anak hingga sampai mereka meninggal. Tanpa ada yang melihat nya bertengkar maupun membuat suara-suara yang saling menjelekkan, kisah kehidupan mereka oleh masyarakat sekitar di ajarkan turun temurun ke anak-anak nya. Hingga menjadi cerita legenda.

            cerita kedua adalah legenda Persahabatan He dan He dimana kedua pemuda tersebut  jatuh cinta kepada satu gadis, dikisahkan demi menjaga persahabatan tersebut salah satu rela berkorban dan meninggalkan desanya, akan tetapi pada saat acara pernikahan teman tersebut sadar dan membatalkan pernikahannya kemudian bergabung mencari kembali teman sejatinya tersebut.

            Altar pemujaan He He Er Xian sangat jarang ditemui di kelenteng-kelenteng di jawa,  patung atau lukisan HE HE Er Xian biasanya dikoleksi pribadi untuk melambangkan keharmonisan keluarga dan usaha.

0 komentar:

Poskan Komentar

Informasi

Video ini biasanya banyak dicari , saya bagikan untuk kawan kawan . Semoga Buddha Dharma semakin berkembang,Jika Tergerak untuk Donasi , Silahkan Di paypal saja.Om Mani Padme Hum.

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;