Jumat, 03 Agustus 2012

Asal Muasal dan Pembentukan Taoisme


  1. Asal Muasal dan Pembentukan Taoisme

    Taoisme berasal dari kepercayaan purba Tiongkok dan tradisi filosofis Tiongkok. Asal muasal konsepnya dapat ditelusur balik kepada pemujaan spiritual dari era pre-Qin 先秦时代 dan kepercayaan tentang keabadian di bawah konsep ajaran Huang Lao selama Dinasti Han 汉朝. Karakteristik mendasar dari Taoisme adalah menghormati dan pemujaan terhadap Kaisar Kuning 黄帝 dan Lao Zi 老子, juga ajaran-ajaran Mereka.

    Di Negeri Tingkok, praktek-praktek penghormatan roh berawal mula dari ribuan tahun yang lalu ketika masyarakat masih dalam keadaan primitif. Nenek moyang orang Tiongkok beranggapan bahwa dewa-dewi berkuasa atas semua hal dan semua gejala alam seperti bulan, bintang-bintang, angin topan kilat, sungai dan pegunungan dll; dan perasaan kagum mereka yang membawa mereka kepada penghormatan kepada yang menguasai semua gejala alam itu.. Sejak dinasti Yin Zhou, terdapat pandangan bahwa Kaisar Surga 天帝 ( atau Shang Di 上帝) merupakan penguasa tertinggi dari manusia dan alam. Sebagai tambahan, orang-orang juga percaya bahwa roh dari orang-orang yang meninggal tidak punah; bisa menjadi dewa atau setan yang mampu untuk melukai orang-orang dari dunia neitherworld ( alam baka ); tetapi mereka dapat juga membantu dan melindungi orang-orang yang mereka pilih untuk dibantu dan dilindungi. Erat kaitannya dengan kepercayaan mengenai roh dan Kaisar Surga, praktek Shamanisme 巫教 juga populer di Negeri Tiongkok jaman kuno. Hubungan antara TianDi dan guishen yang berkaitan, karena itu Wu Zhu 巫祝 (pendoa pemimpin ritual)- yang melaksanakan upacara agamawi menjadi saluran atas pertanyaan dan menyampaikan jawaban dari roh-roh dan dewa-dewa. Pemujaan roh yang asli berkembang menjadi hubungan darah patriakal dengan kombinasi dari pemujaan nenek moyang. Aktivitas pemujaan nenek moyang seperti itu dipegang secara teratur. Wu Xi 巫覡 ( Shaman pria maupun wanita ), adalah orang-orang yang menjadi penghubung antar Kaisar Surga, alam roh dan manusia. Mereka dapat meramalkan masa depan, dan memprediksi kemalangan atau untung dari suatu peristiwa. Sejalan dengan masa dinasti Zhou 周朝, sebuah tatanan sistem pemujaan spiritual terwujud dengan dewa-dewi surgawi 天神, manusia dan roh yang meninggal, dan dewa-dewi bumi 地祇. Hal ini kemudian oleh Taoisme diserap dan dilanjuti secara berkelanjutan oleh Taoisme, inilah sebabnya mengapa Taoisme bercorak polytheisme.

