Kamis, 16 Februari 2012

Seluk Beluk Tang Sin (Medium Dirasuki Dewa)

Ratna Setiyaningrum
NOTULEN SEMINAR
Tema : Seluk Beluk Tang Sin (Chinesse Mediumship)
Pembicara : Mr Tan Eng Hing (Singapore)
Moderator : Mr Ardian Cangianto (Bogor)
Lokasi : Kelenteng Sinar Samudera
Jl. Gang Pinggir 105 Semarang
Tanggal : 12 Februari 2012

Seluk Beluk Tang Sin

Sejarah mediumship sudah ada sejak jaman dahulu dan ditemukan di semua kebudayaan. Begitu pula mediumship di Cina, orang Tionghoa mempunyai ciri tersendiri dalam mediumship ini, salah satunya dalam bentuk Tang Sin.
Tang Sin adalah salah satu bentuk Budaya Tionghoa dimana manusia bisa bermediasi dengan alam Dewa, dengan jalan tubuhnya menjadi medium masuknya roh Dewa.

Secara prinsip, tangsin ada diluar logika ( karena alam roh tidak bisa dinalar oleh pikiran manusia), karena itu Tang Sin tidak bisa dipelajari, juga bukan merupakan bakat dari seseorang, karena untuk menjadi seorang Tang Sin, itu karena penunjukkan dari Dewa, dimana tidak setiap orang mempunyai kesempatan, hanya bagi mereka yang berjodoh dan memiliki `tulang' tangsin yang bisa menjadi seorang Tang Sin, mereka yang bisa menjadi seorang Tang Sin hanya mereka yang mempunyai jodoh dengan Dewa, karena mereka dipilih oleh Dewa untuk mengemban tugas tertentu, hal ini bisa dilihat dari `tulang' yang mereka miliki ( tanpa membedakan apakah dia pria atau wanita ).

Ada pandangan yang beredar di masyarakat, bahwa seseorang menjadi Tang Sin karena buah karma buruk yang telah dilakukannya di masa kehidupan yang lampau, sehingga disiksa oleh Dewa dengan jalan disakiti tubuhnya. Hal ini sama sekali tidak benar. Seseorang menjadi seorang tangsin karena dipilih Dewa untuk menolong manusia, dan tugas ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, seorang tangsin mengorbankan dirinya, mengorbankan darahnya untuk purifikasi dan untuk menolong orang lain yang sedang tertimpa masalah. Seseorang bisa menjadi Tangsin lebih sebagai seseorang yang di kehidupan sebelumnya belum berhasil dalam melatih dirinya, dan harus berlatih lebih keras lagi di kehidupan saat ini. Menjadi seorang Tang Sin juga tidak mudah, karena dalam kehidupan sehari harinya ia harus memiliki sikap dan perilaku yang benar. Karena itulah, seseorang yang terpilih untuk menjadi Tang Sin sebaiknya mengangkat seorang shifu/ guru untuk membimbingnya dalam belajar dan melatih diri.

Pada dasarnya, Tang Sin bukan milik satu aliran/ sekte tertentu, tetapi karena si tangsin harus memiliki guru, maka dia secara otomatis akan mengikuti aliran/ sekte gurunya tersebut. Namun Tang Sin tidak terikat pada agama, karena Dewa yang masuk tidak lagi terikat pada batas agama ( kita yang manusia inilah yang mengkotak-kotakkan mereka ke dalam satu agama/ aliran tertentu).
Untuk `mendatangkan' Dewa agar berkenan masuk ke dalam tubuh sang medium, ada beberapa syarat yang harus dilakukan sang medium, diantaranya mandi, membersihkan diri, bahkan termasuk memuntahkan seluruh isi perutnya sebagai bentuk pembersihan diri, agar badan benar benar bersih dari segala kotoran batin dan jasmani.
Setelah itu dilakukan ritual ritual khusus yang hanya bisa dilakukan oleh mereka yang berasal dari aliran dan dilakukan oleh pendeta yang jelas asal usul tingkatannya. Dilantukan juga musik dari tambur dan simbal untuk mengundang Dewa agar berkenan masuk ke dalam tubuh sang medium. Ritual ini bertujuan untuk mendatangkan/ memenggil sang Dewa/ Roh Suci, bukannya roh jahat, karena dalam ritual tersebut terdapat ritual untuk mengusir roh-roh jahat yang ada di tempat ritual dilaksanakan dengan menggunakan semacam cambuk yang diarahkan ke lima arah.

Banyak diantara kita yang meragukan keaslian Dewa yang masuk ke dalam tubuh medium. Mengenai hal ini sebetulnya bisa kita lihat dari sejarah/ riwayat Dewa yang masuk ke tubuh si Tang Sin, dari perilaku sehari – hari tangsin tersebut, juga bisa dilihat dari logis atau tidaknya nasihat/ ajaran yang diberikan. Karena Dewa yang benar tidak pernah menakut-nakuti orang, dan tangsin yang benar biasanya tidak suka pamer kemampuan/ low profile, serta dia juga melakukan refleksi diri untuk membersihkan batin.

Pada saat Dewa masuk ke dalam tubuh sang medium, akan nampak perubahan fisik pada tubuh sang medium yang terlihat jelas, seperti pada wajah yg akan berubah menyerupai wajah Dewa yang masuk, begitu juga suara medium akan berubah menyerupai wajah Dewa yang masuk, walaupun ketika sang Dewa sudah keluar dari badan si TangSin, perubahan fisik tersebut juga akan hilang. Tetapi bagi seorang Tang Sin, ketika semakin sering dirinya menjadi medium masuknya Dewa, memang sering terjadi sifat-sifat sang Dewa membawa perubahan dalam kepribadian Tang Sin, contohnya: bila yang masuk Dewa militer, sifat yang terlihat seperti ketegasan akan mempengaruhi perilakunya.

Tujuan utama Tang Sin adalah untuk melayani orang, pengabdian kepada masyarakat, bukan untuk show, pamer kekuatan ataupun komersialisasi. Memang ada saat dimana Dewa menunjukkan kesaktiannya, itu dilakukan untuk membuat kita percaya dan mau mengikuti bimbingannya supaya hidup kita menjadi lebih baik.

Dewa yang masuk kedalam tubuh Tang Sin dibedakan menjadi 2 macam, yaitu Dewa yang bersifat sipil dan Dewa yang bersifat militer
Pada Tang Sin yang dimasuki Dewa militer, biasanya membacok atau menusuk dirinya sendiri hingga berdarah-darah, darah si Tang Sin inilah yang digunakan mengobati orang yang sedang sakit, selain itu darah memancarkan cahaya sendiri yang dapat mengusir roh jahat, juga untuk kewibawaan.

Syarat yang harus dipatuhi oleh seorang Tang Sin dalam kehidupan sehari harinya: harus hidup dengan perilaku yang benar, tidak mabuk mabukan ataupun main perempuan, serta tidak boleh "merebut" uang orang lain alias ngga boleh buka tarif.

