Selasa, 22 Mei 2012

Urutan Abhiseka

Urutan Abhiseka

(Intisari Ceramah Dharmaraja Liansheng di Vihara Nansheng - Taiwan)

Sembah sujud pada Bhiksu Liaoming, Guru Sakya Zhengkong, Gyalwa Karmapa XVI, Guru Thubten Dhargye! Sembah sujud pada Triratna Mandala! Gurudhara, Para Acarya, Dharmacarya, Lama, Pandita Dharmaduta, Pandita Lokapalasraya, ketua vihara, para umat se-Dharma, dan seluruh pengurus Vihara Nansheng, Ji-yong Chen, Nyonya Chen, selamat siang semuanya!

Saya ingat saat saya di Seattle, Ji-yong Chen dan istrinya sering ke Seattle, mereka juga membuat rompi naga untuk dipersembahkan, rompi naga yang mereka buat sangat bagus. Saya tidak terpikir kepulangan kali ini, mereka juga ikut saya pulang. Ji-yong Chen adalah umat yang sangat baik, istrinya juga. Datang ke Toufen, tentu harus ke sini, dalam kesempatan yang lalu duduk di tempat ini, sempat mengatakan bahwa cuaca sangat panas, semua yang dengar ada di luar, semua orang lelah! (Mahaguru lelah!)

Kemarin di Fayin Leizang Si sempat menceritakan bagaimana abhiseka, di sini, karena tadi Sdr. Chen memohon saya memberikan sebuah abhiseka kebijaksanaan kepada Anda semua, sekarang saya menerangkan urutan abhiseka supaya Anda mengerti.

Abhiseka Tantra pada umumnya, untuk dasar, meliputi abhiseka sarana, karena saat itu Anda masih orang biasa, kita harus melatih diri dari orang awam hingga mencapai tingkat orang suci, inilah kata suci dari nama Vihara Nansheng. Orang suci versi duniawi beda dengan orang suci versi Buddha Bodhisattva. Orang suci versi Buddha meliputi Sravaka, Arahat, Pratyeka, Bodhisattva, Buddha, ini baru orang suci yang melampaui manusia dan dewa. Dunia masa kini jarang sekali ada orang suci, kecuali Buddha dan Bodhisattva yang terlahir lagi di dunia ini, umumnya adalah orang awam.

Tantra mengajari kita dari tingkat orang awam terus melatih diri hingga tingkat orang suci, pertama-tama memastikan Anda adalah orang suci, kemudian mengajari Anda melatih diri. Yang namanya Mahamudra Tantra, apa yang dimaksud Mahamudra? Yaitu Anda melatih diri dari orang awam hingga mencapai kebuddhaan, menjadi orang suci, inilah Mahamudra.

Abhiseka Tantra ada urutannya. Banyak kejadian unik seputar umat Zhenfo Zong yang memohon abhiseka, ada orang mengirim 100 dolar Amerika, ia minta abhiseka untuk 100 yidam, 1 dolar untuk 1 yidam. Sebenarnya, abhiseka Tantra yang sejati, saya telah jelaskan di Fayin Leizang Si, sangat rumit, untuk melakukan 1 kali abhiseka, harus menghabiskan banyak modal, bukan berarti 1 dolar Amerika boleh mendapatkan 1 abhiseka, bukan seperti itu.

Abhiseka tidak boleh sesuka hati, dulu ada seorang bernama Drogmi Lotsawa, di dalam Lam-drey tertulis Drogmi Lotsawa. Ia memberikan 1 abhiseka kepada orang lain, paling tidak harus 2 ekor sapi, beberapa ekor kuda. Di Tibet sana, mereka tidak punya uang, pokoknya Anda berikan saya 5 ekor sapi, saya berikan Anda 1 abhiseka; atau beberapa ekor kuda untuk 1 abhiseka; atau satu lahan sawah untuk 1 abhiseka, demikianlah.



Sekarang, abhiseka kita kelihatan lebih praktis, praktis menjadi asal-asalan. Ada orang memberikan uang recehan 5 NT untuk 1 abhiseka?! Sekarang 5 NT juga tidak bisa beli semangkuk mie Yangchun, saya tidak bisa kenyang hanya dengan memberikan 1 macam abhiseka pada orang lain! Saat itu, abhiseka memang lebih sulit. Urutan abhiseka adalah setingkat demi setingkat, untuk tingkat dasar adalah abhiseka biasa, setelah berguru, maka harus melakukan abhiseka sarana. Zhenfo Zong kita adalah abhiseka sarana dan abhiseka Caturprayoga, tadinya Abhiseka Caturprayoga itu satu abhiseka untuk prayoga pertama, satu abhiseka untuk prayoga kedua, satu abhiseka untuk prayoga ketiga, satu abhiseka untuk prayoga keempat.

