Jumat, 23 Maret 2012

Cara Bersarana dan Menjadi Anggota True Buddha School(Satya Buddha)

Cara Menjadi Anggota True Buddha School

Untuk menjadi anggota TBS(True Budha school) Berarti kita bersarana kepada mahaguru. serta kita berjanji untuk berlindung
(berlindung kepada Buddha, Dhamma, Sangha) itu ada dalam agama Buddha.

1. Berlindung kepada Buddha, berarti kita mengambil teladan Sang Buddha sebagai Guru Junjungan Agung kita.
2. Berlindung kepada Dhamma, berarti kita menjalankan Dhamma dlm kehidupan sehari-hari.
3. Berlindung kepada Sangha, berarti kita menghormati Sangha sbg pewaris dan pelestari Dhamma yg sejati serta meneladaninya sbg panutan praktek Dhamma dlm kehidupan sehari-hari (sesuai dg kapasitas kita sbg umat awamnya tentunya).

Mengapa perlu berlindung kepada Triratna? Karena dlm mengarungi lingkaran samsara ini, kita memerlukan pedoman yg benar agar dpt bebas darinya. Pedoman tsb ibarat peta yg menunjukkan jalan menuju Nibbana. Krn Buddha telah mencapai Pencerahan Sempurna, Dhamma adalah ajaran-Nya yg telah sempurna dibabarkan-Nya dan membawa pada tujuan akhir, dan Sangha adalah para siswa Sang Buddha yg telah menjalankan Dhamma dg sempurna, maka ketiganya adl pedoman yg tepat utk mengarungi lautan samsara ini.

Makna Bersarana  :
Bersarana adalah berlindung, bersandar, dan penyelamatan, bersarana pada Mula Acarya, bersarana pada Buddha, bersarana pada Dharma,bersarana pada Sangha, yang dinamakan Catursarana.

Bersarana pada Vajra Acarya karena Mula Acarya sendiri telah mendapat pengukuhan dari semua yang dikatakan oleh Buddha, tanpa adanya keraguan, kilesa, dan Mula Acarya merupakan seorang Buddha Hidup yang telah terlepas dari fenomena hidup dan mati. Mengemban misi penyeberangan dari sini, tidak salah lagi.
Bersarana pada Buddha, karena Buddha adalah Mahasiddha sejati, mulai dari prajna, pengetahuan, yang mendalam dan pandangan yang tajam, maka harus belajar pada Buddha, tidak salah lagi.
Bersarana pada Dharma, karena Dharma adalah Buddhadharma yang tercerahkan oleh Buddha. Jika kita mendalami dan meneliti Dharma, menjalankan Sadhana Tantra Satya Buddha, maka akan mencapai alam suci.
Bersarana pada Sangha, Sangha ibarat muliawan, orang yang menyebarkan Buddhadharma, dan juga sebagai guru pembimbing kita, sehingga kita harus belajar dan meminta petunjuk dari mereka (muliawan).

Hendaknya bergabung dengan Zhenfo Zong dan belajar Sadhana Tantra Satya Buddha, terlebih dulu harus bersarana, menerima abhiseka. Dengan demikian berarti telah resmi bergabung.

Abhiseka-sarana ibaratnya pendaftaran rasi seorang siswa saat masuk sekolah. Setelah menerima abhiseka-sarana, berarti telah memperoleh silsilah Zhenfo Zong dan resmi menjadi siswa Zhenfo Zong, semenjak itu karma kelam akan perlahan-lahan terkikis, dilindungi oleh tiga puluh enam Dewa Bijak, memperoleh segala pahala, tidak mudah terjerumus ke tiga alam samsara, dalam waktu singkat karma baik akan meningkat dan memperoleh pencerahan agung.

Abhiseka-sarana berarti awal dari pencapaian ke-Buddha-an (mengikuti jejak Buddha).
Abhiseka-sarana disiapkan untuk mencapai Buddhadharma seperti yang dilakukan oleh para Arya (pencerahan).
Abhiseka sarana bertujuan untuk melampaui duniawi dan memasuki alam suci (pelepasan diri).

 Pengertian Sarana adalah mencari perlindungan atau bersandar atau memperoleh penyelamatan.
Penyelamatan disini melingkupi tumimbal lahir di alam brahma / dewa, asura, manusia, binatang, hantu kelaparan dan neraka, agar terbebas dari roda samsara dan kilesa.