Pada saat pertama kali seseorang terpilih ( " tertangkap" ) untuk menjadi Tang Sin, Dewa yang masuk bukan merupakan pilihan kita, tetapi merupakan perkenan dari sang Dewa sendiri.
Masuknya Dewa pada tubuh Tang Sin melalui ritual pemanggilan khusus, disini tidak bisa dipilih siapa Dewa yang berkenan masuk kedalam tubuh Tang Sin, jadi pada setiap upacara yang berbeda bisa saja Dewa yang masuk berbeda pula, bukan berarti satu Tang Sin satu Dewa. Bila bisa memilih Dewa yang masuk malah hanya akan menyebabkan si Tang Sin menjadi sombong, karena bisa mengendalikan Dewa.

Pada saat parade Tang Sin, satu Dewa dapat masuk pada beberapa tubuh Tang Sin. Ini disebabkanoleh sifat Dewa yang sudah melampaui nalar manusia, kekuatannya diluar logika, jadi bisa masuk pada beberapa tubuh Tang Sin pada saat bersamaan. Saat parade Tang Sin, dimana banyak Dewa militer yang masuk kedalam Tang Sin, tidak pernah terjadi bentrokan di antara mereka karena sifat Dewa adalah welas asih, tujuan mereka hadir adalah untuk membantu manusia, bukan untuk menyulitkan manusia. Dewa tidak lagi terikat rasa benci dan dendam, bukan lagi seperti manusia.

Ditulis: Zhou Ay Lie dan Ratna Setiyaningrum — with Ardian Cangianto.

92 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya ingin mengomentari artikel Anda tentang budaya Tang Sin.

Anonim mengatakan...

Intinya, klenteng merupakan rumah berhala karena nyatanya tanpa adanya patung, orang merasa kurang mantap bersembahyang. Kalaupun sudah ada patung, patung tersebut dipuja2 & dihormati seolah-olah ada roh dewa di dalamnya, padahal dia HANYALAH sebuah patung yang tidak bisa berbuat apa2. Ingat roh yang ada dalam patung2 di vihara/klenteng/aliran kepercayaan atau dimanapun juga yang telah disembahyangi adalah roh Iblis. BERTOBATLAH ..... akhir zaman sudah dekat, tanda2 zaman telah terlihat dan Firman Allah sedang digenapi hari-hari ini.
Contoh nyata terjadi di Klenteng Liong Hok Bio Magelang yang baru saja terbakar. Kebakaran tersebut jelas pasti karena kelalaian petugas jaga Klenteng (harusnya ditindak tapi tidak ditindak karena alasan dewanya masih mau memakai petugas tersebut). Mengherankan !!! Masih ada saja orang yang percaya suhu yang kerasukan roh. Berpikirlah lebih dalam & lebih jernih tanpa embel2 kasihan & nilai spiritual. Bayangkan, suhunya mempengaruhi umat2 disana dengan mengatakan bahwa dewanya menyempurnakan diri. Apakah itu logis ? Coba pikir, pemberitaan di media massa yang menanyakan sebab kebakaran tentu tidak bisa dijawab dengan segi spiritual. Kalau pengurusnya bilang bahwa kebakaran terjadi karena dewanya memang sengaja membakar diri untuk menanggung dosa umat2nya, apa semua tempat ibadat yang mengalami kebakaran di Indonesia bahkan luar negeri disebakan karena alasan yang tidak masuk akal tersebut? Jadi, jangan mencari umat luar hanya untuk disuruh berdana/nyumbang klenteng, dirayu2 & diajak bersenang2 agar tidak pindah ke tempat lain atau memperlihatkan kekompakan pengurus tapi hanya dipilih yang kaum elite saja. Itu jelas tidak benar.
Ambil pelajaran dari Klenteng Liong Hok Bio Magelang.
Terbakar karena kesalahan pengurus yang selalu gegabah dalam mengambil keputusan (hanya untuk memperlihatkan kekompakan pengurus klenteng agar dipandang solid oleh orang luar). Terbakar juga karena kaum elite lebih dominan menguasai klenteng. Kalaupun benar dewanya menanggung dosa2 umatnya, itu jelas2 karena kesalahan fatal yang diciptakan sendiri oleh pengurusnya tanpa disadari. Tanda2 peringatan sebelum kebakaran sudah nyata ada. Tapi tidak seorangpun yang peka, hanya beberapa orang saja yang tanggap namun tidak berani bersuara karena termasuk kelompok minoritas yang bila bersuara hanya akan dianggap sebagai pengacau.
Anda sebagai penulis tentu tahu persis muda mudi di Klenteng Magelang yang begitu sombong. Selalu menyakiti orang lain yang lemah & tergolong minoritas.Masih muda, lulusan sarjana dari perguruan tinggi ternama, tapi begitu sampai kota asal, Magelang, hanya bertugas menjaga toko orang tua. Mengenaskan !!! Memang diklenteng dimanfaatkan pengurus untuk memperlihatkan ke- elite-an klenteng lewat remajanya yang sarjana2 karena anaknya orang kaya.
Tapi coba deh pikir lebih dalam lagi, memangnya klenteng bisa kasih jaminan apa ke mereka selain spiritual ? Uang, buah-buahan sembahyangan, atau apa ?
JANGAN MENGUNGGULKAN KLENTENG & PENGURUS SERTA MUDA MUDINYA. ITU HANYA PEKERJAAN IBLIS !!!

Anonim mengatakan...

KUASA IBLIS ADA DI RITUAL TANG SIN. WASPADALAH ......
Tang Sin merupakan cara Iblis unuk memperdaya umat manusia (dalam bahasa alkitabiah sering di sebut Okultisme).
Okultisme itu suatu ilmu yang bersifat supernatural. Ilmu tentang roh di mana orang mempelajari tentang roh-roh yang bukan Roh Allah tetapi roh-roh di luar Roh Allah. Ilmu ini tujuannya untuk melindungi diri dari serangan orang lain, dari serangan roh-roh yang di luar roh Tuhan dan juga dari alam ini. Kita harus membedakan roh terang dan roh gelap, jadi Roh Allah di pihak roh yang terang sedangkan roh setan atau iblis itu di pihak roh gelap. Berarti dalam hal ini ada kekuatan yang besar, ada kekuatan dari Allah dan ada kekuatan dari roh iblis.

Dalam dunia ini ada 2 roh yang kita kenal, yaitu Roh Tuhan dan roh iblis atau setan. Alkitab menjelaskan asal-usulnya iblis dengan jelas.

Anonim mengatakan...

Dalam kitab Yehezkiel 28:12-17 dikatakan : "Gambar dari kesempurnaan engkau, penuh hikmat dan maha indah. Engkau di taman Eden, yaitu taman Allah penuh segala batu permata yang berharga:......Tempat tatahannya diperbuat dari emas dan disediakan pada hari penciptaanmu. Kuberikan tempatmu dekat kerub yang berjaga, di gunung kudus Allah engkau berada dan berjalan-jalan di tengah batu-batu yang bercahaya-cahaya. Engkau tak bercela di dalam tingkah lakumu sejak hari penciptaanmu sampai terdapat kecurangan padamu. Dengan dagangmu yang besar engkau penuh dengan kekerasan dan engkau berbuat dosa. Maka Kubuangkan engkau dari gunung Allah dan kerub yang berjaga membinasakan engkau dari tengah batu-batu yang bercahaya. Engkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kau musnahkan demi semarakmu. Ke bumi kau Kulempar, kepada raja-raja engkau Kuserahkan menjadi tontonan bagi matanya."