    Sepanjang periode perang antar negara 战国时代, muncul suatu kelompok orang yang berlatih seni umur panjang dan keabadian, mereka disebut aliran 神仙家atau aliran Kedewaan Yang Abadi. Kemudian dalam periode dinasti Qin dan Han, kelompok ini disebut dan dikenal sebagai Fang Shi 方士( ahli alkimia ). Orang-Orang terkenal seperti Xu Shi 徐市, Han Dang 韓當, Hou Gong 侯公, Shi Sheng 石生, Lu Sheng 盧生 dimasa pemerintahan Kaisar Qin Shihuang 秦始皇帝 dari dinasti Qin, Li Shaojun 李少君, Luan Dajie 栾大 dari pemerintahan Kaisar Han Wu 汉武帝 dari dinasti Han, semua mengklaim bahwa di Teluk Bo Hai 渤海湾 ,disana ada tiga pulau yang disebut Peng Lai 蓬莱 , Fang Zhang 方丈 dan Ying Zhou 瀛洲 dan Yang Abadi seperti Xian Men 羡门, Gao Shi 高誓, An Qisheng 安期生dan dewa-dewi lainnya tinggal di pulau abadi ini. Menurut kabar berita bahwa dunia Yang Abadi ini tidaklah jauh dari dunia manusia, dan ada orang-orang yang pernah ke sana. Legenda menceriatakan bahwa semua binatang di pulau abadi berwarna putih, pavilyun dan istana dibangun dengan perak dan emas murni. Dilihat dari jauh, pulau kelihatan seperti awan, sekali ketika tiba di sana seseorang dapat melihat bahwa mereka benar-benar di bawah air; dan angin akan menghempaskan kapal pergi maka orang-orang tidak akan begitu mudah menginjakkan kaki di pulau ini. Singkatnya, pulau dari Yang Abadi tidaklah dengan mudah dapat diakses. Dipercaya bahwa, ada obat-obatan abadi pada pulau ini dan seseorang yang mengambil obat ini akan dengan segera menjadi abadi dan naik di atas awan. Fang Shi 方士 – Yang abadi itu juga berkata bahwa jika orang mendengarkan mereka dan mempraktekkan metode mereka dengan rajin, ia akan mencapai status yakni Yang Abadi. Kaisar Qin, Kaisar Han seperti halnya menteri kabinet mereka adalah semua pengikut legenda ini. Kultur jenis ini adalah sumber dari kepercayaan Taoist yang lain dan praktek di dalam Yang Abadi dan keabadian.

    Pada awal Dinasti Western Han 西汉 , para penguasa yang mengatur masyarakat menggunakan konsep “Tidak ada campur tangan” oleh Kaisar Kuning dan Lao Zi. Pengajaran seperti ini memperoleh ketenaran sepanjang periode, dan pengajarannya berisi unsur-unsur mistis seperti halnya digunakan oleh Fang Shi, teta
    pi dalam cara yang lebih religius. Praktek ini menyebabkan penggabungan pengajaran Huang-Lao dengan pengajaran dan praktek keabadian; Hasil adalah filsafat yang religius “ Huang-Lao Taoisme” seperti disebut oleh beberapa sarjana. Hal ini dipercaya sebagai pendahulu Taoisme.
    Pengajaran Taoist diperoleh dari tiga sumber yang tersebut di atas. Sepanjang pemerintahan Kaisar Cheng dari dinasti Western Han, Gan Zhong dari negara bagian Qi 齐人甘忠 menulis “ Tai Ping Jing 太平经( Tulisan ttg Kedamaian Tertinggi) ” dari dua belas jilid. Gan Zhong mengklaim bahwa ia diajar oleh Chi Jing Zi Yang Abadi, yang menunjukkan dia jalan kepada suatu dunia yang damai. Tulisan tersebut tersebar secara terbatas di antara orang banyak pada waktu itu. Pada akhir dinasti Eastern Han, muncul dua buku lain, yang satu disebut “ Taiping Yang Qingling” 太平青领书 dari 114 jilid oleh Gan Ji 干吉 atau Yu Ji 于吉 , yang lain menyebutnya ' Taiping Dong Ji Jing “ 太平洞极经terdiri dari 144 jilid oleh Zhang Ling 张陵( Guru Langit Zhang Dao Ling). Sesungguhnya, “ Taiping Jing” bukanlah hasi dari seseorang selama satu periode waktu. Isinya sangat luas, mencakup langit dan bumi, yin dan yang, lima unsur-unsur, Gan zhi 干支( ranting bumii cabang langit ) , Katastrofa, roh, kondisi-kondisi sosial, kemajuan agama dan konsep etis yang feodal dan dan lain lain Sebagai contoh, perubahan langit dan bumi adalah suatu siklus dari pergerakan yang berubah-ubah, dan ketika bumi dan langit rusak, semua binatang dan manusia akan mati. Hanya yang menanamkan kebajikan dan baik hati akan bertahan untuk kelanjutan dari kehidupan. Yang baik hati adalah orang suci dan mirip dengan Yang Abadi. Buku menambahkan legenda dari kelahiran Shang Qing Dao Jun, 上清道君 berkata bahwa “ seorang ibu bercita-cita untuk diabadikan oleh awan, dan terang bulan dan matahari, yang ditanggungjawabkan oleh kuasa agung 6 unsur-unsur alam”, kemudian dia melahirkan seorang manusia Sempurna dari keabadian surgawi. Tempat kelahiran disebut lembah Li, kemudian Li menggunakan nama keluarga Hou Sheng Dao Jun 后圣道君 .