Setiap abhiseka mengajarkan kita dasar-dasar bersadhana, setelah Anda bersadhana hingga mengalami kontak batin, baru melakukan abhiseka tingkat 2. Yang tergolong Kye-rim, antara lain: Abhiseka Sarana, abhiseka Caturprayoga, Abhiseka Guruyoga, dan Abhiseka Yidam (Sadhana Buddha, Bodhisattva, Para Dewa, dan Dakini) tergolong abhiseka tingkat paling dasar.

Alat Dharma yang terpenting dalam abhiseka adalah menggunakan botol abhiseka, acarya yang mengabhiseka harus mengangkatnya dan menjunjung di atas kepala, visualisasi yidam prajna yang mau Anda abhiseka masuk ke dalam botol abhiseka, pori-pori-Nya terbuka, mengalirkan seluruh amrta di dalam botol abhiseka, air biasa untuk abhiseka ini pun berubah menjadi air abhiseka, kemudian Anda memberikan abhiseka kepada umat lewat air ini. Abhiseka botol ini adalah abhiseka tingkat paling dasar.

Abhiseka tingkat 2 adalah abhiseka Dzog-rim tingkat paling dasar, yaitu abhiseka pernapasan botol. Abhiseka Prana, Abhiseka Nadi, Abhiseka Bindu, termasuk Abhiseka Anasrava, Abhiseka Api Tummo, dan Abhiseka Sadhana Bindu, semua tergolong abhiseka Dzog-rim. Abhiseka semacam ini butuh bunga merah dan bunga putih untuk melakukan abhiseka, bunga putih melambangkan Bodhi Putih, bunga merah melambangkan Bodhi Merah, bunga putih dan bunga merah dimakan. Dari tingkatannya, ini adalah abhiseka tingkat 2.

Dulu, sebagian besar abhiseka adalah abhiseka tingkat dasar, abhiseka tingkat 2 adalah abhiseka bunga merah dan bunga putih digabung dan dimakan, abhiseka Bodhi Putih dan Bodhi Merah, ini adalah abhiseka untuk melatih pernapasan botol, api tummo, dan sadhana bindu.

Abhiseka tingkat 3 meliputi Abhiseka Kebijaksanaan. Jangan dicampur aduk, bukan seperti yang dikatakan Ji-yong Chen, memberikan kalian pemberkatan kebijaksanaan; abhiseka tingkat 3 disebut Abhiseka Kebijaksanaan, juga boleh disebut Abhiseka Mudra. Abhiseka tingkat 3 tergolong Abhiseka Anuttara Tantra, Abhiseka Anuttara Tantra adalah abhiseka yang mengajarkan kita single dan yabyum, Anuttara Tantra single dan Anuttara Tantra yabyum, Abhiseka Kebijaksanaan yang tergolong tingkatan ini disebut abhiseka tingkat 3.

Abhiseka tingkat 3 menyentuh dengan mopit, sadhaka wanita menyentuh yidam pria, sadhaka pria menyentuh yidam wanita, itu adalah abhiseka sentuhan, Abhiseka Anuttara Tantra. Abhiseka Sadhana Single dan Sadhana Yabyum itu beda, merupakan abhiseka tingkat 3. Ini tergolong Anuttara Tantra. Tantra itu sendiri terdiri dari Kriya Tantra, Carya Tantra, Yoga Tantra, dan Anuttara Tantra, abhiseka sentuhan ini boleh dikatakan adalah gabungan dari Yoga Tantra dan Anuttara Tantra, abhiseka tingkat tertinggi adalah abhiseka Dzogchen, dengan kata lain, Anda telah melatih diri hingga tingkat tertinggi, sebenarnya tingkat tertinggi sudah merupakan sadhaka tingkat tinggi, orang yang luar biasa.

Apa yang dimaksud orang yang luar biasa, ia telah mencapai pencerahan, telah mengetahui sunyata, ia telah membuktikan Sadhana Anasrava, telah membuktikan dirinya itu tidak tiris. Sadhaka pria tidak boleh tiris Bodhi Putih, sadhaka wanita tidak boleh tiris Bodhi Merah, ini sudah disebut mencapai anasrava, anasrava dan membuktikan Sunyata, saat itu baru boleh abhiseka ketiga, boleh melatih api tummo, boleh melatih Sadhana Bindu, demikianlah.

Abhiseka tingkat 4 adalah Abhiseka Dzogchen. Abhiseka Dzogchen adalah tingkat tertinggi, sama halnya membuktikan Anda sangat kuat, membuktikan Anda mahatinggi, di atas mahatinggi, Abhiseka Dzogchen. Abhiseka ini tidak terikat pada formalitas, karena ia sama dengan abhiseka tak berwujud, yakni abhiseka tertinggi dalam ajaran Tantra, disebut Abhiseka Dzogchen.