Iblis adalah salah satu malaikat Tuhan yang memang menempati posisi yang khusus, dan dia adalah lambang keindahan dan kecantikan tapi karena dia berbuat curang bahwa iblis itu ingin menjadi Allah maka Tuhan melempar dia ke bumi. Jadi memang salah satu ciri iblis yaitu memberikan yang indah, yang mewah, yang bagus, yang wah kepada manusia agar manusia bisa terpikat kepadanya, dan iblis akan berusaha keras mengelabui manusia bahwa dialah sebetulnya Allah.

Dua unsur menarik yang biasanya ditawarkan iblis:

Agar kita menjadi kuat, menjadi hebat, menjadi super, kita mampu melakukan hal-hal yang tidak mampu dilakukan oleh manusia biasa.

Agar kita bisa mengerti atau tahu masa depan kita, dan masa depan orang lain juga.

Sebagai contoh, kita ambil saja horoskop walau itu penipuan. Ada satu gangguan kejiwaan yang memang menyerupai kerasukan setan yaitu gangguan schizofrenia. Gangguan schizofrenia adalah gangguan di mana seorang kehilangan pikiran yang waras, akhirnya mendapatkan gangguan hingga dia tidak bisa berpikir secara rasional dan tidak bisa lagi melihat realitas seperti yang dilihat oleh orang-orang pada umumnya.

Cara yang baik untuk membedakan keduanya adalah:

Kalau orang itu kerasukan setan biasanya ada kaitan dengan setan sebelum terjadinya kerasukan setan tersebut. Sedangkan gangguan schizofrenia biasanya tidak ada kaitan dengan hal itu, dan pada gangguan schizofrenia biasanya dapat ditelusuri sejarahnya.

Waktu kita mengusir setan dan kita meminta orang tersebut untuk mengundang Tuhan Yesus menjadi Tuhannya biasanya dia akan kesulitan menyebut nama Tuhan Yesus. Sedangkan pada gangguan schizofrenia biasanya itu tidak menjadi masalah, orang tersebut bisa saja mengucapkan nama Tuhan Yesus dengan mudahnya.

I Yohanes 4:2-4, "Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia,berasal dari Allah, dan setiap roh yang tidak mengakui Yesus, tidak berasal dari Allah....Kamu berasal dari Allah anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar daripada roh yang ada di dalam dunia."

Ada 2 pelajaran yang bisa kita timba dari firman Tuhan ini:

Yang pertama adalah kita mesti mawas diri untuk mengenal bahwa roh tidak semuanya berasal dari roh Allah, jadi jangan sampai kita tertipu.

Yang kedua adalah kita harus mengingat bahwa Roh Tuhan yang ada pada diri kita lebih berkuasa dari roh-roh lain atau roh iblis, sehingga dengan kuasa Tuhan yang ada pada diri kita. Kita bisa mengusir setan dan setan pun tidak berani untuk mengganggu kita, karena pada diri kita sudah ada Roh Allah.
Jadi ..... BERTOBATLAH pengurus & umat2 Klenteng ....

arie mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
arie mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
arie mengatakan...

Bertobatlah... akhir zaman sudah dekat... ini lah salah satu firman kebohongan belaka!.. firman yg sdh ada berabad2.. tp sampai thn 2014 tidak ada yg namanya akhir zaman... hanya org yg bodoh yg percaya akan adanya akhir zaman..

arie mengatakan...

Roh adalah salah satu yg misterius.. ada yg bisa membuktikan secara otentik soal roh ?,, di greja2 byk yg kesurupan yg mengaku dirinya kedatangan rohkudus.. mereka tanpa sadar itu lah roh ibliss... jd hati2lah dgn segala macam roh...

arie mengatakan...

Hei Anonim.. kamu tidak perlu berkhtobah dgn ayat2 alkitabmu..!.. karen kami sangat percaya dgn kepercayaan nenek moyang kami, dan buktinya kami sehat semuanya rejeki baik, kami tidak pernah di ganggu iblis, kami bisa hidup damai, tidak seperti kota suci kalian israel yg dr jaman purba kacau terus.. jadi kamu tidak perlu mempromosikan jesus mu.. karena kami tidak mengenal siapa itu jesus , dan kami juga sangat tidak tertarik dengan jesus mu yg suka manakut2in manusia dan menjanji janjikan hal2 yang indah.. kalau kamu percaya dgn iming2 dan janji2 surga dari jesus mu, silahkan kamu percaya.. jgn kamu mengajak kami!, karena kami punya surga sendiri ,kami tidak membutuhkan surga buatan jesus mu.. dan tolong bilang ke umat2 kamu yg suka menghojat kepercayaan org lain, supaya jgn mencampuri kepercayaan org.. urus saja kepercayaan kamu sendiri.. ok!!

Anonim mengatakan...

Maka ada pepatah berkata :
Bila para dewa / bewi mempunyai keberpihakan , maka akan ada kekacauan di langit .
Jadi ikuti ajaran nya dan bukan berpikir bahwa kamu akan di lindungi dan memperdebatkan siapa yang dewa/ dewi nya paling tinggi .
Manusia bukan dewa , dewa bukan manusia .
Bila pikiran dewa seperti manusia maka di langit sering terjadi perselisihan

Unknown mengatakan...

pantekk

Unknown mengatakan...

pantek amang ko
jangan memandang rendah agama lain jink
kalo agama mu tidak seperti agama kami jadi jangan iri
suruh nabi mu allah mu masuk ke tubuh mu
btw muhammad saw jenis kelamin nya apa yaa?
kelenteng berhala? masjid juga berhala tu sembarang sama karpet anzeng wakakakka
tobat la kau

Unknown mengatakan...

sembayang

Unknown mengatakan...

ooo lu kami dirasuki dewa bukan iblis
kalian la tu di rasuki iblis
manusia itu di anggap tuhan :v

arie mengatakan...

Ehhh william kl baca itu yg benar.. koment yg benar juga.. jgn kyk org bego.. baca dong yg benar.. apa disitu ada yg nybutin muhammad??,, di sini cm ada yg membawa2 khotbah jesus.. kok km bawa2 muhammad?.. komentnya jgn membabi buta dong..

Anonim mengatakan...

Yang jelas didalam Alkitab disana tertulis: DUNIA PERNAH KIAMAT SEKALI, dan Hanya keluarga Nabi NUH yg selamat beserta hewan yg dibawa masing2 sepasang!! Saya waktu sekolah Methodist pernah bertanya-tanya, jikalau memang sekeluarga selamat????Mengapa MANUSIA ada berjenis jenis???? Apa kah dijaman setelah nabi nuh selamat boleh Nabi Nuh memperistri anaknya, atau anak nabi nuh memperistri mamaknya sehingga turunan manusia begitu banyak di BUMI ini. Ataukah ALKITAB asal2 di buat NABI NUH???? karena Kita tahu setelah KIAMAT cuma keluarga nya yang selamat!!!!!!!!!!! Terlalu.......kata Om Rhoma Irama`

Unknown mengatakan...

Mantap bro...logika bngt.emank pd bodoh dia org.. jelas2 peradaban china paling lama.ampe puluhribuan tahun..tuhan yesus mah masi ank kemarin

arie mengatakan...