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian Esoteris di perkenalan Buddha Tantrayana – esoteris depan, “Dalam esoteris, sebuah kegiatan sadhana merupakan hal yang amat sakral dan penting sehubungan dengan adanya kemungkinan pencapaian Nibbana atau tubuh ke-Buddha-an secara sekejab, dan hal pencapaian ini sangat berhubungan erat dengan keberadaan seorang guru spiritual Tantrayana yang ahli dan yang diyakini mampu untuk memberikan pertolongan dan bimbingan ajaran secara jelas kepada seorang sadhaka pemula melalui sebuah ritual pemberkatan khusus pada tahap awal memulai pelajaran esoteris (biasa disebut : inisiasi / abhiseka / anuttement / visudhi abhisecani).

Pentingnya sebuah ritual pemberkatan khusus ini didasarkan pada kepercayaan tentang adanya perbedaan tingkatan pencapaian spiritual yang dimiliki oleh seorang guru dengan seorang calon murid, yang pada umumnya tingkat spiritual seorang guru adalah dianggap “lebih menguasai dan suci” jika dibandingkan dengan tingkat spiritual seorang murid. Sehingga atas dasar inilah seorang guru dalam tradisi Tantrayana memiliki tanggung jawab maksimal untuk menyelamatkan dan menanggung seluruh karma-karma buruk yang dimiliki oleh murid tersebut.

Dikarenakan seorang guru memiliki tanggung jawab berat seperti diatas, maka perlindungan utama di dalam aliran esoteris didasarkan pada 4 (empat) mustika yaitu : berlindung kepada Guru – berlindung kepada Buddha – berlindung kepada Dharma – berlindung kepada Sangha, biasa disebut sebagai Catur Sarana.”

maka di dalam aliran esoteris ini memiliki Catur Sarana yang diucapkan :

Namo Guru Bei atau Namo Ku Lu Pei

Namo Buddhaya atau Namo Pu Ta Ye

Namo Dhammaya atau Namo Ta Mo Ye

Namo Sanghaya atau Namo Seng Kia Ye

Ada orang yang berpendapat, apabila kita dapat menjaga pikiran dengan baik atau memiliki keyakinan kepada Buddha dengan menyebut nama-Nya dan bernamaskara dihadapan-Nya maka tidak perlu bersarana (berlindung) lagi. Sebenarnya yang terjadi adalah, hal tersebut hanya merupakan latihan bagian luar dari pengertian tentang Buddhisme, seandainya ingin benar-benar memahami ajaran Buddha Dharma maka harus melakukan latihan bagian dalam dengan melakukan Sarana diatas.

Terlebih-lebih lagi, aliran esoteris sangat menjunjung tinggi adanya sebuah silsilah antara seorang Guru dengan seorang murid, yang mencerminkan kemampuan bimbingan dari Guru tersebut yang telah memiliki pengalaman spiritual dengan kondisi alam semesta.

Sebenarnya, makna dari Sarana adalah “keyakinan”. Dengan adanya keyakinan seseorang baru dapat melakukan Sarana, setelah itu melaksanakan pelatihan diri menurut metode keyakinannya masing-masing dalam hal ini esoteris, sehingga baru dapat memperoleh makna Sarana yang sesungguhnya.

Semua metode Dharma bertujuan mengembangkan Upaya Kausalya (metode yang mudah dilaksanakan agar mampu menuntun para insan untuk memulai perjalanan pelatihan spiritual bagi dirinya sendiri, hal ini terkait dengan adanya 84.000 kemungkinan upaya Dharma).

Perlindungan yang paling utama adalah “berlindung pada Diri Sendiri”, ini adalah metode yang dilaksanakan oleh para sadhaka / tantrika, dan setelah mampu menghancurkan avidya (kebodohan), maka akan kembali pada sifat sebenarnya dari inti sari batin dan mampu merealisasikan secara benar Tubuh Dharmakaya yang murni

 Cara bersarana:
 
Pertama-tama, anda harus yakin dulu ingin mengangkat MahaGuru Lu sebagai Mulacarya,
dengan kata lain, jangan setelah anda mengangkat guru, ditengah jalan anda meninggalkan guru tsb dan melanggar sila samaya..

