Sabtu, 12 Mei 2012

Tiga Mustika Feng Shui

Tiga Mustika Feng Shui


Dalam sistim pengobatan tradisionil Tionghoa, dikenal apa yang disebut sebagai “San Bao” atau “tiga mustika”, yaitu: jing (ginjal), qi (paru-paru) dan shen (otak). Jing, qi dan shen ini merupakan faktor penting yang sangat berharga karena menentukan tingkat kesehatan seseorang.

Begitu pula dalam feng shui terdapat “tiga mustika” atau “san bao.” Yang menjadi “tiga mustika” feng shui ialah faktor “thian/tien (langit), di /ti(bumi) dan ren/ jen (manusia).” Ketiga faktor tersebut merupakan dasar-dasar yang sangat menentukan dalam kehidupan kita.
Diantara ketiga faktor tadi, mana yang paling dominan dan penting? Jawabnya tidak ada. Tiga-tiganya sama penting dan dominan karena saling berkaitan dan mempengaruhi.

Thian / tien(langit):

Faktor thian merupakan semua hal yang diluar kontrol kita, sesuatu yang tidak mungkin kita rubah. Kita tidak dapat memilih untuk dilahirkan sebagai pria atau wanita. Begitu juga kita tidak bisa memilih untuk dilahirkan di keluarga bangsawan atau sebagai rakyat jelata. Tidak mampu memilih terlahir di keluarga yang kaya raya atau keluarga rata-rata atau keluarga miskin. Mustahil juga untuk memilih dilahirkan sebagai etnis apa dan atau di negara mana.

Waktu kita dilahirkan juga termasuk dalam faktor thian, karena waktu kelahiran juga menentukan bagaimana perjalanan hidup yang akan kita alami. Teknik dan cara menganalisa perjalanan hidup berdasarkan saat kelahiran (jam, tanggal, bulan dan tahun) disebut pat che / ba zi / four pillars.

Faktor ini kerapkali disebut sebagai suratan nasib, suratan takdir, dan istilah lainnya. Apapun istilahnya, faktor thian ini mencakup segala hal yang tidak bisa kita rubah. Faktor pertama ini mengontrol, mengatur 1/3 (sepertiga) jalan kehidupan kita.

Di / ti(bumi):

Faktor kedua yang tidak kalah penting dikenal sebagai faktor di atau bumi. Jika faktor thian (langit) tidak dapat kita atur, maka faktor di (bumi) masih bisa kita rubah. Faktor di ini adalah yang kita kenal sebagai feng shui.

Faktor di (bumi) ini tidak kalah pentingnya karena juga mengatur atau mengontrol 1/3 (sepertiga) jalan kehidupan kita.

Kita dapat menentukan jenis rumah, lokasi dimana kita bermukim. Berdomisili di kawasan yang kumuh dan semerawut akan mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Tinggal di daerah yang tingkat kriminalitasnya tinggi sudah pasti akan memperbesar kemungkinan jadi korban kejahatan.

Dua orang bayi dilahirkan pada saat yang sama. Bayi pertama dibesarkan di negara yang sudah maju sementara bayi kedua dibesarkan di negara yang terbelakang. Sudah pasti perjalanan nasib keduanya akan beda. Tingkat kesehatan, pendidikan, kesempatan, kesejahteraan dan pola hidup bayi pertama sudah pasti akan lebih baik.

Kita dapat memilih dan mengatur untuk tinggal di rumah dengan feng shui yang baik atau tidak, dapat memilih dan mengatur bagaimana kondisi feng shui tempat kerja atau usaha kita. Memang faktor di bukan satu-satunya faktor yang dominan dan menentukan kehidupan. Tetapi, dengan menerapkan prinsip feng shui secara benar dan tepat, kita sudah “menang” 1/3 (sepertiga) dari seluruh faktor-faktor yang mempengaruhi hidup.

Awalnya kita yang memilih dan menentukan dimana kita tinggal, selanjutnya tempat dimana kita tinggallah yang akan mempengaruhi dan menentukan bagaimana kualitas kehidupan kita.

Ren / jen(manusia):

Faktor terakhir, yang juga tidak kalah penting, ialah faktor ren atau manusia. Faktor ini disebut sebagai faktor manusia karena memang merupakan semua yang menyangkut usaha dan hal yang kita lakukan sebagai manusia.

Untuk berprestasi dalam studi, kita harus tekun dan rajin belajar. Uang tidak akan “jatuh dari langit” tanpa kita bekerja dan mencari. Tubuh dan kesehatan yang prima mustahil diperoleh dengan pola hidup dan pola makan yang buruk.
Agar mempunyai jaringan persahabatan yang luas, kita tentunya harus ramah, supel dan terbuka. Ingin agar dihormati orang, kita juga perlu bersikap sopan dan menghormati orang lain.

Intinya semua sikap, perilaku, tindakan, usaha kita sebagai manusia untuk memperbaiki dan memajukan kehidupan masuk dalam faktor ini. Termasuk pula apa dan bagaimana usaha kita untuk memperbaiki serta meningkatkan feng shui rumah dan atau kantor kita.
Faktor ren (manusia) ini juga menentukan dan menguasai 1/3 (sepertiga) jalan kehidupan kita.

Jelas sudah, ketiga faktor alias “tiga mustika” dalam kehidupan sama vital dan sama menentukan. Dengan usaha yang ulet, serius dan maksimal serta dengan dibantu feng shui yang baik, dapat dipastikan kita sudah "menang" 2/3 (dua pertiga) dalam menjalani hidup.

0 komentar:

Poskan Komentar

Informasi

Video ini biasanya banyak dicari , saya bagikan untuk kawan kawan . Semoga Buddha Dharma semakin berkembang,Jika Tergerak untuk Donasi , Silahkan Di paypal saja.Om Mani Padme Hum.

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;