Sabtu, 05 Mei 2012

asal mula perayaan upacara ulambana/ mong shan versi mahayana


pada dahulu kala disebauh suku hiduplah seorang istri kepala suku yg bernama mogali. mogali ini senang sekali memakan telur ikan yg sudah memiliki benih kehidupan dengan banyak, ketika mogali meninggal ia dilahirkan di alam neraka tepatnya di alam setan kelaparan. di alam ini mogali sangat tersiksa tidak dapat makan sehinnga anaknya mogali yg bernama monggalana menggunakan kekuatan batinnya utk ke neraka dan monngalana mengambil patahnya dan menyimpan di dalam jubahnya untuk memberikan ibunya makan. akan tetapi, setelah ibunya membuka mulut dan memakannyya lidah ibu monggalana langsung keluar api dan membakar makanan tersebut. setelah itu, monggalan pergi mencari buddha dan bertanya kepada buddha. ” bagaimana caranya agar saya dapat menolong ibu saya keluar dari alam setan kelaparan itu? “. sang buddha berkata ” tidak ada yang bisa menolong ibu kamu kecuali kamu sendiri dan karma baikmu “. monggalan bertanya kembali ” caranya dengan apa supaya saya bisa menolong ibu saya ? ” sang buddha kembali berkata ” kamu pergi berdana kepada semua bhikkhu “. keesokan harinya monggalana melakukan apa yg dikatakan oleh sang buddha. kemudian monggalana menggunakan kekuatan batinnya kembali untuk ke neraka dan setelah monggalana ke neraka ia melihat neraka kosong semua, tidak ada lagi setan kelaparan di neraka. monggalana pun pergi menemui sang buddha dan bertanya ” kemana ibu saya? ” sang buddha berkata ibu kamu sudah bertumimbal lahir di alam yang berbahagia. terus kenapa semua setan kelaparan tidak aa satupun di neraka? sang buddha kembali berkata karma baik yg kamu perbuat itu bukan hanya menolong ibu kamu melainkan juga ikut menolong setan kelaparan lainnya. setelah itu, buddha avalokithesvhara atau kwan im melihat perbuatan monggalana, dan dewi kwan im pun pergi bertanya kepada sang buddha. buddha apakah kamu bisa menolong orang orang yg berada di alam neraka?. buddha berkata saya sendiri juga tidak bisa membantu setan setan yg ada di neraka. dewi kwan im kemudian berpikir kenapa monggalana dapat melakukan karma baik yg begitu besar? kemudian dewi kwan im berubah menjadi raja setan neraka dan menakuti ananda dalam mimpinya. kemudian ananda pergi mencari sang buddha dan bertanya kenapa raja setan neraka itu terus menakuti saya dalam mimpi saya? buddha berkata ada satu cara atau mantra agar setan setan itu tidak lagi mengganggu kamu. ananda berbalik bertanya apa itu buddha?. sang buddha mengajarkannya,adakan persembahan dana besar maka setan setan itu tidak akan mengganggu kamu lagi. keeseokan paginya ananda melakukan itu dan sampai sekarang acara ulambana ini / mong shan ini tetap di lakukan oleh umat buddha mahayana.

kenapa di beri nama mong shan?
karena mong shan itu dulu adalah pegunungan perbatasan antara cina dan tibet. konon katanya banyak orang yg tidak dapat kembali dari sana setelah pergi ke gunung mong shan. setelah mitos ini sampai ke daerah china. mitos ini berkembang dan akhirnya hingga sekarang mitos ini tetap ada dan orang orang sering mengatakan waktu chit gwek pua anak anak tidak boleh keluar di karenakan setan akan menculik mereka karena pintu neraka telah terbuka lebar dan setan setan berjalan dijalan. sebenarnya orang yg beranggapan ini benar. maka saya mengatakan salah. karena setan setan di neraka ini bukan berjalan di jalan atau apapun, mereka semua telah bertumimbal lahir ke alam yg berbahagia.

jadi setelah anda mengetahui hal ini, tolong di sebarkan kepada orang orang yg masih beranggapan  pengertian yg salah ttg chit gwek pua ini. terima kasih. apabila terdapat kesalahan kata atau apapun mohon di maklumin.
terima kasih.

0 komentar:

Poskan Komentar

Informasi

Video ini biasanya banyak dicari , saya bagikan untuk kawan kawan . Semoga Buddha Dharma semakin berkembang,Jika Tergerak untuk Donasi , Silahkan Di paypal saja.Om Mani Padme Hum.

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;