Jumat, 10 Februari 2012

FU LU SHOU



FU LU SHOU itu dewa atau sekadar lambang “Kebahagiaan”, “Kesejahteraan” dan “Umur Panjang” ???    Karena pernah aku dibilangin oleh seorang teman Tao’ku, bahwa Fu Lu Shou itu bukan Shen/Dewa, tapi hanya sekadar lambang/simbol. Tetapi setahu aku, kalau Shen/Dewa SHOU SHING KONG itu khan ada ???    Nah yang 2 lagi itu, namanya apa aja ???
Dewa SHOU itulah yang pertama disebut ada pada zaman Dynasti JIN awal.    Pada waktu itu dikatakan Dewa SHOU adalah NAN CIK LAO REN XING = Bintang Kutub Selatan = Bintang Orang Tua.   Dari ketiga bintang di atas, yang paling populer adalah SHOU XING (Bintang kutub Selatan), yang hanya dapat dilihat di daerah Tiongkok bagian Selatan saja.
Kemudian, bersamaan dengan semakin banyaknya cerita2 yang beredar di dalam masyarakat, akhirnya jadilah Dewa SHOU dengan ciri2nya sebagai berikut, “Orang tua yang kepalanya besar dan panjang, berwajah bijak & ramah, tubuhnya pendek, janggutnya putih, membawa tongkat berkepala naga dan membawa buah Xian Dou, dan sering dikelilingi oleh kelelawar dan rusa berbintik-bintik putih”.
Kalau Dewa FU, dalam legenda/cerita masyarakat Tiongkok ada banyak, tetapi yang bisa mewakili adalah BE CIAN, yaitu Jenderal Perang dari Kaisar HAN YUAN (HAN YUAN HUANG DI).   Karena jasa2nya, maka ketika gugur dalam perang melawan pemberontakan Man Yu, maka oleh Maha Dewa diangkat sebagai Shen/Dewa FU (QING FU ZHENG SHEN).
Nah setelah ada Dewa SHOU dan Dewa FU, masih juga dirasakan adanya kekurangan ………, maka untuk melengkapinya, diciptakanlah sosok Dewa LU yang punya ciri2 : “Berwajah tampan dan berseri-seri, tinggi badan semampai, mengenakan jubah hijau daun, kemana-mana selalu diikuti oleh seekor Rusa Sakti”.
Sekarang lengkaplah sudah Dewa FU, LU dan SHOU yang bisa mewakili semua “kebutuhan”  masyarakat, yang pada umumnya selalu punya keinginan untuk bisa mendapatkan “REJEKI” yang berlimpah, “KEDUDUKAN” yang berjaya dan “KESEHATAN” yang prima dan berumur panjang.    Ha… ha… ha…
Jadi, menurut Tokoh Agama TAO yang ahli dalam astronomi, FU ; LU ; SHOU, sebenarnya adalah nama2 yang mewakili rasi bintang tertentu. Yang digunakan untuk meramalkan “Rejeki”, “Kejayaan” dan “Kesehatan/Usia” seseorang.
Hal ini ada baiknya juga, untuk selalu menentramkan psikologis masyarakat, supaya selalu punya harapan dan cita2, untuk mendapatkan semua yang diinginkannya, bila di rumah memiliki Altar FU LU SHOU.

0 komentar:

Posting Komentar

Analitic

Suasana angin Topan di surabaya november 2017

Suhu Malaysia yang gagal Panggil Shen

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;