Senin, 13 Agustus 2012

Riwayat Dewa Wen Chang Di Jun 文昌帝君


Wen Chang Di Jun 文昌帝君( Bun Jiang Te Kun - Hokkian ) adalah salah satu dari kelompok Bintang Utara. Riwayat Wen Chang 文昌 bervariasi dibeberapa tempat. Tapi garis besarnya mengatakan bahwa Wen ChangDi Jun 文昌帝君 pemah lahir ke dunia dengan nama Zhang Ya 張亞 , di propinsi Zhe-jiang,pada jaman dinasti Tang 唐朝. Dari Zhe-jiang ia kemudian pindah ke propinsi Sichuan bagian timur, prefektur Zi-tong.
Karena kepandaiannya dalam hai sastra ia menjabat sebagai ketua upacara pada propinsi itu. Kisah lain mengatakan bahwa ia adalah Zhang Ya Zi 張亞子 dari Zi-tong yang lahir pada jaman dinasti Jin dan menjabat menteri yang sangat mengutamakan pendidikan. Tetapi ia gugur dalam peperangan. Ia diangkat oleh Yu Huang Da Di 玉皇大帝 sebagai dewa pelindung kaum terpelajar dengan sebutan Zi Tong Di Jun 梓潼帝君 atau Wen Chang Di Jun 文昌帝君 (Zi Tong Di Jun berarti Dewa dari Zi-tong).

Sebuah kisah lain mengatakan bahwa Zi Tong Di Jun muncul membantu Jendral Lei Yu Zhong, pada jaman dinasti Song, memadamkan pemberontakkan yang dipimpin oleh Wang Jun di Cheng-du, propinsi Sichuan. Kota Chengdu sudah terkepung, tapi pasukan pemberontak tetap bertahan, tidak mau menyerah. Tiba - tiba muncul seorang yang menaiki tangga dan dan menyarankan pemberontak agar menyerah saja, agar bisa diampuni. "Zi Tong Di Jun mengutus aku untuk memberi tahu kalian. Menyerah sajalah agar kalian dapat diselamatkan", serunya. Mendengar nama Zi Tong Di Jun 梓潼帝君 , para pemberontak segera meletakkan senjatanya dan menyerah. Jendral Lei Yu Zhong sangat berterima kasih kepadanya. Ia lalu memerintahkan agar Kelenteng Zi Tong Di Jun diperbaiki dan diadakan sembahyangan besar.

Di kalangan rakyat ada kepercayaan, bahwa Dewa Pendidikan Wen Chang 文昌 terdiri dari 5 dewa, sedang Wen Chang Di Jun 文昌帝君 adalah yang tertinggi. Tentang Wen Chang yang lain akan dituturkan di bawah. Selain sebagai Dewa Pelindung kaum terpelajar, Wen Chang Di Jun juga dianggap sebagai Wen Cai Shen 文財神 seperti yang dituturkan di atas. Wen Chang Di Jun umumnya selalu ditampilkan bersama pembantunya.Berdiri di depan sebelah kanan, ada orang berwajah setan, badannya kecil,membawa pensil Tionghoa (pit) dan satu tangannya lagi membawa gantang atau alat penakar.

Ia adalah Kui Xing 魁君 (salah satu Wen Chang). Di sebelah kiri berdiri seorang tua berjubah merah. Dialah Zhu Yi 朱衣 , juga salah satu Wen Chang. Di belakang kiri dan kanan berdiri dua orang yang disebut Tian Long 天聋(Si tuli dari langit) dan Di Ya 地啞 (Si bisu dari bumi). Keduanya adalah pelayan dan tukang kuda dari Wen Chang Di Jun. Mereka bisu dan tuli, sehingga tidak mungkin membocorkan rahasia tuannya kalau beliau akan memberkahi kepandaian dan kemampuan bersastra pada siapa yang berhak.

Wen Chang Di Jun 文昌帝君 sendiri duduk ditengah, berwajah putih, beijubah biru dan memegang ru-yi 如玉 atau tongkat kumala sebagai lambang kebaikan. Pemujaan Wen Chang Di Jun di Indonesia juga cukup populer, terbukti dengan banyaknya pemujaan Wen Chang Di Jun di kelenteng - kelenteng Jakarta dan Surabaya. Di Taiwan kelenteng khusus yang memuja Wen Chang rusak pada masa perang dan sampai sekarang belum diperbaiki. Tapi di kelenteng - kelenteng lain banyak dipuja sebagai pelengkap.

文昌帝君寶誥
Wen Chang Di Jun Bao Gao (Praise Mantra)

志心皈命禮
Zhi Xin Gui Ming Li

不驕樂境 玉真慶宮 
Bu Jiao Le Jing, Yu Zhen Qing Gong

現九十八化之行藏 
Xian Jiu Shi Ba Hua Zhi Xing Zang

顯億千萬種之神異 
Xian Yi Qian Wan Zhong Zhi Shen Yi

飛鸞開化於在在 
Fei Luan Kai Hua Yu Zai Zai

如意救劫於生生 
Ru Yi Jiu Jie Yu Sheng Sheng

至孝至仁 
Zhi Xiao Zhi Ren

功存乎道儒釋教 
Gong Cun Hu Dao Ru Si Jiao

不驕不樂 
Bu Jiao Bu Le

職盡乎天地水官 
Zhi Jin Hu Tian Di Shui Guan

功德難量 威靈莫測 
Gong De Nan Liang, Wei Ling Mo Che

大悲大願 大聖大慈 
Da Bei Da Yuan, Da Sheng Da Ci

九天輔元 開化主宰 
Jiu Tian Fu Yuan, Kai Hua Zhu Zhai

司祿職貢真君 
Si Lu Zhi Gong Zhen Jun

七曲靈應
Qi Qu Ling Ying 

保德宏仁大帝
Bao De Hong Ren Da Di 

談經演教 消劫行化 
Tan Jing Yan Jiao, Xiao Jie Xing Hua

更生永命天尊
Geng Sheng Yong Ming Tian Zun

0 komentar:

Poskan Komentar

Informasi

Video ini biasanya banyak dicari , saya bagikan untuk kawan kawan . Semoga Buddha Dharma semakin berkembang,Jika Tergerak untuk Donasi , Silahkan Di paypal saja.Om Mani Padme Hum.

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;