Itu benar.. jd dah tau kan benar atau tidak jesus dan alkitab... makanya jd lah pengikut tao utk memperdalam ilmu filsafat dan ikuti lah ajaran budha.. krn inti dr ajaran budha adalah kasih..

Buddha tidak pernah menjanjikan hal-hal indah ataupun menjanjikan aku pasti akan ke Surga / Nirwana bila percaya kepadaNya..

Buddha juga tidak pernah berkata” kalau tidak percaya Dia pasti masuk neraka.”

Buddha tidak memberikan dongeng yang mengerikan atau menyenangkan supaya aku percaya dan takut terhadapNYa..

Buddha tidak pernah mengatakan “, Akulah yg menciptakan langit dan bumi ini”

Buddha tidak pernah menjanjikan hal-hal yg indah untuk ke depan, bahkan juga tdk bisa mensucikan org lain..

Bahkan utk mensucikan diri sendiri pun mengandalkan kita sendiri, tapi kenapa aku masih mau mengikuti ajaranNya ?

karena Buddha, aku tahu :
- kenapa aku menderita.
- kenapa aku cacat.
- kenapa aku bermuka buruk.
- kenapa aku sakit & pendek umur

Dari Buddha, aku mengerti hukum karma dan 4 kesunyataan mulia, bertambah Bijaksana sehingga tidak menyalahkan siapa pun atas penderitaanku.

Oleh Buddhalah aku diajarkan cinta kasih terhadap semua makhluk hidup apapun juga..

Jika suatu saat aķu berhasil dalam melewati roda samsara ini sampai akhir hidup,
Surga dipersembahan sampai jutaan kalpa pun saya tidak mau,
Yang aķu inginkan hanyalah bebas dari kelahiran

Tidak ada kelahiran maka tidak ada penderitaan dan kematian..

Apa yg kita tanam itu yg kita petik, apa yg kita lakukan itu yg kita dapatkan(karma),

Itu ajaran yg diajarkan "Sang Buddha".
Damai kan ajaran budha...

Anonim mengatakan...

Yang pasti kalau tuhan. Dewa - dewi kaya kalian maka langit runtuh. Semua orang ada hak pendapat jadi seterah mau ngmg apa. Yang pasti tuhan cuma satu dimana" hanya tuhan yang maha esa. Mau diagama mana pun ada itu. Oke ciayo man...

yang mengatakan...

Mas bro.sebelum anda berkhotbah apakah anda sadar..anda ke gereja apa yang anda sembah...apa anda tidak sadar..anda juga menyembah patung om jes yang kelihatan seksi dengan kolor lupus yang anda tutupi dengan sehelai kain..apa anda tak malu tu om jess kalian kasi pakai kolor doang..apa gak kasian ama om jes..terus macam mana ajaran agama anda yang ada pengampunan dosa...keren ya..rumah lu dimana...gua mau cobak bunuh tu keluarga lu..terus g mau ngaku ama pastormu yang kalian angap orang suci...terus besok saya mau bunuh lagi saudara mu...terus saya ngaku lagi ni...kira kira dosa saya bisa di ampuni gak..seharusnya anda juga harus bisa mengampuni saya dong....kalau kami bukan menyembah patung...tapi kami menghormati jasa jasa para dewata yang berbuat baik pada zamannya...bukan macam kalian yang menganggap patung om jes sebagai anak tuhan...tuhan tu emang punya istri ya..kok bisa punya anak ya...mantap juga tu...

kepah mengatakan...

boleh percaya boleh tidak tergantung keyakinan org masing2, percuma berdebat ga ada habisnya..

Pahlawan tanpa topeng mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Pahlawan tanpa topeng mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Rangga Sidharta mengatakan...

orang yang menjelek-jelekan agama orang lain adalah tindakan iblis dan ajaran iblis. dikutip dari seorang yang bijaksana... dr.shun yat shen

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
arie mengatakan...

Ini cerita org yg fanatik agama

Pd waktu meningga dan mengghadap Tuhan, Tuhan langsung memutuskan org yg fantik agama ini utk masuk ke neraka,
Dan Tuhan berkata , hei anak'ku tempat kamu di neraka!,
Si Fanatik protes keras, napa aku ke Neraka ?
Tuhan menjawab tenang...
Anak'Ku... Loe ini introspeksi diri lah!!!
Saat mendapatkan kesulitan dalam hidup Loe, bilangnya Gue kasih cobaan, memang Gue iseng??? terus sebut2 nama Gue dan puji2, memang Gue sifatnya seperti manusia yang senang dipuji ?
Ngerepotin Gue melulu, sakit bukannya minum obat eehhh... malah nyuruh Gue sembuhin.
Loe yang utang, suruh Gue yang lunasin.Loe holiday Gue disuruh jadi satpam jagain rumah Loe.
Anak Loe digebukin orang karna narkoba, Loe suruh Gue berikan pertolongan, emang Gue Hakim???
Baru ngasih sedekah Ce ban aja, Gue disuruh balikin Ce pek Tiau emang Gue direktur Bank Dunia???
Loe yang enak2 bikin anak, Gue lagi yg disuruh pelihara dan jagain dan bilang Gue yang Beri.

Kemaren Loe sekarat gara2 darah tinggi, karena keenakan makan sate kambing dan makan duren ! Loe bilang cobaan dari Gue...
Sekarang Loe mati, seluruh keluarga Loe bilang Gue yang manggil Loe, lantas nuntut Gue harus terima Loe di Surga. Sekarang Loe ke sini mau apa ?
Loe cuma mau rumah Gue kan ?
Enak aja!!!, loe fanatik tapi nga ngerti mau nya gue apa, percuma loe ngaku anak gue tp kaga pernah jadi kyk gue, loe ama gue kaga ada miripnya, jadi sory la yau.. silahkan ke neraka aja

asasasa mengatakan...

Jgn pada ribut

asasasa mengatakan...

TUHAN KITA 1,mau budha, kristen,islam semua tetap 1 tuhan,dewa dewa itu tidak disembah, tapi kita menghormati,begitu juga yesus,yesus itu juga bukan TUHAN,tapi nabi yg menyampaikan pesan.jadi jgn ribut dalam hal seperti ini.dewa dewa dan yesus itu sama.sama2 punya jegot,saya konghucu,saya menghormati dewa saya,saya menghormati yesus,dan kalian sebenarnya harus menghorati nabi muhamad,karena nabi yg terakir.jika kamu percaya kepada tuhan yg maha esa.jadi untuk apa kita ribut dalam hal seperti ini.ayok sama sama kita cari tau,dan banyak belajar,kita hidup di dunia selalu ikutin ujian dr tuhan,jika kamu sungguh belajar maka kamu naik kelas(masuk dalam surga).trimakasih

Unknown mengatakan...