Kalau sudah yakin, ada beberapa cara untuk memohon Abhiseka Sarana,

1. Jarak Jauh,

Melakukan ritual saat tanggal 1 atau 15 kalender Lunar (Tionghua / Cina)

Waktu setempat yaitu jam 7 pagi, menghadap arah matahari terbit, melakukan hal sbb:

Dengan niat ingin menangkat MahaGuru di dalam batin, visualisasikan wujud MahaGuru muncul di angkasa,


Visualisasikan ada sinar putih terang berada di atas kepala anda

Sambil berlutut panjatkan,


-Namo Kulu pei

-Namo Pu ta Ye

-Namo Ta mo Ye

-Namo Seng kia Ye

Setelah itu, lakukan namaskara (sujud Dahi Menyentuh Tanah)


Ulangi 3x


Setelah itu mengirim surat ke Mandala Satya Buddha, alamat


Sheng-yen Lu
17102 NE 40th Ct.
Redmond, WA 98052, USA
Jangan Lupa sisakan sedikit dana sukarela untuk diberikan kepada MahaGuru di kirimkan Bersama Surat kepada Mahaguru(Uang Persembahan Untuk Menerima Abhiseka).
Contoh Surat Saya untuk Bersarana kepada Mahaguru :
 
Sheng-yen Lu
17102 NE 40th Ct.
Redmond, WA 98052, USA

Dear Grandmaster Lu ☺

My name is Andy  and I would like to take refuge with GrandMaster & I hope GM Lu would accept me as your student.

Here is my personal information :

Name : Andy 
Place of birth : Surabaya , East Java
Date of birth : xx march 19xx

My Address :
Andy Hidayat
Jl. alamat anda no xx
Surabaya
East java 6xxx,
indonesia

Thank you for the empowerment & blessing GM Lu ☺, I wish GM would always be healthy, happy & have a long life and would help more sentient beings.
Thank you

Best Regard,

Andy

2. Diwakilkan oleh Shangshi / Vajra Acarya.

Biasanya setelah upacara api homa oleh Vajra Acarya, akan diberikan kesempatan bagi yang ingin menerima Abhiseka Catur Sarana untuk maju.

Vajra Acarya akan mewakili MahaGuru untuk memberikan Catur sarana.

Kalau ada vihara TBS lokal yang mengadakan acara demikian, ikut saja..


Ini Saya Kasih alamatnya Semoga membantu anda yang ingin membina diri dan bergabung dengan kami.
 Vihara Vihara Satya Buddha ( Zhen Fo Zong) Di Indonesia

1. Cetya Padma Suci

Alamat : Jl. Bandengan Utara, Komplek 81
Megah Bandengan blok A no. 42 - Jakarta Utara
Telepon : 021 - 66 22 810

2. Cetya Pelangi Ksitigarbha

Alamat : Jl. Kelapa Hibrida Raya blok PE 10 no. 6,
Kelapa Gading - Jakarta Utara
Telepon : none

3. Vihara Budi Dharma

Alamat : Jl. Sinar Budi Gg. F no. 5, Teluk Gong - Jakarta Utara
Telepon : 021 - 661 53 41

4. Vihara Vajra Bumi Jayakarta

Alamat : Jl. Muara Karang blok D 7 Barat no. 65 - 66 - Jakarta Utara
Telepon : 021 - 661 94 86

5. Cetya Vajrayana Buddha Jakarta

Alamat : Shop House Apartemen Mediterania Garden Residencies I
Tower Catelya, Unit SH/C/GCG-GCH
Jl. Tanjung Duren kav. 5 - 9,Tanjung Duren - Jakarta Barat
Telepon : 021 - 3004 76 11 / 3004 76 12
E-Mail : info@vajrayana-buddha.org

6. Vihara Dharma Hastabrata

Alamat : Jl. Tubagus Angke, Komplek Duta Mas blok A 6 no.35-36
Jakarta Barat
Telepon : 021 - 567 88 37
E-Mail : mdtantri@centrin.net.id

7. Vihara Dharma Jaya Toa Se Bio

Alamat : Jl. Kemenangan III no. 48 - Jakarta Barat
Telepon : 021 - 649 78 49

8. Yayasan Buddha Vajra Indonesia

Alamat : Jl. Tubagus Angke blok A 7 C no. 4, Taman Duta Mas -
Jakarta Barat
Telepon : 021 - 564 97 71

9. Vihara Tu Chuan Thang

Alamat : Jl. Kramat Kwitang 1 F no. 26 (Jl. Kemurnian no. 208) -
Jakarta Pusat
Telepon : 021 - 390 57 74