Sebenarnya umat Zhenfo Zong kita, yang pernah menerima abhiseka kedua juga ada, yang pernah menerima abhiseka ketiga juga ada, namun tidak banyak. Abhiseka kedua sudah tidak banyak, abhiseka ketiga juga tidak banyak, yang lain yang belum menerima abhiseka kedua pun ingin melatih api tummo, memohon abhiseka api tummo, ini termasuk asal abhiseka.

Abhiseka botol, abhiseka bunga merah putih, abhiseka sentuhan, hingga abhiseka Dzogchen, inilah urutan abhiseka, kalau tidak dijelaskan, kalian tidak tahu. Jadi, asal memohon dan asal memberikan, berubah menjadi asal abhiseka.

Sekarang, saya jelaskan urutan abhiseka pada Anda semua, Anda mesti abhiseka satu per satu. Pertama-tama, Kye-rim, tadi di Yaochi Jingshe telah dikatakan, yaitu harus kontak yoga, Anda tidak kontak yoga, Anda menekuni abhiseka kedua, menghabiskan banyak tenaga tapi hasilnya kecil. Jika Anda telah kontak yoga dalam Kye-rim, Anda menekuni di atas abhiseka kedua, maka menghabiskan sedikit tenaga tapi hasilnya besar, beda. Karena ada yidam yang memberkati Anda, ada Dharmapala yang memberkati Anda, ada guru yang memberkati Anda, Anda telah kontak yoga dengan guru, maka ada guru yang memberkati.

Oleh karena itu, ada sebagian acarya meninggalkan Zhenfo Zong setelah menjadi acarya, ini artinya ia sendiri belum kontak yoga dengan guru. Karena guru pun tidak meninggalkan Zhenfo Zong, Anda justru meninggalkan Zhenfo Zong, Anda tidak kontak yoga dengan guru. Jika Anda telah kontak yoga dengan guru, Anda pun akan ikut langkah guru Anda, gampang sekali! Betul tidak? Guruyoga adalah yoga yang paling dasar, setelah Caturprayoga adalah Guruyoga, kemudian Yidamyoga. Sadhana Yoga ini, asalkan Anda telah kontak yoga, apapun gampang. Tanpa kontak yoga, keyakinan (Dao) Anda akan luntur, karena Anda belum mencapai Dao, maka tidak ada Dao yang bisa luntur. Jika Anda sudah mencapai Dao, mungkinkah luntur?! Justru karena Anda belum mencapai Dao!

Ketika Anda memohon Sadhana Vajra, saya memang boleh berikan Anda Abhiseka Sadhana Vajra, Kalachakra, namun, itu juga dalam lingkup abhiseka yoga atau abhiseka botol. Abhiseka kedua yang sebenarnya adalah makan Bodhi Merah dan Bodhi Putih, itulah abhiseka kedua; abhiseka ketiga yang sebenarnya adalah abhiseka sentuhan, menyentuh dengan mopit; Abhiseka Dzogchen yang sebenarnya adalah tidak berwujud, tidak berbentuk. Jadi, paling baik kita setelah abhiseka botol, lebih dulu menekuni sadhana yoga, lebih dulu kontak yoga dalam sadhana yoga, kemudian baru bicara Anuttara Tantra.

Banyak orang baru bersarana saja sudah mulai berlatih Anuttara Tantra. Amitabha! Itu selisih jauh, itu di atas abhiseka ketiga, setelah menjadi bhiksu/ni tingkat tertinggi atau upasaka/sika tingkat tertinggi yang telah membuktikan sunyata, membuktikan anasrava, saat itu baru menekuni abhiseka ketiga Anuttara Tantra.

Abhiseka ketiga Anuttara Tantra ada sadhana single, juga ada sadhana yabyum. Ada sebuah cerita lucu, semua orang tahu Ji Xiaofeng adalah seorang pejabat pada Dinasti Qing, Ji Xiaofeng mau bertemu kaisar, ada seorang kasim teragung tahu bahwa kebijaksanaan Ji Xiaofeng sangat tinggi, lantas berkata, "Anda harus cerita dulu sebuah kisah padaku, saya baru biarkan Anda masuk." Kadang-kadang, walaupun jabatan Anda sangat tinggi, namun bertemu kasim tetap harus sopan, Anda baru akan dituntun masuk dan tidak akan dijelek-jelekkan di hadapan kaisar. Kekuasaan kasim sangat besar, karena ia dekat dengan kaisar! Ji Xiaofeng tidak bisa berbuat apa-apa, lalu bercerita sebuah cerita lucu, "Dulu sekali ada seorang kasim.....", ia berhenti, kasim di sampingnya berkata, "Mengapa tidak diteruskan, bagaimana kelanjutannya?" Ji Xiaofeng pun berkata, "Tidak ada kelanjutannya lagi." Kasim tidak bisa berbuat apa-apa, lalu membiarkannya masuk.