Yg gak hormat agama org iblis setan

Unknown mengatakan...

kita tidak bisa langsung menghakimi bahwa itu adalah perbuatan iblis, karena setiap agama pasti mengajarkan tentang kebaikan dan kebajikan. kalaupun itu itu memang terlihat seperti menyembah berhala belum tentu. jika itu kepercayaan mereka kita harus hargai. tuhan selalu mengajarkan kita tentang berbuat baik pada sesama, kalau kita malah menghina dan mengata-ngatai agama lain, itu sama saja kita tidak mendengar apa yang tuhan kita ajarkan tentang kebaikan. toleransi dalam beragama itu penting. terima kasih

yanalie mengatakan...

perbanyaklah berbuat kebajikan kepada sesama,cintailah sesama tanpa harus memandang ras,suku,mayoritas terlebih lagi harus mengkorbankan dari satu agama ke agama lain.ini adalah salah satu sikap kebodohan bathin/kegelapanbathin.semoga semua makhluk hidup berbahagia.sadhu sadhu sadhu.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Si dungu.. mengatakan...

Numpang tertawa semuanya HaHAHAHAHA....

Si dungu.. mengatakan...

Numpang tertawa semuanya HaHAHAHAHA....

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Bnr kt mu bos tp dasar manusia nya boss.. Tidak mengerti berperilaku baik/meghormati yg tua dan yg muda/ Hanya membenarkan dari agamanya surga neraka,, padahal dia telah masuk neraka,(dunia ini) hanya mau di dokterin hahahaha lucu2..

Unknown mengatakan...

Hahahahahaha lucu ya,,,dulu gue masih percaya ama roh kudus,,skrng gk lagi,,tp kalo sama isa almasi memang ku akui memang ada,, hanya dulu itu salah kapra aja ni... Wkwk jd org nya pada fanatik gk jelas,

silver mengatakan...

Terima kasih atas penjelasannya, sekarang saya mulai paham apa yang sedang saya alami.

Unknown mengatakan...

Jika menurut anda ''anonim'' tuhan mu hebat maka sembayang lah padanya dan untuk saudara seiman saya arie saya pernah mendengar cerita dewi kwan im yang pernah ditampar/ diludahi oleh orang lain kemudian kwan dengan tersenyum mengatakan terimakasih jadi inti nya jika ada orang membully / mengejek agama kitra biar kan saja karna dia akan mendapatkan karma nya jika anda melawan dia itu berarti anda juga sama seperti dia dan untuk yang lain apakah kalian pernah berpikir untuk ''sabar jika disakiti'' sebernarnya agama itu tidak pernah mengajar kan umat nya yang jelek tapi umat nya lah yang tidak pernah lurus jalan nya sehingga membuat agama nya menjadi rendah
Bertobat lah selama masih ada waktu perbanyak lah amal bukan dosa
Thank's

Unknown mengatakan...

Mari saling menghormati keyakinan orang lain, jangan saling mencela, kita akan mempertanggung jawabkan amalan kita masing2... kita harus bersatu sbgai sesama manusia, di tanah air satu, sebangsa dan setanah air, NKRI walau berbeda2 tetap satu jua...


"Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,
Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah.
Untukmu agamamu, dan untukku agamaku."
(Sumber: kitab yg tdk ada keraguan di dalamnya)

Unknown mengatakan...

Mari saling menghormati keyakinan orang lain, jangan saling mencela, kita akan mempertanggung jawabkan amalan kita masing2... kita harus bersatu sbgai sesama manusia, di tanah air satu, sebangsa dan setanah air, NKRI walau berbeda2 tetap satu jua...


"Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah,
Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah.
Untukmu agamamu, dan untukku agamaku."
(Sumber: kitab yg tdk ada keraguan di dalamnya)

Unknown mengatakan...

Tergantung kepercayaan masing masing, saya gak percaya Tuhan Jesus walaupun saya sekolah di sekolah Kristen, dan jangan kira Agama Kristen atau Khatolik yang paling benar. Situ aja kali yang lagi KERASUKAN memandang agama orang lain rendah, Contoh orang gak punya ajaran agama koyo ngono, heuh, Anonim... Anonim, kalo berdebat gini mending situ jadi Atheis aja..

Unknown mengatakan...

Bagi pemeluk dan pemercaya dewata ...kami berharap anda dapat mempelajari dunia Tuhan dan dunia dewa mana yg benar ...anda bisa baca pada kita orang pangestu yg namanya KITAB SASANGKAJATI dari situ di jelaskan sama sang Guru sejati siapa toh kaum dewa itu dan bagaimana kerajaannya dan tugas2nya .. tingkatan kuasa dan mengapa dia ada .. jadi kita belajar dari sang guru sejati..bukan hasil kreasi manusia biar kita gak salah . Namun sayangnya kitab itu tidak dijual bebas ...hanya ada di kelompok penghayat Paguyuban ngesti tunggal atau pangestu. Web nya pangestu.co.id mari kita belajar spy jiwa kita selamat sampai tujuan akhir

Unknown mengatakan...

Maaf ada tambahan postingan .. untuk yg berkeinginan kehidupan abadi saya hny memberitahukan seperti apa yg tertulis dalam kitab Sasangkajati ..bahwa kitab itu bukan untuk mendirikan agama baru karena sdh di turunkan 2 kitab agama besar kristen dan islam ...sedangkan kitab Sasangkajati itu berisi intisari kedua kitab itu ...kalau kita masih bingung menentukan ..isi kitab dan ajaran dari pangestu ini sdh cukup untuk membawa anda kembali ke rumah Allah ...itu kata isi kitab itu... amin

Unknown mengatakan...

Bagi yang punya agama saling menghargai kepercayaan orang kami percaya kenapa emang yang penting kan kami hargai kalian jadi tolong jangan mengomentari kepercayaan kami selagi kami tidak mengganggu kepercayaan kalian

Unknown mengatakan...

sedikit saya ingin menjawab komentar dr anonim,saya sangat berterima kasih kpd anda ,ada sebab juga ada akibat dan masalah kebakaran kelenteng sebenarnya itulah sebuah pertanda bagi org org yg telah berbuat salah dlm mengurus sebuah kelenteng sehingga akibatnya terjadi.jd saran saya anda berpikir terlebih dahulu baru komentar.hidup untuk agama sama agama untuk hidup itu beda.

Unknown mengatakan...

intinya perbuat baiklah amal dan kebajikkaa jgn mengatakan agama org lain tdk bagus,belum tentu anda punya bagus.

Unknown mengatakan...

intinya perbuat baiklah amal dan kebajikkaa jgn mengatakan agama org lain tdk bagus,belum tentu anda punya bagus.

Unknown mengatakan...

Bener banget.. Dasar manusianya aja itu mah agama cuman mengajarkan jln lurus saja kepada manusia sekarang banyak salah kapra semua......

Unknown mengatakan...

@anonim
Kalu lho orang kristen taatilah 10 printah Aĺlah lho baca benar2 dari 1 sampai 10 hayati baik dan lho introspeksi diri lho. Iman dan keyakinan berbeda beda bos.jangan mencela, apalagi menjelek jelekkan agama lain. Kalau belajar dari sejarah semua agama itu ada bro. Intinya bro jangan mengusik ke tentraman agama lain.gua bro orang manado. Gua agama katolik tapi gua belajar budaya minahasa sama cina dan gua belajar menjadi tang sin. Bro hati hati kalu berkata kata, semua orang bro baik adanya.

Unknown mengatakan...

Lho tau dari mana langit akan runtu emang langit punya lho

Unknown mengatakan...

