Kamis, 30 Agustus 2012

GAO WANG GUAN SHI YIN ZHEN JING(Sutra Raja Agung Avalokitesvara )

 Sekilas tentang 

 GAO WANG GUAN SHI YIN ZHEN JING

Di negeri tiongkok, pada jaman dahulu ada seorang Jenderal yang saleh
mempelajari Budhisme. Dia tekun membaca sutra Saddharma Pundharika
(Phu Men Ping), lalu suatu hari dia difitnah oleh seorang rekan
pekerjanya dan dia dijebloskan ke dalam penjara.

Didalam tahanan, Jenderal tersebut masih tetap tekun melakukan puja

bhakti setulus hatinya. Suatu hari dalam mimpinya, dia bertemu dengan
seorang Bhiksu, yang mengajarkannya untuk membaca Kao Wang Kwan Se Im
Keng 1000x. Selanjutnya, dia melafalkan 1000x Kao Wang Kwan Se Im
Keng, lalu pedang algojo yang hendak memotong lehernya pecah
berkeping-keping. Kasusnya ditinjau ulang, dan pada akhirnya si
Jenderal tersebut ternyata tidak bersalah.

Karena kegaiban dari Sutra tersebut, maka sampai sekarang banyak

sekali umat Budhist yang terus mengabadikannya :D

Menurut saya, sutra Kao Wang Kwan Se Im ini adalah semacam buku

petunjuk puja bhakti kepada para Buddha dan Bodhisattva. Kalau kita
mencocokkan nama-nama Buddha di Kao Wang Kwan Se Im dengan sutra-sutra
Budhist yang ada maka Kao Wang Kwan Se Im adalah 100% benar.

Sutra Raja Agung Avalokitesvara

GAO WANG GUAN SHI YIN ZHEN JING

Manfaatnya:
  1. Memanjatkan Sutra Raja Agung Avalokitesvara Bodhisattva lebih dari 1000 kali bisa melenyapkan karma buruk yang berat. Karma buruk yang dilakukan pada kehidupan yang lampau bisa dihilangkan atau diperingan.
    Di dalam Sutra ini terdapat segala nama Buddha, yang berjodoh membaca Sutra ini bisa mendapatkan perlindungan.
  2. Suami istri yang tidak cocok, usaha tidak lancar, menderita penyakit, banyak menghadapi problem/kerisauan, mempunyai banyak musuh, mendapat masalah pengadilan, keluarga tidak tentram, bisa membaca Sutra ini dengan rajin. Apabila membaca lama dan tekun pasti bisa mendapat kontak batin/permintaan dapat terkabul. Sutra ini selain berguna untuk menghadapi masalah, masih banyak lagi kegunaannya, tergantung apa yang kita mohon dalam doa, misalnya:
    - mengharapkan agar cita-cita dapat terkabul,
    - mohon keselamatan, kesehatan lahiriah / batiniah untuk orang tua, saudara, sanak keluarga,
    - menginginkan memperoleh jodoh, anak, dll.
  3. Cara dan tempat membaca Sutra ini:
    - segala tempat dan keadaan bisa, yang terpenting hati harus tulus dan hormat pada Sutra ini
    - dengan mengatupkan kedua tangan
    - terserah membaca dengan bersuara atau tidak keluar suara
    - setiap kata dibaca dengan jelas dan masuk ke dalam hati.
Gao Wang Guan Shi Yin Zhen Jing sangat baik untuk menciptakan karma baik, dan menolong orang yang sedang menghadapi masalah. Jika masalah kecil bacalah 1000 kali, jika masalah besar bacalah 10.000 kali. Hendaknya dalam satu kehidupan (sejak lahir sampai meninggal), sadhana membacanya sampai dengan 100,000 kali untuk membantu kita, untuk menghapus karma buruk kita di kehidupan lampau.
Sumber: diterjemahkan dari halaman 150 s/d 157 buku berjudul "Perang Batin Dalam Melatih Diri", karya Maha Acarya Lu Sheng Yen ke-44 yang diterbitkan pada bulan Mei tahun 1983.(Kutipan buku Padmakumara jilid ke-3).
Seorang sadhaka harus bermodalkan sebuah sutra utama dan sebuah mantra utama, membaca mereka setiap hari sepanjang hidup. Bila ia dapat melakukan ini dengan tekun, sudah tentu ia akan mengalami kontak batin.

Sutra apakah yang terbaik? Mantra apakah yang paling berpahala? Seseorang mengajukan kedua pertanyaan ini kepada saya.

Jawaban saya adalah, yang paling menarik hati anda adalah yang terbaik. Mantra dan sutra tidak bisa dibandingkan nilainya satu dengan yang lain. Pembacaan mantra atau sutra dianggap berhasil bila yang membacanya dapat menggunakannya untuk memutar roda Dharma.