    Sepanjang akhir dinasti Eastern Han 东汉后期 , tuan tanah sewenang-wenang merebut daratan dari petani; orang kasim dan yang orang-orang yang sedikit diistimewakan mengandalkan kekuasaan untuk menindas rakyat; korupsi dan kebobrokan moral para pejabat menghasilkan berbagai kesulitan besar dalam kehidupan petani serta rakyat jelata dan sejumlah besar dari mereka menjadi tunawisma. Seseorang nama Zhang Jiao 张角 membentuk suatu kelompok keagamaan disebut “ Tai Ping Dao 太平道 ” menggunakan “ Tulisan Taiping Yang Qingling” 太平青领书. Ia dengan diam-diam mengorganisir petani dan merencanakan untuk menghancurkan golongan yang berkuasa itu. Dari Sejarah dinasti Han Lanjut mengutip: “ Zhang Jiao mengklaim menjadi 'guru yang berbudi luhur'大贤良师, mengikuti Tao dari Kaisar kuning dan Lao Zi. Ia menerima murid melalui upacara Gui bai 跪拜 (kowtou), mengobati penyakit dengan air diberkati. Setelah sekitar 10 tahun berkembang, beribu-ribu orang-orang mengikuti dia dari di seluruh delapan negara bagian, membentuk suatu kelompok religius sipil yang sangat besar dengan pengaruh yang luas”.

    Otoritas yang berkuasa pada waktu itu sangat korup, mayoritas dari orang-orang lelah dengan beban yang sangat berat. Maka Zhang Jiao memilih tahun dan penanggalan bulan Jiazi 甲子, yakni hari kelima dari bulan ketiga tahun pertama dari Kaisar Han Ling 汉灵帝 (184 AD), sebagai tanggal untuk pemberontakan. Dalam pemberontakan mengumumkan bahwa “ Surga biru telah mati, Surga kuning berganti memimpin, di masa Jiazi, dan dunia penuh dengan Berkat” 苍天已死,黄天当立,岁在甲子,天下大吉. Masing-Masing pengikut mengenakan serban kuning di kepala mereka, maka mereka disebut Pemberontak Serban Kuning 黄巾起义 - Pemberontakan Huang Jin di Tiongkok. Pemberontakan menghadapkan pada suatu pukulan berat untuk dinasti Han Timur, kekuasaan yang korup bisa tidak lagi berlanjut setelah itu. Pemberontakan angkatan perang membunuh pejabat di berbagai tempat, membakar tempat kediaman dan kantor mereka, dan menyerang tuan tanah dengan daya gerak sangat besar. Keseluruhan ibukota sedang terguncang, dan kemudian hanya Pemberontak Serban Kuning yang ditindas. Setelah kejatuhan Pemberontak Serban Kuning, para penguasa mulai untuk melarang praktek Tai Ping Dao 太平道 - Tao dari kedamaian agung. Sebagian dari pengikut Tai Ping Dao 太平道 pergi ke bergabung dengan sekte Taoist sekte - Wu Dou Mi 五斗米道 ' lima gantang beras' dan melanjutkan penyebaran Tao dari kedamaian agung secara rahasia.