Orang kristen bro berdoa dan bekerja bukan mencela dan menjelekkan

Unknown mengatakan...

Bro. Semua alkisah di dalam alkitab adalah cerita masa lalu yg memberikan kita pencerahan dan membuka pikiran kita.itu di tulis agar kita mengerti dan paham dan mengajarkan kita agar semuanya itu jgn terjadi di masa skrang.

Unknown mengatakan...

Bro. Semua alkisah di dalam alkitab adalah cerita masa lalu yg memberikan kita pencerahan dan membuka pikiran kita.itu di tulis agar kita mengerti dan paham dan mengajarkan kita agar semuanya itu jgn terjadi di masa skrang.

Unknown mengatakan...

Orang kristen bro berdoa dan bekerja bukan mencela dan menjelekkan

Unknown mengatakan...

Saya jadi ingin ketawa setelah membacanya

Emang ada yah jin atau iblis yg nyembuhin orang

Klo Manusia bisa berbuat ke baikan
Memang nya iblis atau jin gak blh buat baik y
Pikiran anda terlalu kotor
Secara tak sengaja kau sudah membeda" kan Kepercayaan orang lain

Jika yg di sembah adalah iblis dan jis suruh Orang" kepercayaan u aja untuk ngusirnya
Heran gue.....

Unknown mengatakan...

Saya jadi ingin ketawa setelah membacanya

Emang ada yah jin atau iblis yg nyembuhin orang

Klo Manusia bisa berbuat ke baikan
Memang nya iblis atau jin gak blh buat baik y
Pikiran anda terlalu kotor
Secara tak sengaja kau sudah membeda" kan Kepercayaan orang lain

Jika yg di sembah adalah iblis dan jis suruh Orang" kepercayaan u aja untuk ngusirnya
Heran gue.....

Unknown mengatakan...

Saya jadi ingin ketawa setelah membacanya

Emang ada yah jin atau iblis yg nyembuhin orang

Klo Manusia bisa berbuat ke baikan
Memang nya iblis atau jin gak blh buat baik y
Pikiran anda terlalu kotor
Secara tak sengaja kau sudah membeda" kan Kepercayaan orang lain

Jika yg di sembah adalah iblis dan jis suruh Orang" kepercayaan u aja untuk ngusirnya
Heran gue.....

Unknown mengatakan...

Saya jadi ingin ketawa setelah membacanya

Emang ada yah jin atau iblis yg nyembuhin orang

Klo Manusia bisa berbuat ke baikan
Memang nya iblis atau jin gak blh buat baik y
Pikiran anda terlalu kotor
Secara tak sengaja kau sudah membeda" kan Kepercayaan orang lain

Jika yg di sembah adalah iblis dan jis suruh Orang" kepercayaan u aja untuk ngusirnya
Heran gue.....

Unknown mengatakan...

Saya ingin sedikit bersaksi yg saya alami dlm hidup saya, maaf seblm melanjutkan, saya tdk bermaksud mengfitna tp saya cuma mencerita kisah hidup saya, ini kisah nyata tanpa rekayasa, semua agama sma aj, agama gx perna mengajarkan mengfitna. awalny saya beragama Kristen setiap minggu saya beribadah d gbi, tahun 2012 saya di Baptis,setengah thn saya Baptis saya di rasukin dewa, percaya APA tdk terserah, kl memang dia iblis knp wkt pendeta berdoa dia gx lari dr tubuh saya, yg ad malah tmbh kuat,awalny saya Kira iblis sampe saya tidur d rmh pendeta setiap saat Pak pendeta Slalu berdoa dlm Nama yesus tp gx ad gunany, sang dewa dtng sesuka hati, dlm sebutan Nama yesus dia tertawa sambil berkata: saya dewa bukan iblis, gx ad gunany kalian berdoa, saya hampir setiap hr jumpa yesus mu d nirvana situ, dan akhirny pendeta pun menyerah saya pun pulang mencari org yg lg tangsing, katany memang bnr ad dewa yg ingin memakai tubuh mu. :) Skrng sudah 4 thn berlalu saya pun sudah resmi menjadi seorg tangsing, walau saya perempuan tp wkt dewa dtng tetap bacok sana sini. Kesimpulan di sini: jngn mengfitna agama org lain, ajaran memang berbeda tp surga cuma 1.

Unknown mengatakan...

Saya ingin sedikit bersaksi yg saya alami dlm hidup saya, maaf seblm melanjutkan, saya tdk bermaksud mengfitna tp saya cuma mencerita kisah hidup saya, ini kisah nyata tanpa rekayasa, semua agama sma aj, agama gx perna mengajarkan mengfitna. awalny saya beragama Kristen setiap minggu saya beribadah d gbi, tahun 2012 saya di Baptis,setengah thn saya Baptis saya di rasukin dewa, percaya APA tdk terserah, kl memang dia iblis knp wkt pendeta berdoa dia gx lari dr tubuh saya, yg ad malah tmbh kuat,awalny saya Kira iblis sampe saya tidur d rmh pendeta setiap saat Pak pendeta Slalu berdoa dlm Nama yesus tp gx ad gunany, sang dewa dtng sesuka hati, dlm sebutan Nama yesus dia tertawa sambil berkata: saya dewa bukan iblis, gx ad gunany kalian berdoa, saya hampir setiap hr jumpa yesus mu d nirvana situ, dan akhirny pendeta pun menyerah saya pun pulang mencari org yg lg tangsing, katany memang bnr ad dewa yg ingin memakai tubuh mu. :) Skrng sudah 4 thn berlalu saya pun sudah resmi menjadi seorg tangsing, walau saya perempuan tp wkt dewa dtng tetap bacok sana sini. Kesimpulan di sini: jngn mengfitna agama org lain, ajaran memang berbeda tp surga cuma 1.

Unknown mengatakan...

Jgn saling menjatuhkan Agama.tidak ada Agama yg mengajarkan kesesatan. Jika ada yg menyebut agama INI Salah Dan Agama ini bener. Itu jg termasuk ajaran sesat ato ajaran jin. Sebagai umat yg bener bener memahami ajaran Agama.jgnlah saling menyalahkan.Agama Ga ada yg Salah.yg Salah hanya manusianya yg selalu berpikiran bener....

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

@anonim
Hidup hanya sekali janganlah engkau sibuk dengan hal tidak penting seperti ini buat lah kebaikan agar engkau selamat dari segala penderitan

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

@anonim
Anda punya kaca? Apakah yang anda yakin dengan kata yang anda lontarkan di sini? Apakah tuhan mu mengajarkan seperti itu? Untuk menghina agama org lain saya rasa tuhan mu pun malu jika dia melihat hambanya berperilaku sedemikian (melewati batas) tuhan jesus itu tidak pernah mengajarkan ajaran seperti itu jadi buanglah sifat jelek itu dan bwt lah kebaikan..

Anonim mengatakan...

jangan pernah mengaku beragama tertentu, jika perbuatanmu sendiri masih selalu merendahkan , melecehkan , mencaci maki , membenci , dan menyesatkan orang lain ,karena itu merupakan noda yang mengotori ajaran dan nama besar agama mu sendiri

Unknown mengatakan...