10. Maha Cetya Zhen Fo Zong

Alamat : Jl. Mangga Besar VIII no.30 - Jakarta Pusat
Telepon : 021 - 600 12 34 / 649 19 60
E-Mail : maha_pelita_buddha@yahoo.com

11. Vihara Vajra Bumi Nusantara

Alamat : Jl. Vila Permata, Kelurahan Desa Binong,
Kecamatan Curug - Jawa Barat
(di pusat areal perumahan Lippo Karawaci Tangerang)
Telepon : 021 - 591 90 80 / 591 96 80 / 591 96 79

12. Vihara Vajra Bumi Bogor

Alamat : Jl. Surya Kencana Gg. Roda VII no. 11 - Bogor
Telepon : 0251 - 321 256 / 313 459

13. Vihara Naga Sena

Alamat : Pacet, Kampung Cipendawa, Puncak - Jawa Barat
(deretan Simpang Raya di Puncak)
Telepon : 063 - 515 277

14. Vihara Vidya Dharma

Alamat : Jl. Karanggetas no. 6, Cirebon - Jawa Barat
Telepon : 024 - 31 66 04

15.Vihara Sad Paramita

Alamat : Jl. Babakan Tarogong no. 251 - Bandung
Telepon : 022 - 603 62 98 / 601 56 10 / 604 56 06

16. Cetya Vajra Dharma

Alamat : Jl. Taman Seroja Timur II no. 17 (Jl. Citarum no. 29),
Semarang - Jawa Tengah
Telepon : 024 - 31 66 04

17. Vihara Satya Buddha Dharma

Alamat : Jl. Citarum no. 108 B, Semarang - Jawa Tengah
Telepon : 024 - 762 40 12 / 54 20 30

18. Vihara Maha Welas Asih

Alamat : Jl. Taman Hasanuddin no. A 19, Semarang - Jawa Tengah
Telepon : 024 - 354 76 02

19. Vihara Dharma Subeksi

Alamat : Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar,
Kabupaten Kebumen - Jawa Tengah
Telepon : none

20. Vihara Giri Pura

Alamat : Desa Giyanti, Kecamatan Rowokele,
Kabupaten Kebumen - Jawa Tengah
Telepon : none

21. Vihara Jalagiri Pura

Alamat : Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah,
Kabupaten Kebumen - Jawa Tengah
Telepon : none

22. Vihara Tirta Dharmaloka

Alamat : Desa Sidarum, Kecamatan Sempor,
Kabupaten Kebumen - Jawa Tengah
Telepon : none

23. Vihara Metta Mandala

Alamat : Desa Aribaya, Kecamatan Pafentan,
Kabupaten Banjar Negara - Jawa Tengah
Telepon : none

24. Vihara Vajra Bumi Honocoroko

Alamat : RT/W = 02/03, Dusun Wawar Kidul, Desa Bendono,
Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang - Jawa Tengah
Telepon : none

25. Vihara Vajra Bumi Kumala

Alamat : Jl. Seruni CB - 19, Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo -
Jawa Tengah
Telepon : 0271 - 625 721

26. Vihara Vajra Bumi Pekalongan

Alamat : Jl. Belimbing no. 96, Pekalongan - Jawa Tengah
Telepon : 0285 - 433 988 / 432 168 / 433 688

27. Vihara Vajra Merta Budhi

Alamat : Desa Pangetan, Kecamatan Pangetan,
Kabupaten Banjar Negara - Jawa Tengah
Telepon : none

28. Vihara Vajra Satya Dharma Virya Bumi

Alamat : Dusun Lamuk, Desa Kalimanggis, Kecamatan Kaloran,
Kabupaten Temanggung - Jawa Tengah
Telepon : 0817 - 247 512

29. Cetya Padma Suci

Alamat : Jl. K. H. Irsyad no. 28, Pandan Sari Mertoyudan - Magelang
Telepon : 0293 - 32 66 19

30. Klenteng Lam Tjeng Kiong

Alamat : Jl. RE. Martadinata no. 4 - Cilacap
Telepon : none

31. Cetya Sanggar Catur Bhakti

Alamat : Desa Lupawon, Kecamatan Wonosari - Jawa Timur
Telepon : none

32. Cetya True Buddha Surabaya

Alamat : Jl. Rungkut Mejoyo Selatan blok A M 39 - Jawa Timur
Telepon : 031 - 849 04 52