Dalam abhiseka ketiga, jika ditekuni kasim, ia pasti melatih sadhana single, di atas abhiseka ketiga ada sadhana single. Sadhana Yabyum adalah bhiksu atau upasaka yang telah mencapai tingkat tertinggi baru boleh menekuninya. Jadi, umat Zhenfo Zong, jangan baru bersarana saja sudah mulai belajar Sadhana Yabyum dari orang lain, itu tidak boleh, itu sama sekali telah loncat tingkat. Anda baru abhiseka dasar, belum abhiseka ketiga, Anda menekuninya, dijamin Anda jatuh ke neraka, itu tidak boleh.

Oleh karena itu, menurut sadhana rahasia, mesti ada kuncinya, Mulaguru mengajari Anda kuncinya, setiap langkah tidak boleh salah, salah 1 langkah saja, maka jatuh ke neraka. Ada sebagian abhiseka ketiga, Anda mencapai kontak yoga, itu sudah cukup, Anda melatih prana, nadi, bindu, melatih sadhana single sudah cukup, sadhana mengasah pedang adalah sadhana single. Sadhana single harus menuruti petunjuk Mulaguru, melatih selangkah demi selangkah, setelah melatih satu tingkat, kemudian lanjut tingkat 2, tingkat 3, tingkat 4, ada metode penekunan yang dalam dan sulit dimengerti, tidak sembarangan. Sekarang, ada sebagian umat Tantra sangat sembarangan, mendengar ada sadhana ini, lalu mulai menekuni sadhana ini, Anda sama sekali tidak punya metode penekunan abhiseka ketiga Anuttara Tantra, Anda pun menekuni sadhana ini, Anda pasti jatuh ke neraka.

Biasanya, dalam penekunan 4 macam abhiseka, Anda belum mencapai kontak yoga dalam abhiseka dasar, Anda pun ingin mendapatkan abhiseka kedua, ini juga loncat tingkat. Jadi, ini juga harus diperhatikan, sebaiknya Anda mencapai kontak yoga dulu.

Ada lagi, sebelum Anda kontak yoga, Anda mulai melatih pernapasan botol, boleh, pernapasan botol juga sebuah fondasi, Anda boleh latih, Selebihnya, Anda harus mempertimbangkan sebentar bolehkah dilatih. Anda tidak pernah menerima abhiseka ini, boleh menekuninya? Apakah guru benar-benar mengajari Anda, apa visualisasi pertama, apa visualisasi kedua, apa visualisasi ketiga, selanjutnya bagaimana sadhana prana.

Di buku saya tulis, ranjang harus divisualisasi menjadi sekuntum teratai yang mekar, Anda berada di tengah ranjang, kemudian teratai perlahan-lahan mengatup, makhluk halus tidak akan melihat Anda, demikianlah rahasia dalam sadhana ini, ini adalah visualisasi tingkat 1, ada lagi visualisasi tingkat 2, visualisasi tingkat 3, visualisasi tingkat 4, visualisasi tingkat kelima. Anda tidak tahu, Anda tekuni asal-asalan, dijamin jatuh ke neraka.

Padmasambhava bersabda, penekunan Anuttara Tantra, sama halnya dengan mengambil mutiara di dalam mulut ular berbisa, gampang sekali mati terkena racun ular. Abhiseka Tantra juga tidak boleh sembarangan, abhiseka botol yang paling dasar, selanjutnya abhiseka bunga merah dan putih, kemudian abhiseka sentuhan, selanjutnya adalah abhiseka Dzogchen, nanti berikan pada Anda Abhiseka Kebijaksanaan, bukan abhiseka ketiga, Anda semua tahu itu adalah abhiseka meningkatkan kebijaksanaan.

Anda ingin menggunakan abhiseka apa? Oh! Abhiseka kebijaksanaan Bodhisattva Manjushri. Boleh, itu tergolong abhiseka tingkat 1. Bodhisattva Manjushri lewat kebijaksanaan memberikan Anda abhiseka pemberkatan, bukan Abhiseka Kebijaksanaan yang barusan dijelaskan, itu termasuk Abhiseka Anuttara Tantra. Terima kasih semuanya, Om Mani Padme Hum.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Salam..Kala saya Mau menjadi Abhiseka apakah saudara bisa membantu saya

Poskan Komentar

Informasi

Video ini biasanya banyak dicari , saya bagikan untuk kawan kawan . Semoga Buddha Dharma semakin berkembang,Jika Tergerak untuk Donasi , Silahkan Di paypal saja.Om Mani Padme Hum.

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;