SADARLAHH..... ANDA TELAH DIRASUKI ROH IBLIS.... terlihat dari tulisan anda dan sikap dan cara anda memandang umat lainnya..... mungkin anda adalah SI ULAR sang penghasut...... waspada .... waspada lah....

Unknown mengatakan...

Mas bro yang lagi khotbah.... mohon bersihkan balok didepan matamu sebelum membersihkan debu di tubuh orang lain..... janganlah seperti cacing kepanasan.... ingat.... ajaran di agamamu.... dan jalankanlah tanpa hatus menyinggung dan menyakiti orang lain..... sadar mas bro...... yang jahat itu mata, hati, dan fikiran manusia.... bukan agama ataupun aliran kepercayaan.... jika belum faham... perdalam ilmu keagamaan mu..

Anonim mengatakan...

Cukuplah promo isi akibatnya..... Borong saja surga buat orang Kristen...

hebong mengatakan...

Ah kalian boleh bilang altar sembayang kami altar setan atau iblis, kami ga bilang Tuhan mu itu gimana2, toh nyatanya karma berlaku Tuhan kalian diolok2 sama agama lain juga kan?? Dan olok2annya lebih parah, itu namanya karma

hebong mengatakan...

Yesus itu nabi, sama halnya dengan dewa, sama2 berjenggot, bahkan kalian harus menghormati dan mengakui nabi muhammad karna beliau nabi terakhir, nyatanya kalian yg kristen terlalu menTuHankan manusia yg hanya nabi sehingga lupa kalau krn ke fanatikan kalian perang salib terjadi,saya konghucu saya menghormati dewa dewi,dan semua nabi, tanpa terkecuali dan saya tidak menTuhankan nabi2 dan dewa2 tsb, kalian bilang bukti yesus Tuhan krn dia bangkit, hey anak domba ketahuilah tanpa kuasa Tuhan yang maha esa maka dia tidak akan bangkit lagi, klo dia bisa mati apa Tuhan bisa mati lalu dikasih kekuatan lg buat bangkit?? Berarti Tuhanmu lemah,krn dpt kuasa dr Tuhan yg maha esa bukan berarti menjadikan dia Tuhan, sama seperti tangsin dapat kekuatan dewa bukan berarti menjadikan dia dewa..

Anonim mengatakan...

haizz msh percaya sm kemasukkan dewa...
dewa judi apa dewa mabog.

Unknown mengatakan...

Anonim.jgn mejelek2an agama org lain,bila menghargai orglain lain yg berbeda agama aja blm bisa,bagaimana bisa mempunyai cinta kasih??setiap penjual kecap selalu blg kecapnya nomer satu,kl mau fair coba blg sini coba dlu.smua agama mempunyai tujuan yg sama,walaupun mgkin jalan yg ditempuh berbeda2..jika org lain menempuh jalan lain blm tentu orglain tersesat.ibrat anda ingin ke pasar anda lwt barat,yg lwt timur,utara,selatan blm tentu ga smp tujuan.coba sekali2 coba baca kitab2 agama lain.jgn fanatik smp menggangp orglain pemuja iblis,cmn andalah yg plg benar didunia.

Unknown mengatakan...

Ga ad org percya dewa judi,atau dewa mabok.itu krn km kbykan ntn god of gambler choy yun fat,ma drunkent master jacky chan..smua itu krn otakmu yg suka melecehkan ajaran org lain..semua dewa dewi mengajarkan kebajikan.yg mnjd dewa dewi tlh menlakukn kbajikan yg sempurna akhirnya jd dewa dan dihormati umat.

Unknown mengatakan...

Anonim.jgn mejelek2an agama org lain,bila menghargai orglain lain yg berbeda agama aja blm bisa,bagaimana bisa mempunyai cinta kasih??setiap penjual kecap selalu blg kecapnya nomer satu,kl mau fair coba blg sini coba dlu.smua agama mempunyai tujuan yg sama,walaupun mgkin jalan yg ditempuh berbeda2..jika org lain menempuh jalan lain blm tentu orglain tersesat.ibrat anda ingin ke pasar anda lwt barat,yg lwt timur,utara,selatan blm tentu ga smp tujuan.coba sekali2 coba baca kitab2 agama lain.jgn fanatik smp menggangp orglain pemuja iblis,cmn andalah yg plg benar didunia.

Anonim mengatakan...

OMG..GUYS..JGN BERANTEM LA..AJARAN AGAMA BUKAN UTK SALING MENYERANG..MELAINKAN UTK MEMBIMBING KITA AGAR JALAN DI JALAN YANG BENAR LOH..INTINYA SALING MENGHORMATI DAN MENGHARGAI SAJA LOH..INGAT!! KITA INI SEMUA HANYA MANUSIA..PASTI MATI..JD GUNAKANLAH WAKTU SEBAIK MUNGKIN UTK BERBUAT BERKATA DAN BERPIKIR YANG BAIK LOH..SEMUA AJARAN / ALIRAN AGAMA DISEBUT BAIK JIKA MENGAJARKAN TENTANG KEBAIKAN LOH..KL YG MERUGIKAN ORANG JANGAN DIIKUTIN LOH..GAMPANG TOH..KEBANYAKAN YANG SALAH ITU MANUSIANYA..BUKAN AJARANNYA LOH..

Unknown mengatakan...

Ya anonim kita saling menghargai, menghormati. Tidak perlu bilang itu roh iblis itu dewa. Kita perbaiki perilaku sendiri baru bisa merubah sikap orang lain. Kalau perilaku belum bisa diperbaiki, apa demikian kamu membuat hal cerita roh iblis tsb bahkan agama sekalipun. Belajar mengucap minta maaf, belajar mengucap syukur, belajar dulu lahir tidak bawa apa2 matipun tidak bawa apa2 🙏. Terima kasih sorry jika saya ada salah buat nyinggung Anda sekalian. Selamat Siang.

POKER KIU mengatakan...

Kita sebagai manusia bebas memilih agamanya masing".
Mohon maaf sebelumnya, agama kami tidak pernah mengajarkan untuk menjelekan agama yang lain :)

kami percaya dengan dewa, roh kudus atau apapun itu.
tapi kami belajar dengan agama kami :)

Anonim mengatakan...

Sangat lucu saat agama lain mencoba mengkritik ritual ini. Saya seorang Katolik, namun saya langsung tertawa saat membaca komentar anonim-anonim yang berkomentar bahwa klenteng adalah rumah berhala, bla bla bla.....HAHAHAHA.

Halooowww saya seorang katolik dan beribadah di gereja.. disana ada patung patung salib, Yesus, Bunda Maria, Patung2 prosesi jalan Salib bla..bla....

Digereja protestan juga sama , ada salib dan beberapa ornamen.


trun berani2 bernainya anda menghujat dan mengatakan harus bertobat!!!

Kita sama-sama memiliki berhala saja sudah sombong!

Kalian sadar ngak sih kalau kita semua menyembah sesuatu yang abstrak? Beberapa di antaranya mencoba mendeskrisikan dengan segala keterbatasannya (mengenai sebuah kekuatan)

Terakhir...untuk saudara-saudara saya yang juga sama mengimani Yesus sebagai Juru Selamat, stop urus keyakinan orang! Beribadah saja dengan khusyuk, ngak perlu sok-sok menjadi 'Tuhan' dengan menyatakan ini sesat, itu sesat....

