Kamis, 19 Juli 2012

Arti Lambang agama Tao & Asal muasal lambang TAICHI



Oleh: DR. I Djaja L Msc.
AGAMA TAO (道) menggunakan BA GUA THAI JI (八卦太极) sebagai lambang agamanya, dimana gambar THAI JI melambangkan matahari dan bulan, juga melambangkan Yin Yang, serta melambangkan posisi Atas dan Bawah, sedangkan BA GUA melambangkan segala sesuatu yang ada di alam semesta ini, juga melambangkan segala arah yang berarti 4 penjuru 8 arah.
AGAMA TAO (道) sangat menekankan ajaran teori YIN YANG, yang menunjukkan bahwa pada hakekatnya semua yang ada selalu hadir dalam bentuk berpasangan antara positif dan negatif; panas dan dingin; tinggi dan pendek; cantik dan jelek; pria dan wanita dan lain-lain secara seimbang dan alamiah.
THAI JI juga dipakai untuk melambangkan hakekat pengertian TAO (道), dimana YIN melambangkan kesan ‘TIADA’, lambang TIADA inilah yang menunjukkan sifat TAO (道) yang tidak berwujud; tidak bernama; maha besar sampai besarnya tidak terbatas, dan justru dengan lambang TIADA inilah mencerminkan bahwa TAO (道) bersifat Maha AGUNG dan Maha ESA.
Sedangkan YANG melambangkan kesan ‘ADA’, dimana dengan lambang ADA inilah menunjukkan fungsi dan karya dari TAO (道) yang merupakan awal dari segala yang ada di alam semesta ini, dengan demikian lambang ADA mencerminkan bahwa TAO (道) bersifat Maha Pencipta dan Maha Kuasa.
Hasil ciptaan TAO (道) dalam wujud ‘ADA’ inilah, yang akan mengisi segala ruang alam semesta dan dilambangkan dalam gambar BA GUA. Disamping itu dengan adanya porsi yang seimbang antara bagian YIN dan bagian YANG dalam gambar lambang THAI CHI, maka sekaligus mencerminkan bahwa TAO (道) bersifat Maha Adil.

Asal muasal lambang TAICHI




Ada yang mengatakan bahwa kata Taiji pertama muncul pada Buku Perubahan, I Ching, pada masa Dinasti Zhou. Tertulis: “Dimana ada Taiji, disana ada kedamaian dan harmoni antara positif dan negatif“.

Seperti kita ketahui bahwa orang Tionghoa biasanya menyebut dirinya sebagai anak-cucu dari YEN (Dewa Matahari) dan Kaisar Huang (Kaisar Kuning).  Ceritanya, pada permulaan terjadinya dunia ini, manusia2 selalu hidup dalam kesengsaraan karena diganggu terus oleh setan Chi You, terpaksalah Kaisar Huang turun membasmi Chi You. Ketika sedang panas2nya perang,  Chi You menggunakan sihirnya sehingga kabut tebal mengelilingi pasukan Kaisar Huang, sampai kehilangan arah…. Kaisar Huang lalu membuat ZHI NAN CHE (Kereta penunjuk arah) = Kompas pertama di dunia, sambil memimpin pasukannya untuk keluar dari kabut tebal musuh !
Singkat kata, Kaisar Huang berhasil membasmi Chi You, selanjutnya Kaisar Huang mulai mengajari manusia2 di bumi ini untuk membuat rumah, memasak beras jadi nasi, Isteri Kaisar Huang (Lei Zu) mengajari orang untuk memelihara ulat sutra dan memintal benang dari sutra untuk membuat baju dsb.   Lama2 mulailah terbentuk suatu peradaban yang semakin maju.   Suatu ketika Kaisar Huang sedang memberikan ceramah pada masyarakatnya, ada yang menanyakan soal asal usul Sang Kaisar ……..  Kaisar berpikir sejenak, lalu sambil tersenyum beliau menggambarkan dua ekor ikan yang saling berkejaran di dalam satu lingkaran, sambil berkata bahwa Beliau berasal dari sumber yang tidak bisa dicari awal dan akhirnya yaitu TAO !
Hal ini oleh Pengikutnya yang bertugas membuat kata2 Tionghoa (yaitu Cang Jie), dicatat sebagai betuk bulatan yang di tenga2nya ada garis meliuk seperti huruf “S” ditambahkan dengan  dua titik yang melambangkan “Dua Ikan” dan menunjukkan arti kata TAO !    Itulah asal mula lambang DAI CHI yang paling awal yang saya ketahui dari legenda sejarah awal terjadinya Bangsa Tionghoa !

0 komentar:

Poskan Komentar

Informasi

Video ini biasanya banyak dicari , saya bagikan untuk kawan kawan . Semoga Buddha Dharma semakin berkembang,Jika Tergerak untuk Donasi , Silahkan Di paypal saja.Om Mani Padme Hum.

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;