Menurut pendapat saya, baik sutra Mahayana maupun Hinayana mempunyai keampuhan. Baik mantra panjang maupun mantra pendek mempunyai keampuhan. Ketulusan dan ketekunan seseorang adalah faktor yang menentukan. Membaca sutra dan melafal mantra menghasilkan pahala yang luar biasa. Para Budha dan Bodhisattva membantu para insan lewat sutra dan mantra. Manusia menerima perlindungan dari para Budha dan Bodhisattva lewat sutra dan mantra.

Bila seseorang berhasil mencapai titik penyatuan tubuh, ucapan, dan pikiran sewaktu melafal mantra atau membaca sutra, getaran dari pembacaan sutra atau mantra itu berubah menjadi kilatan sinar putih yang berputar putar dan memancar dari mulut, kepala, dan seluruh pori pori tubuh ¡V semuanya bergabung membentuk sinar yang cemerlang. Ketika sinar ini menyatu dengan sinar Budha yang bersangkutan dengan mantra atau sutra yang dibaca, sang Budha atau Bodhisattva itu akan segera datang. Sinar putih yang berputar putar itu adalah berputarnya roda Dharma. Seseorang yang melafal mantra atau membaca sutra sampai pada titik terputarnya roda Dharma dapat dikatakan telah dapat mengendalikan tubuhnya. Ia akan terlahir sebagai sekuntum teratai di surga Sukhawati, mencapai keBudhaan atau suciwan, dan tidak perlu lagi mengalami reinkarnasi.

Tapi, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa sutra atau mantra yang anda gunakan adalah asli dan bukan palsu. Sutra atau mantra dapat dianggap asli dan harus dihormati bila disampaikan oleh Sakyamuni Budha atau oleh para Budha dan Maha Dewa lainnya. Sutra atau mantra yang diciptakan manusia biasa seharusnya tidak digunakan karena tidak membawa manfaat. Ini sangat penting. Jangan membuang waktu dan tenaga yang berharga membaca sutra atau mantra palsu.

Sutra Gao Wang sangat dihormati oleh Zhen Fo Zong. Sutra ini tidak disampaikan oleh Sakyamuni Budha sendiri, namun disampaikan lewat mimpi oleh seorang rahib tingkat tinggi yang telah mencapai penerangan. Saya telah melakukan penyelidikan dengan menggunakan kekuatan batin mengenai keaslian sutra ini dan mendapatkan bahwa bukan saja sutra ini memang datang dari kata kata asli sang rahib yang telah mencapai penerangan tetapi juga sutra ini sangat ampuh kekuatannya. Itu sebabnya saya merasa bila seseorang membaca sutra Gao Wang, ia akan segera mendapatkan jawaban. Sutra ini juga membawa orang pada pengertian tentang kebenaran dan pada pembinaan diri pribadi sehingga menyebabkan orang tersebut mencapai kehidupan yang baik di masa yang akan datang. Sutra ini sama pentingnya dengan sutra Mahayana lainnya dan itu sebabnya saya berharap semua siswa Zhen Fo Zong menghargai dan membaca sutra ini.

Sekarang ini, kalangan Budhis pada umumnya memandang koleksi sutra yang disampaikan Sakyamuni Budha sebagai sutra yang asli dan memandang sutra sutra lainnya sebagai palsu. Kebanyakan sutra yang dibuat sendiri, yang ¡§disampaikan lewat mimpi¡¨, atau yang ¡§disampaikan oleh medium¡¨ tidak dihiraukan. Namun mereka membuat pengecualian didalam hal sutra Gao Wang. Mereka tidak menolak sutra yang ¡§disampaikan lewat mimpi¡¨ ini. Malah mereka sangat kagum mengetahui betapa banyak nama Budha tercantum dalam sutra itu dan betapa besar kekuatan batin yang dihasilkan lewat pembacaannya. Karena alasan tersebut dan karena rasa suka saya kepada sutra ini, saya merasa sutra ini sebaiknya harus diperhatikan. Saya telah mencetak puluhan ribu copi dari sutra ini untuk dibagi-bagikan. Bukan saja siswa Zhen Fo Zong, tetapi saya harap semua orang di dunia ini mempunyai sebuah copi sutra ini untuk dibaca dan dihargai sehingga akan mengubah dunia ini menjadi surga kebahagiaan di masa yang akan datang.