    Dan pada waktu yang sama ketika Tai Ping Dao, Zhang Ling张陵 (Guru Langit Zhang Daoling 张道陵 , seperti yang disebut oleh pengikut nya) dari negara bagian Feng Yi Pei ( sekarang: Jiang Su Feng Xian), pergi ke Si Chuan dengan banyak pengikut nya dan hidup di Gunung He Ming 鹤鸣山 untuk melatih Tao. Setelah ia menghabiskan banyak tahun untuk merenungi Tao dan menghasilkan 24 buku pengajaran tentang cara Tao. Akhirnya Taishang Laojun tergerak dan menampakkan diri dihadapan Zhang Daoling, menganugrahkan kitab “ San Zheng Tian Fa” 三天正法, Zhengyi Keshu yao Daofa 正一科术要道法, Zhengyi Mengwei Miaojing 正一盟威妙经, Sanye Liutong zhi Jue 三业六通之诀 dan menganugrahkan gelar Guru Langit untuk Zhang Daoling. Zhang Ling menggunakan Gunung He Ming 鹤鸣山 sebagai basis dan mendirikan 24 pusat pengajaran. Ia menggunakan “Dao De Jing” 道德经 dari Lao Zi dan “ Taiping Jing” 太平经 sebagai dasar organisasi Taoist di Sichuan. Semua pengikut diminta menyumbang lima gantang beras ( Wu Dou Mi 五斗米 ) sebagai sumbangan ketulusan untuk ikut serta, Oleh karena itu organisasi kemudian disebut “ Taosim Lima Gantang Beras ( Taoisme Wu Dou Mi 五斗米道 )”. Zhang memberi komentar catatan Lao Zi “ Dao De Jing” 道德经 dan menguraikan secara terperinci pengajaran Lao Zi tentang Tao dan ilmu agama. Pemikiran dan penanaman mengenai umur panjang dan kesehatan berubah jadi praktek esoteric untuk keabadian. Taoisme Lima Gantang Beras mengambil asalnya dari Tai Ping Dao太平道 – Tao dari kedamaian agung, mereka memiliki upacara agama dan peraturan yang hampir sama. Keduanya mengangkat Lao Zi 老子 sebagai pendiri dari Taoisme, menyebut Lao Zi dengan sebutan “Tai Shang Lao Jun” 太上老君 ( Yang Tertinggi dari Taoism ). Kedua aliran menganggap 5000 kata “ Dao De Jing” 道德经 sebagai kitab utama mereka. Sejak pengikut Zhang Ling menyebutNya Guru Langit, Taoisme Lima Gantang Beras nya juga dikenal sebagai Taoisme aliran Guru Langit 天师道.

    Ketika menciptakan Taoisme Lima Gantang Beras 五斗米道 , aktivitas religius yang utama dari organisasi adalah: ( 1) belajar Dao De Jing 诵习道德经; ( 2) penyesalan dan pertobatan 有罪首过; (c) Pengobatan dengan Fu shui 符水治病( pengobatan dengan air dan talisman/hu ), dan ( 4) mengikat perjanjian dengan para dewa dan roh2 untuk berbuat benar dengan menggunakan surat pernyataan yang distempel sebagai bukti用表章与鬼神誓约. Karena Tao dari kedamaian agung dan Taoisme Lima Gantang Beras五斗米道 memliki keterkaitan dengan gerakan menuntut keadilan petani ( Catatan 起义qiyi sering diartikan pemberontakan, tapi maknanya adalah kebangkitan menuntut keadilan ) atau organisasi petani, doktrin mereka mencerminkan dan mewakili kebenaran sampai taraf tertentu dan berpikir tentang kalangan petani pada umumnya. Pada langkah ini, teori, upacara agama, organisasi tidaklah secara penuh dikembangkan memiliki sistem seperti saat menjadi agama formal; mereka kemudian menyebutnya Taoisme tahap awal. Awal Taoisme Lima Gantang Beras dan Tao dari kedamaian agung merupakan permulaan Taoisme sebagai agama formal.

