Jumat, 21 September 2012

Patung Budha Tidur [The Sleeping Buddha] di Trowulan MOJOKERTO










The Sleeping Buddha - Trowulan Mojokerto, Jawa Timur



Apakah anda pernah berwisata ke daerah Trowulan, Mojokerto? jika belum anda pastinya mengira gambar disamping berasal dari negara Thailand atau China ataupun Tibet. tp percaya atau tidak, patung raksasa dalam foto ini berada di Jawa Timur, tepatnya di

Trowulan Mojokerto. sebuah patung Budha tidur [the sleeping Buddha] berukuran raksasa.. patung Budha tidur ini terletak di Maha Vihara Majapahit, desa Bejijong, Trowulan - Mojokerto. Maha Vihara Majapahit memang difungsikan sebagai tempat ibadah umat Buddha, tapi meskipun demikian tidak ada larangan untuk pengunjung yang beragama lain.. Maha Vihara Majapahit terbuka bagi semua pengunjung yang ingin menikmati keindahan patung Budha tidur, tapi dengan syarat tidak boleh berisik.. memang para biksu dan biksuni diMaha Vihara Majapahit sangat menghargai ketenangan.












miniatur candi Borobudur



Patung ini didirikan sekitar tahun 1993 oleh YM Viryanadi Maha Tera. sedangkan Maha Vihara Majapahit sendiri sudah berdiri sejak Desember 1989. patung Budha tidur dengan panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4.5 meter ini di buat dari beton dan di pahat oleh pengerajin patung asal Trowulan. di sekeliling bawah patung juga terdapat ukiran-ukiran yang menceritakan kisah Buddha. selain itu, pengunjung juga akan menemui sebuah miniatur Borobudur serta berbagai relief indah di belakang bangunan utama










beberapa patung Budha di Maha Vihara Majapahit

untuk menuju ke Maha Vihara Majapahit, jika menggunakan angkutan umum bisa dengan naik minibus dan turun di Balai Perlindungan Benda Purbakala Trowulan. dari situ lalu berjalan kaki menuju Maha Vihara Majapahit. tempat ini juga dekat dengan berbagai situs peninggalan kerajaan Majapahit seperti Candi Brahu, Kolam Segaran, Candi Tikus, Candi Bajang Ratu, Museum Majapahit [Pusat Informasi Majapahit], dll.. jadi jika anda berwisata ke Trowulan, selain bisa menikmati keanggunan patung Budha tidur [The Sleeping Buddha] raksasa anda juga bisa melakukan wisata sejarah dengan menelusuri jejak peninggalan kerajaan Majapahit.

oh ya, beberapa sumber mengatakan bahwa The Sleeping Buddha [patung Budha tidur] di Trowulan merupakan patung Budha tidur terbesar ketiga di Asia. The Sleeping Buddha juga bisa di temui di Thailand, Jepang, Nepal, dan beberapa negara di Asia lainnya.. so, jika anda berwisata ke daerah Jawa Timur sempatkanlah mengunjungi patung Budha tidur ini, tidak ada biaya tiket masuk Maha Vihara Majapahit alias Gratis.. tapi pengunjung di haruskan untuk menjaga ketenangan alias ga boleh berisik. :)












ini sleeping Budhanya..................





ini She Mien Fonya .........................................





0 komentar:

Poskan Komentar

 
;