33. Cetya Zhen Fo Zong Surabaya

Alamat : Jl. Darmo Permai Timur VIII blok BC - 1 - Surabaya
Telepon : 031 - 734 60 33 / 60 20 183

34. Vihara Vajra Bumi Arama

Alamat : Jl. Manyar Jaya III / 18 - 20, Surabaya - Jawa Timur
Telepon : 031 - 5676 933 / 595 27 15 / 592 07 15 / 371 94 62

35. Vihara Wijaya Surya Padma Indonesia

Alamat : Jl. Lebak Jaya II Tengah Utara no. 2 - 6,
Surabaya - Jawa Timur
Telepon : none

36. Vihara Vajra Bumi Kertanegara

Alamat : Jl. Lembah Dieng, Malang - Jawa Timur
Telepon : none

37.Sasana Budhi Indonesia

Alamat : Jl. Basuki Rachmat no. 6C8, Malang - Jawa Timur
Telepon : 0341 - 326 181

38.Vihara Tiong Ie Thang

Alamat : Jl. May. Jend. Haryono no. 28, Malang - Jawa Timur
Telepon : none

39. Vihara Vajra Avalokitesvara

Alamat : Jl. K. H. Hasyim Ashari Gg. IV no. 9, Malang - Jawa Timur
Telepon : 0341 - 363 006

40. Vihara Argo Puro

Alamat : Jl. Raya Kebobang, Desa Kebobang Dati II,
Kecamatan Wonosari, Malang - Jawa Timur
Telepon : none

41.Vihara Sunyata Naga

Alamat : Jl. Raya P. S. no. 108 H, Probolinggo - Jawa Timur
Telepon : 0335 - 421 237 / 433 284

42. Kebhaktian Umum Balung

Alamat : Jl. Dr. Sutomo no. 21, Balung, Jember - Jawa Timur
Telepon : 0336 - 62 11 85

43. Vihara Vajra Bumi Buddhaloka

Alamat : Desa Sumber Pang, Kelurahan Sumbersuko,
Kecamatan Wagir - Jawa Timur
Telepon : none

44. Vihara Vajra Bumi Majapahit

Alamat : Jl. Let. Kol. Sumarjo 78 A, Mojokerto - Jawa Timur
Telepon : 0321 - 324 066

45. Cetya Cakra Kumala

Alamat : Jl. Ikan Blanak no. 27, Teluk Betung - Lampung
Telepon : 0721 - 48 11 60

46. Cetya Dharma Vira

Alamat : Jl. Jend. Sudirman no. 26 - Bengkulu
Telepon : 0736 - 22 356

47. Vihara Vajra Padma Kumara

Alamat : Jl. Pendidikan Dalam blok A no. 11, Medan -
Sumatera Utara
Telepon : 061 - 519 624 / 628 241

48. Vihara Satya Buddha Purnama

Alamat : Jl. Lombok no. 1, Medan - Sumatera Utara
Telepon : 061 - 457 47 39 / 457 02 24

49. Cetya Padmakumara (Vajra Kumala)

Alamat : Jl. H.O.S. Cokroaminoto no. 14 (Jl. Talaud no. 21), Medan -
Sumatera Utara
Telepon : 061 - 45 17 97 40

50. Cetya Vajra Bumi Simalungun

Alamat : Jl. Thamrin no. 4 (Jl. Sutomo no. 325), Pematang Siantar -
Sumatera Utara
Telepon : 0622 - 244 33 / 22 102  

51. Vihara Vajra Bumi Binjai
Alamat : Jl. Imam Bonjol no. 208, Binjai - Sumatera Utara
Telepon : 061 - 882 31 81

52. Vihara Vajra Bumi Sriwijaya

Alamat : Jl. Masjid Lama no. 46 (Jl. Sayangan, Lrg. R. Kuningan no. 622),
Palembang - Sumatera Selatan
Telepon : 0711 - 350 798 / 817 213

53. Cetya Griya Bagus

Alamat : Jl. Veteran, Lrg. H. Rachman Thalib no. 1,
Palembang - Sumatera Selatan
Telepon : none

54. Vihara Ariya Rama

Alamat : Desa Jl. Jend. Sudirman Lrg Lingkis I / II no. 142 A / 356,
Palembang - Sumatera Selatan
(Jl. Kebun Manggis no. 30, RT = 04)
Telepon : 0711 - 35 44 28

