Jumat, 10 Februari 2012

Arti Lambang agama Tao


Oleh: DR. I Djaja L Msc.
AGAMA TAO (道) menggunakan BA GUA THAI JI (八卦太极) sebagai lambang agamanya, dimana gambar THAI JI melambangkan matahari dan bulan, juga melambangkan Yin Yang, serta melambangkan posisi Atas dan Bawah, sedangkan BA GUA melambangkan segala sesuatu yang ada di alam semesta ini, juga melambangkan segala arah yang berarti 4 penjuru 8 arah.
AGAMA TAO (道) sangat menekankan ajaran teori YIN YANG, yang menunjukkan bahwa pada hakekatnya semua yang ada selalu hadir dalam bentuk berpasangan antara positif dan negatif; panas dan dingin; tinggi dan pendek; cantik dan jelek; pria dan wanita dan lain-lain secara seimbang dan alamiah.
THAI JI juga dipakai untuk melambangkan hakekat pengertian TAO (道), dimana YIN melambangkan kesan ‘TIADA’, lambang TIADA inilah yang menunjukkan sifat TAO (道) yang tidak berwujud; tidak bernama; maha besar sampai besarnya tidak terbatas, dan justru dengan lambang TIADA inilah mencerminkan bahwa TAO (道) bersifat Maha AGUNG dan Maha ESA.
Sedangkan YANG melambangkan kesan ‘ADA’, dimana dengan lambang ADA inilah menunjukkan fungsi dan karya dari TAO (道) yang merupakan awal dari segala yang ada di alam semesta ini, dengan demikian lambang ADA mencerminkan bahwa TAO (道) bersifat Maha Pencipta dan Maha Kuasa.
Hasil ciptaan TAO (道) dalam wujud ‘ADA’ inilah, yang akan mengisi segala ruang alam semesta dan dilambangkan dalam gambar BA GUA. Disamping itu dengan adanya porsi yang seimbang antara bagian YIN dan bagian YANG dalam gambar lambang THAI CHI, maka sekaligus mencerminkan bahwa TAO (道) bersifat Maha Adil.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;