  2. Pengembangan dan Transformasi


    Pemberontakan Serban Kuning yang gagal tidak saja membuat kehidupan para petani mendapatkan tekanan yang semakin kuat dan tindakan kejam, juga mengakibatkan kemunduran perkembangan Taoisme. Pemberontakan destar kuning membuat Taoisme memberikan dampak negatif dan menimbulkan pembatasan-pembatasan dalam pergerakannya.
    Cucu lelaki Zhang Ling 张陵 bernama Zhang Lu 张鲁 dan aliran 5 gantang beras, hampir 30 tahun menguasai daerah Han Zhong 汉中, dipaksa untuk tunduk kepada CaoCao 曹操 dan berada dibawah kekuasaan Cao Cao. Walaupun Taoisme Wu Dou Mi ( 5 gantang beras ) tidak dilarang secara terbuka seperti Taoisme Tai Ping, namun masih diawasi dan dibatasi secara diam-diam. Misalnya Cao Cao mengumpulkan para Taoist dengan alasan mengumpulkan orang-orang pandai tapi sesungguhnya adalah mengawasi gerak gerik mereka.
    Dimasa inilah Taoism memasuki masa yang kelam. Perpecahan negara, kondisi masyarakat kebanyakan yang tidak tentram dimasa dinasti Wei 魏 dan Jin 晋serta masa dinasti Utara Selatan 南北朝, Taoisme tetap bisa bisa bertahan dan perlahan-lahan berkembang. Dimasa Jin Barat 西晋 dan Jin Barat 东晋, Wu Doumi Dao ( Taoisme 5 gantang beras ) selain berkembang scara diam-diam dikalangan petani juga berkembang dikalangan pejabat dan kaum terpelajar 士大夫.
    Periode ini adalah periode berkuasanya keluarga bangsawan dari kerabat raja, yang mendominasi semua aspek sosial dengan kerakusan mereka pada kekayaan dan kekuasaan, di mana pada gilirannya berbagai macam korupsi terjadi. Berlawanan dengan gaya hidup kekuasaan mereka adalah berkurangnya praktek rohani dan kebutuhan akan kerohanian untuk mengisi ruang yang hampa dalam hati mereka, yang mana menimbulkan minat mempelajari Taoisme 玄学 ( ajaran Laozi 老子 dan Zhuangzi 庄子 ) dan mencari-cari cara untuk panjang umur dan hidup abadi. Untuk memenuhi hasrat golongan yang berkuasa dan melindungi kekuasaan mereka, sebagian dari Taoist mulai membuat perubahan dalil Taoisme awal, yang dihapus antara lain doktrin kesejahteraan dan pengharapan kelas petani. dan menggantikannya untuk pemenuhan kebutuhan kelas bangsawan. Hasilnya adalah pencapaian suatu sistem yang mencakup kepercayaan dasar, dalil umum, upacara keagamaan dan organisasi.

    Sebagian dari Taoists yang turut membantu pendirian dari Taoisme baru yang untuk memenuhi kebutuhan kaum atas adalah Ge Hong, 葛洪 ,Kou Zhi QianZhi寇谦之 , Lu Xiu Jing 陆修静 , Tao Jing Hong 陶弘景 , dll.