Kalian yang harus bertobat agar bisa menghargai keyakinan orang lain

Anonim mengatakan...

Saya mau bertanya, ada keluarga tionghoa mereka mempunyai banyak patung dewa yang disembah dari yang terbesar hingga terkecil ada 20an, dewa mereka dewa merah, latar belakang keluarganya biasa saja anak pertama perempuan sudah menikah bahkan mereka seperti tidak bahagia cewek ini wajahnya tak ada ramah dan nyaman dipandang seperti redup, adiknya cowok teman pacar saya pegang patung dewa katanya pacarku ini teman dia sebagai wakil dewa dan kakaknya dewa, temannya ini berlatar belakang pemabuk,narkoba dan suka main cewe gak benarlah dia fitnah saya ilmuin pacarku makanya dia suka samaku,padahal aku baru ketemu sama mereka imlek kemarin mereka menyambutku tidak ramah dan tidak ada bicara denganku,lalu pacarku dijebak datang sendiri kerumahnya malam jam 7 kakaknya imiditasi di kamar sampai dia kesurupan dewa lalu giliran pacarku dibaca, langsung dibuat pacarku hilang ingatan denganku lupain aku. apakah itu kesurupan dewa baik atau dewa jahat?

Anonim mengatakan...

Yang suka menghina agama lain itu sendiri lah yang kemasukan iblis. Iblia tidak senang lihat manusia berdoa atau rukun satu sama lain.kita hidup itu banyak agama mungkin lebih dari ratusan. Jadi manusia tolong saling menhargai. Kita hidup bukan hanya satu agama tapi banyak agama. Menghargai agama lain berarti juga menghargai agama anda sendiri :)

Unknown mengatakan...

Hahaha Ngakak tapi nyah tuhan ga seperti itu
TUHAN ITU ESA TUHAN SENANG KO KALAU MANUSIA BERDOA MINTA APA AJA BLH KAYA ANAK BYK TAPI JGN MINTA YG ANEH ANEH TUHAN MAHA SABAR GA AKAN ADA UMAT NYA KENEREKA TUHAN ITU MAHA KASIH

Unknown mengatakan...

semua agama itu sama broo.semua mengajarkan kebaikan.soal agama yang kita tau benar dan sesat kita tidak boleh menilai.itu adalah soal pribadi masing2 kepercayaan.
mao sesat apa ngaknya.itu bukanlah urusan kita.
asal kita di jalan yang benar.
kita tidak berbuat dosa mengatakan jelek agama orang lain.itulah pahala terbesar yang di berikan kepercyaan kita.
tidak ada agama yang mengajarkan orang berbuat jahat.
menghormati kepercayaan orang lain.percaya kita akan selalu di hormati orang di manapun kita berada.

Anonim mengatakan...

Aku pernah sakit kanker tulang.. Kata dokternya sih harus operasi, kalau tidak, gak akan pernah sembuh.. Pergi ke berbagai alternatif, seperti pengobatan herbal liar, ahli tukang mijat, sinsei ramuan tradisional, ga ada yg sembuh.. Sampai ketemu ustad kalau aku diguna guna sama teman sekampus.. Ya, ortu sih ga percaya ilmu hitam ya jadi ditinggalin..

Udah pasrah, sampai hampir pindah agama, tau2nya diajakin kenalan untuk memuja dewa dalam proses Tang Sin.. Aku dipaksa jadi anak angkatnya, dan harus mengabdi kepadanya selamanya, bahkan ketika aku menjadi roh.. Disana tulang aku diurut, dikasi peringatan jangan makan makanan tertentu.. Disamping itu saya makan obat dokter dan rajin rehab setiap hari.. Tahu2nya beberapa bulan pergi check up di RS, dokternya bilang udah sembuh total, it is miracle..

Intinya bersyukur aja sih.. Sebenarnya udah pasrah dan berniat bunuh diri beberapa kali, tapi dengan adanya Tang Sin, aku memperoleh kepercayaan untuk bertahan hidup.. Percaya atau tidak, itu memang fakta yg terjadi padaku..

Unknown mengatakan...

Hello anonim yang komentar tgl 17 Juni 2018...
Boleh email ke aku ga, info tangsin dewa apa dan dimana lokasinya ?? Karna aku mau berobat. Thanks. marle_shop@yahoo.co.id

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Hallow Boss Info Tentang Tang sin Menarik.
Aku Agama Buddha, Tetapi Aku Harap kalian Komentar yang Menghagai Sesama Agama,
1 Setiap Agama Mengajarkan Kebaikan Rendah Hati
Tetapi Ke Mana Kebaikan Rendah Hati Kalian ?

2 ke Mana Kebaikan Rendah Hati Yang Di Pelajari Semua Agama Termasuk Buddha?

3 Mana Kebaikan Rendah Hati Yang Tahan Banting Tahan Di Hina Di Caci Maki

Pada Dasar Nya Semua Manusia Gak Ada Sempurna Termasuk Aku Masih Tersesat.

Tetapi Untuk Kalian Semua Agama Yang Sudah jadi Orang Suci Atau Pendeta
Seharus Nya Kalian Bisa Berpikir Baik Rendah Hati Dan Positif Kalian Malah Ikut Bela Agama Sendiri, Memalukan

Tetapi Hal Di Per Malu Membuat Tekad Ku Untuk Tidak Menyerah, Aku Akan Bukti Kan Bahwa Agama Kepecayaan Ku Terbaik Bukan Dari Kata Tulis,Dan Bicara

Melalui Membantu Banyak Orang Sebisa Mungkin. Mereka Adalah Juri Adil Yang Menilai Kita,

Bantu Orang Yang Buruk Perbaiki Sifat Orang Nya Dengan Kasih Sayang Dan Perhatian Rasa Kahwatir Sebagai Teman Jangan Pikir Hal Tidak - Tidak , Cinta Sesama Jenis Kelamin OK.

Positif Dan Hati Baja Itu Menjadi Mu Orang Yang Bijak Bijaksana.
Di Hormat Dan Di Segani , Setara Dengan Orang Jenius..!

Unknown mengatakan...

Kalau anda percaya dengan ajaran sang buddha. Apakah sang buddha pernah mengajarka dewa dewa yang masuk ke dalam tubuh seseorag untuk menyembuhkan oran lain? Kalau anda percaya dgn sang buddha. Kenapa anda menyembah dewa lain bukan buddha ?

Jiahaoserver mengatakan...

Alangkah bagusnya kita meyakini agama yg kita anut dan jgn memaksakan kehendak.

Namanya jg keyakinan.

Dan kalau mau minta kesembuhan atau rejeki ato doa minta langsung sama Tuhan, yaitu melalui doa seperti membaca parita, bg muslim membaca ayat alquram, bgi kristen membaca alkitab.

Jgn kita berlindung atopun percayai manusia lainnya yg akan mencelakai kita kelak.

Langsung saJa minta sma Tuhan melalui doa.

Unknown mengatakan...

Yg koment pd ga ada otak anjing,namanya agama ya Masing2 aja kali anak haram

Posting Komentar

Analitic

Suasana angin Topan di surabaya november 2017

Suhu Malaysia yang gagal Panggil Shen

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;