Siapapun yang ingin membaca sutra Gao Wang seharusnya mandi dan mencuci tangan terlebih dahulu. Kata pembukaannya tidak mutlak harus dibaca; teks intinya saja sudah baik. Secara umum, tempat terbaik untuk membaca sutra adalah dihadapan altar. Bila tidak ada altar, maka kamar baca juga cukup baik atau bahkan di sudut kamar tidur yang bersih dan rapi. (Hormatilah sutra ini; jangan membacanya di tempat yang kotor). Sebatang dupa hio dapat dinyalakan. Bila dupa hio tidak ada, beranjali juga efektif. Pembacaan dapat dilakukan sambil berdiri, duduk, atau berlutut. Kuncinya adalah harus tulus sewaktu membacanya, baik itu dengan bersuara atau tanpa suara, dan konsentrasikan pikiran secara penuh. Mereka yang menjalankan disiplin keras bisa membacanya sebanyak lima kali di pagi hari dan lima kali di malam hari; lebih banyak lebih baik. Mereka yang menjalankan disiplin lebih ringan dapat membacanya satu kali di pagi hari dan satu kali di malam hari. Di waktu krisis dimana pertolongan para Bodhisattva sangat diperlukan, anda dapat membacanya 100 kali sehari sehingga dapat menyelesaikan 1000 kali pembacaan dalam 10 hari. Bila anda menghargai dengan ketekunan, saya yakin anda akan menerima jawaban/pertolongan dengan sangat cepat. Semakin besar keyakinan anda, semakin besar pula kontak batin yang anda dapat.

Saya pertama kali menemukan sutra Gao Wang ini di sebuah kuil kecil di daerah sentral Taiwan. Copy yang saya dapatkan sangat mewah kulit luarnya. Pada waktu itu, rahib pimpinan kuil itu adalah rahib Si-hui-lin yang mengenal orang tua saya. Saya meminta izin darinya untuk membawa pulang copy sutra tersebut. Setelah tiba di rumah membaca sutra itu, pada malam harinya saya bermimpi.

Saya bermimpi melihat Sang Avalokitesvara Bodhisattva (Guan Yin), sambil duduk diatas teratai, membabarkan Dharma. Saya segera merasakan keagungan beliau di hati saya dan timbullah rasa hormat saya. Setelah malam itu, ketika saya sedang mempelajari isi sutra itu dengan lebih seksama, wangi bunga yang kuat tercium. Pada saat itu, saya tidak tahu apa-apa mengenai hal pembinaan diri atau hal roh yang terbangunkan. Di kemudian hari, saya baru menyadari bahwa kejadian seperti itu adalah wajar saja karena karma masa lampau saya.

Sewaktu saya masih muda, saya mempelajari hal pengukuran tanah dan sering harus bertugas pergi ke gunung-gunung sehingga saya kadangkala menumpang penginapan di kuil atau rumah warga setempat. Sebelum pergi bertugas dan setelah kembali bertugas, saya selalu membaca sutra Gao Wang satu kali dengan penuh rasa hormat. Sudah lebih dari 10 tahun semenjak masa itu, dan sekarang saya masih melakukannya setiap hari tanpa pernah berhenti. Sekarang bila saya pergi ke luar negri dan harus menginap di hotel, saya tetap membaca sutra ini di pagi dini sambil menghadap keluar lewat jendela. Membaca sutra ini merupakan bagian dari latihan harian saya meski sedang bepergian. Hati saya menginginkan demikian. Juga saya tahu bahwa Avalokitesvara Bodhisattva selalu melindungi saya karena saya percaya para Budha tidak pernah berbohong.

Apalagi sejak saya mencapai penerangan sempurna dan mulai memutar roda Dharma, saya sadar bahwa sutra Gao Wang mempunyai pahala yang luar biasa dan tak terbatas. Sutra ini diwujudkan oleh Avalokitesvara yang agung sebagai cara yang mudah untuk menyadarkan para insan. Sutra ini mencakup semua aspek dari semua hal dan dapat membebaskan para insan. Sutra ini mempunyai pahala esoterik (internal) maupun exoterik (luar). Lewat pembacaannya, seseorang akan mendapatkan kebijaksanaan agung dan tubuh Vajra yang tak akan terhancurkan.

Bila mereka yang membaca sutra ini juga membaca mantra "Om Mani Padme Hum" sebanyak 108 kali dan bila ditambah lagi dengan latihan visualisasi Avalokitesvara berlengan empat, maka akan ada 36 dewa yang melindungi mereka siang dan malam. Semua hantu dan dewa akan menghormatinya. Sutra ini sungguh mengandung pahala yang tak terukur dan tak terbatas.

1 komentar:

Raymond mengatakan...

amithofo.. terimakasih atas informasi yang di bagikan. informasi ini sangat berguna dan banyak manfaatnya. smoga anda dan keluarga anda di berkati selamanya. buddha selalu bersama kita..Amithofo

Posting Komentar

Analitic

Suasana angin Topan di surabaya november 2017

Suhu Malaysia yang gagal Panggil Shen

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;