    Ge Hong葛洪 ( 284 C.E. - 364 C.E ) hidup pada dinasti Jin Timur, berasal dari Provinsi Jiang Su, ia juga dikenal dengan nama Bao Pu Zi 抱朴子. Ge Hong adalah seorang Taoist yang terkenal, Beliau adalah ahli alkimia dan ahli medis. Ia adalah cucu lelaki dari Ge Xuan 葛玄 ( 葛仙公)yang abadi ( immortal atau Xian 仙), dan murid dari Zhen Yin郑隐 . Penekanan Taoist Ge Hong adalah pada pengembangan diri, ia juga telah mnulis suatu koleksi tulisan yang kaya berjudul “ Bao Pu Zi” 抱朴子. Dalam koleksi 70 bab ini, Ge Hong menguraikan secara detil berbagai resep untuk keabadian dan kesehatan, jalan roh, dan metode untuk mengusir roh jahat dan menghindari bencana.
    Misalnya di bab 17 “ Bao Pu Zi” menceritakan cara untuk mengusir roh jahat dan metode untuk mencapai keabadian. Dalam bab ini terdapat suatu cerita tentang seorang manusia yang bernama Bo Yi 伯夷menggunakan suatu cermin untuk mengidentifikasi dan mengusir setan dengan cepat. Hal seperti itu adalah bagian dari cara Fang Shu 方术 ( Praktek ilmu gaib ) kuno. Ge Hong menguraikan secara terperinci, mensistimasi dan memberikan summary ( kesimpulan ) Fang Shu yang berkembang pada masa peperangan antar Negara ( 475 B.C.E-221 B.C.E ) nantinya memperkaya dan menjadi suatu bagian penting dari warisan Taoism; terutama dalam pembentukan Taoism aliran Jindan 金丹派/丹鼎派/内鼎派 . Ge Hong sekuat tenaga aktif mengkritik Taoisme awal, kemudian mengkombinasi gagasan Taoisme Shenxian Fangshu ( praktek perdewaan dan kegaiban ) dengan prinsip Konfusianisme/Ruisme meletakkan suatu fondasi penting untuk Taoisme pejabat dari golongan yang berkuasa.

    Selama periode 420 A.D. sampai 589 A.D., Taoist Kou Zhi Qian 寇谦之 dengan dukungan Kaisar Tai Wu dari dinasti Wei 魏太武帝 , membuat beberapa perubahan penting pada Taoisme Wu Dou Mi ( Lima Ember Beras). Ia menghapuskan banyak praktek Taoisme Wu Dou Mi, seperti pengumpulan pajak beras, pelatihan Qi dengan penyatuan energi pria dan wanita, dll. Kou Zhi Qian memberikan banyak hal-hal baru, seperti penggunaan musik untuk upacara agama Taoisme. Ia juga meminta dengan tegas untuk mengutamakan pada berdoa dan penghormatan, menyarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan herbal untuk menjaga kesehatan dan pengembangan diri, menjangkau tujuan religius seseorang, selain pendekatan-pendekatan lain. Pada tahun 424, dengan bantuan perdana mentri Cui Hao 宰相崔浩 , di ibukota kerajaan Wei 平城 ( sekarang DaTong di provinsi ShanXi ), Kou Zhi Qian membangun tempat untuk ritual, pelatihan diri yang disebut Altar Guru Langit 天师道场, disebut aliran Neo Taoisme Guru Langit 新天师道, kemudian orang-orang setelahnya menyebutnya sebagai aliran Guru Langit Utara 北天师道 , untuk membedakan dengan Taoisme Guru Langit yang diciptakan oleh Zhang Dao Ling. Dengan dukungan kerajaan , agama Tao mendapatkan kesempatan untuk berkembang luas bahkan menjadi agama negara dinasti utara.

