Senin, 03 September 2012

Klenteng Kwan Sing Bio - Tuban


Jangan pernah mengaku pernah ke Tuban jika belum pernah menginjakkan kaki ke klenteng yang dikatakan sebagai klenteng terbesar di Asia Tenggara ini, dan di seluruh dunia merupakan satu-satunya klenteng yang langsung menghadap laut, yang konon berarti menunjukkan betapa klenteng ini memiliki kekuatan yang dahsyat. :) Keunikan lain adalah di atas pintu gerbang masuk, kita akan melihat patung kepiting, dan bukannya ular naga, seperti di klenteng-klenteng lain. Sangat menarik!

Klenteng Kwan Sing Bio terletak di Jalan R. E. Martadinata, yang tentu dilewati oleh siapan pun yang sedang dalam perjalanan dari Semarang ke Surabaya melalui jalur pantura. Maka tak heran mereka yang lewat Tuban dengan menaiki kendaraan sendiri mengaku tak kan kuasa untuk tidak mampir ke sini. Bahkan mungkin dari jauh mereka sudah ancang-ancang untuk menjadikan klenteng Kwan Sing Bio sebagai rest area untuk meluruskan badan sekaligus mengisi perut. Di seberang jalan klenteng, terhampar berbagai macam gerobag yang berjualan bermacam-macam makanan. Bahkan pada siang hari klenteng pun menyediakan makan gratis bagi para pengunjung. Selain itu, klenteng pun menyediakan tempat menginap gratis.So, what are you waiting for?

Tak jauh dari klenteng ke arah Timur, kita akan sampai di alun-alun yang pada pagi hari Sabtu dan Minggu akan banyak juga para pedagang makanan. :)

Berikut adalah foto-foto yang dijepret Ranz ketika kita mampir pada hari Jumat 24 Agustus 2012. :)

C-net 20.18 290812

'jembatan' di atas kolam

di salah satu pintu :)


di halaman dalam 

di halaman dalam

di pintu gerbang depan, dengan kepiting di atas gerbang, di bagian dalam, baru ada ular naga

salah satu hiasan di dinding

masuk ke kawasan stand yang berjualan pernak-pernik merchandise


dekorasi 3D Borobudur di salah satu dinding

rumah makan


bagunan di bagian belakang, bisa untuk gedung pertemuan



 Ornamen Tanpa Warna Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban - Jawa Timur memang sangat indah dengan bangunannya yang Artistik.
Di kelenteng ini banyak terdapat Ornamen dan hiasan dalam  berbagai bentuk dan Warna yang sangat menarik dan artistik.


Ornamen-ornamen itu dikerjakan oleh seniman pembuatnya dengan begitu cermat dan teliti sehingga tampak begitu ekspresif plus berbagai detailnya.
Diantaranya banyak ornamen di Kelenteng Kwan Sing Bio yang penuh warna itu, ternyata ada beberapa ornamen yang tampil polos dan tanpa warna.

 Harimau Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Kelenteng Kwan Sing Bio Tuban memang beda dengan Kelenteng lainnya.  Ada banyak hal yang Unik dan Istimewa di kelenteng yang berada di  menghadap Laut Jawa ini.
Selain karena bentuk dan ciri Khas bangunannya, juga karena di kelenteng ini terdapat seekor Harimau.

Harimau sepanjang sekitar 2 meter dan berbulu putih itu berada di Ruangan Altar Tri Nabi yang terletak di sebelah barat bangunan utama kelenteng Kwan Sing Bio.

Sayang, harimau sumbangan dari salah satu umat kelenteng Kwan Sing Bio  itu sudah tidak bisa bergerak lagi karena merupakan binatang yang sudah diawetkan dan disimpan dalam etalase kaca. Posisinya berada di tepat di sisi kanan  belakang Pintu masuk ruangan Altar Tiga Nabi yang berbentuk ruangan.
Ruangan Altar Tri  Nabi berukuran sekitar 5 x 10 meter dengan Dinding luar berwarna Merah dengan  Motif seperti  motif pada teka-teki silang. Pada dinding luarnya terdapat ornamen bergambar Naga.

0 komentar:

Poskan Komentar

Informasi

Video ini biasanya banyak dicari , saya bagikan untuk kawan kawan . Semoga Buddha Dharma semakin berkembang,Jika Tergerak untuk Donasi , Silahkan Di paypal saja.Om Mani Padme Hum.

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;