55. Vihara Li Sheng Thang

Alamat : Jl. Akmal no. 514, Batu Raja - Sumatera Selatan
Telepon : none

56. Vihara Vajra Bumi Serasan Sekundang

Alamat : Jl. Dempo no. 357, Kelurahan Muara II (Jl. Veteran 14 B),
Prabumulih - Sumatera Selatan
Telepon : 0713 - 32 00 67 / 32 12 87

57. Vihara Vajra Bumi Silampari

Alamat : Jl. Bukit Sulap Gg. Pelita no. 841, Jawa Kiri I, Lubuk Linggau -
Sumatera Selatan
Telepon : 0733 - 211 39 / 326 141

58. Vihara Tri Agung

Alamat : Jl. Budiman, RT/W = 10/04, Kelurahan Budiman,
Jambi Timur - Jambi
Telepon : none

59. Vihara Vajra Bumi Jambi

Alamat : Jl. Untung Surapati no. 66 - 68, Kelurahan Jelutung - Jambi
Telepon : 0741 - 4444 21 (0812-9191-538)

60. Vihara Yuan Xiang

Alamat : Jl. Budiman, Kelurahan Budiman, Kecamatan Jambi - Jambi
Telepon : none

61. Vihara Vajra Satya Buddha

Alamat : Komplek Pasar Sungai Harapan Centre blok B no. 3, Sekupang,
Batam - Riau
Telepon : 0778 - 322 010 / 322 101

62. Vihara Purnama Bali

Alamat : Jl. Fujiyama III no. 1, Buluh Indah, Denpasar - Bali
Telepon : 0361 - 411 357

63. Vihara Vajra Sasana Dharma

Alamat : Jl. Kusuma Bangsa no. 17 X, Denpasar - Bali
Telepon : 0361 - 436 144 / 426 859

64. Vihara Vajra Budhi Dharma

Alamat : Jl. W. R. Supratman 1 / 2 - Bali
Telepon : 0365 - 41 88 4

65. Cetya Vajra Bumi Mulawarman

Alamat : Jl. Pelabuhan no. 15, Samarinda - Kalimantan Timur
Telepon : 0541 - 74 11 26 / 73 60 55

66. Vihara Vajra Bumi Dwipa

Alamat : Jl. Jend. Sudirman no. 65 (Jl. Slamet Riyadi no. 228),
Tarakan - Kalimantan Timur
Telepon : 0551 - 21540 / 23630

67. Vihara Buddha Vajra Pontianak

Alamat : Jl. Siam Gg. Kelantan IV no. 162, Pontianak - Kalimantan Barat
Telepon : 0561 - 73 73 19

68. Vihara Vajra Bumi Kertayuga

Alamat : Jl. Tanjung Pura no. 64, Pontianak - Kalimantan Barat
Telepon : 0561 - 73 22 43 / 722 195

69. Vihara Tri Ratna

Alamat : Jl. P. Antasari no. 77 A, Singkawang - Kalimantan Barat
Telepon : 0562 - 6333 57

70. Yayasan Dharma Metta Karuna

Alamat : Jl. Pembangunan II no. 15, Pemangkat - Kalimantan Barat
Telepon : 0562 - 241 974

71. Vihara Catur Sarana

Alamat : Jl. Raya Pendidikan, Dusun Jeruk, Desa Dungun Laut, Kecamatan
Jawai, Kabupaten Sambas - Kalimantan Barat
Telepon : 0562 - 20 11 33

72. Vihara Amrta Buddha

Alamat : Jl. Pontiku 1 no. 10 (6), Makassar - Sulawesi Selatan
Telepon : 0411 - 452 793

73. Vihara Dharma Agung

Alamat : Jl. Sungai Cerekang no. 30 (Jl. Karundung no. 3)
(Jl. Sungai Poso no. 47 - 49),
Makassar - Sulawesi Selatan
Telepon : 0411 - 365 13 40 / 317 349 / 325 65 73 / 320 52 28


3. Langsung oleh MahaGuru.

Kesempatan ini sangat jarang ada, kecuali anda mau terbang langsung ke tempat MahaGuru.

0 komentar:

Posting Komentar

Analitic

Suasana angin Topan di surabaya november 2017

Suhu Malaysia yang gagal Panggil Shen

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;