道术(巫术)的用法分类有以下几种
ilmu Tousuk terdiri dari beberapa macam sbb :
  一般来说,道术(巫术)的用法分类有以下几种,分别是避邪、招魂、诅咒、祈求帮助和驱鬼。

Umumnya, Tousuk mempunyai methode beberapa macam, diantaranya untuk menghindari yang buruk(Pi-shie), mengundang roh(Caw-Hun), Santet(Tu-cou), meminta bantuan dan menguris setan.
  避邪:利用一定的物件或符号来使邪灵、恶鬼等不敢来犯。避邪物一般会装饰在建筑物、汽车或工具上。据说 这是「打鬼」的姿势,鬼看见就会害怕,不敢接近。

Pi-shie : memakai amulet/jimat atau HU untuk supaya Roh sesat dan setan jahat tidak berani mendekat. Jimat umumnya dipasang dadalm bangunan, mobil atau perkakas lainnya. menurut cerita jimat dapat mengancam setan getanyangan, sehingga saat setan melihat bisa takut dan tidak berani mendekati.
  招魂:用巫术把失落的三魂七魄招回来。招魂术不仅用于於人,也适用于动物和植物。以前小孩病了,古人往 往以为是部份灵魂失落,故拿着小孩的衣服去村外呼喊小孩的名字,为其招魂。有时也会为出走多年或客死异乡的 长辈招魂。

Cau-hun : Dukun dapat Mengundang roh gentayangan orang mati. mengundang roh tidak hanya berlaku bagi manusia, roh binatang atau roh pohon yang bisa dipanggil. Zaman dulu saat anak kecil sakit, orang kuna mengira sebagian roh anaknya tersesat diluar, sehingga memakai baju anak untuk memangil pulang roh anak di luar desa sambil memanggil nama anaknya. Kadang2 juga untuk memanggil orang tua yang mati diluar kampungnya atau tamu yang mati dikampung orang lain.

  诅咒:借助语言的魔力,达到加害对方的目的。最简单的形式是面对面的诅咒,例如诅咒别人不得好死、千刀 万剐和打小人等。

mantra Santet : Meminjam bahasa yang dipakai kaum JIn, untuk mencelakakan orang lain. cara paling sederhana adalah mengsantet berhadapan langsung, misalnya menympah orang lain mati tidak wajar, mati dibacok beribu golok atau me-mukul2 boneka orang2 kecil.

  祈求帮助:指人们以一定方式,祈求自然界力量或鬼神来帮助自己实现某种目的。如古代求雨,多拜龙王,如 拜祭不成时,便要施巫术,逼龙王下雨。如龙王游街,暴晒龙王,把井水掏干等等。

Meminta bantuan : Meruduk dengan cara tertentu, memohon kekuatan alam atau Dewa untuk membantu mencapai tujuan tertentu. dizaman dulu ada upacaya meminta hujan, menyembah naga, apabila upacara tidak "berhasil", maka akan melakukan Elmu Dukun untuk memaksa raja Naga untuk menurunkan hujan. seperti menggotong (cap co meh) keliling kota, mengeringkan sumur dll.


  驱鬼:是对鬼施行的一种攻击性道术(巫术)。在生产、建房、治病、丧葬中经常使用。这是民间巫师的最主 要的工作。例如以前巫师为病人治病时,会让病人坐在门口,头顶盖著一个竹簸箕,摸着病人的头大叫「把害人的 鬼抓住,快抓住他」,同时命助手持铁铲把火塘灰撒向病人头,利用灰把鬼赶走。

Menguris setan : adalah cara perdukunan untuk menyerang/mengusir Setan. saat bertani, mendirikan rumah, mengobati penyakit, saat mengubur jenasah sering makai cara ini dan merupakan tugas pkerjaan dari dukun Kepercayaan Tionghoa. Zaman dulu dukun saat mengobati orang sakit, bisa meminta pasien duduk di depan pintu, kepalanya titutupi keranjang, sambil mengusal kepala pasien sang dukun akan berteriak "tangkap setan yang mencelakakan, cepat tangkat setan", sementara itu asisten dukun memakai skop untuk menaburkan abu kekepala pasien, memakai kekuatan abu untuk mengusir setan penyakit,

  茅山道法实际流传法术种类:“五雷掌法”“解五雷掌法”“肚痛法”“解肚痛法”“罗汉仙法 ” “解邪术法”“止血仙法”“跌打梅山法”“紧箍咒”“隔山止血法”“勾魂法”“收神魄法”“华佗仙师法”“ 观音仙法”“黑扎法”“止痛消肿法”“千斤定” “咽喉骨鲠法”“止痛华佗仙法”

Ilmu pengobatan Maosan terdiri dari "pukulan 5 halilintar"" pukulan anti 5 halilintar""elmu sakit perut" etc