    Periode pemerintahan KaisarSong Ming Di宋明帝 ( 465 C.E- 472 C.E ) di jaman dinasti utara selatan (420C.E- 589C.E ) Taoist Lu Xiu Jing 陆修静 menerima titah Kaisar untuk melakukan kanosisasi/pendataan buku-buku Taoist di seluruh negara. Setelah pemilihan dan identifikasi secara berhati-hati, Lu mengumpulkan 1228 jilid yang antara lain isinya adalah Fu Tu ( kertas jimat dan diagram/mandala ), kitab-kitab Tao, kitab-kitab pengobatan. Dalam koleksi buku tersebut kemudian dibagi lebih lanjut ke dalam tiga kategori, Dong Zhen 洞真, Dong Xuan 洞玄 dan Dong Shen 洞神 . Kemudian koleksi ini menjadi bagian paling utama dari koleksi buku agung Taoism, “ Dao Zang” 道藏 ( Canon Tao ). Lu juga menulis dan menggabungkan suatu koleksi buku 100 jilid dalam aturan-aturan dan pantangan Taoisme, sistem upacara keagamaan Taoist. Yang terutama adalah untuk memenuhi kehausan spiritual dan moralitas kaum bangsawan serta sistem feodalisme dan tata cara pemerintahan pada masa itu.
    Dalam Taoisme Lu, tiga jenis aktivitas harus selalu dilakukan. Mereka adalah, melakukan ritual keagamaan untuk menahan tubuh dari dorongan sex yang tidak pantas, pembunuhan, pencurian; pembacaan aturan Taoism untuk menghentikan mulut dari kata-kata tidak pantas; dan memusatkan pikiran kepada budi baik para Dewata untuk menghentikan pikiran dari berbagai keinginan berlebihan. Dengan ketiga cara ini akan mencuci hati dan membersihkan semua perilaku.
    Intinya adalah dengan dalil moralitas dan kebajikan, mengontrol hati manusia. Dengan mengkombinasi dan meleburkan gagasan-gagasan dari aliran Shang Qing 上清,Ling Bao灵宝,San Huang 三皇 berbeda, Lu telah menciptakan suatu sekolah Taoisme yang baru dengan nama Aliran Guru Langit Selatan 南天师道 .

    Dimasa periode dinasit-dinasti selatan, kerajaan Qi Liang (456 C.E-472 C.E ), Tao Hong Jing 陶弘景 seorang Taoist yang menguasai banyak pengetahuan seperti pergerakan Yin Yang dan lima unsur 阴阳五行, astrology dan astronomy 星算, pengobatan 医术, landscape 山川,herbal 本草 dan lainnya sehingga begitu dikagumi dan dihargai oleh Kaisar LiangWu Di梁武. Kaisar Liang Wu 梁武帝 berkonsultasi dia pada hampir tiap-tiap peristiwa penting. Karenanya Tao disebut “ Shan Zhong Zai Xiang” 山中宰相 yang berarti “Perdana menteri tinggal di pegunungan”. Tao juga membuat 真灵位业图 yang isinya adalah suatu struktur organisasi yang terperinci dari semua dewa-dewa utama di surga; ia juga mengusulkan dalam buku nya “ Zhen Gao”, 真诰 dan buku lainnya. Ia juga beranggapan bahwa tiga agama utama yaitu Taoisme, Buddhisme dan Ruisme/Konfucsiusme memberi pengaruh dalam kehidupan dan filsafat bangsa Tionghoa dan alangkah baiknya jika dipahami dan dicari titik temu, bukan untuk dipertentangkan. Tao mengasingkan diri dari kehidupan duniawi di gunung Mao/Mao Shan 茅山 dipertengahan umurnya dan menyebarluaskan Taoisme Shang Qing 上清派 ( Maoshan Shangqing 茅山上清) . Sistem nya kemudian disebut Sekolah Mao Shan 茅山宗, dan Mao Shan menjadi pusat untuk aliran Shang Qing secara umum.

    Setelah melewati reformasi dan perubahan, Taoisme yang baru dapat diterima dan dikagumi oleh kalangan bangsawan dan masyarakat kelas atas lainnya. Oleh para penguasa, filsafat Taoisme, Buddhisme dan Ruisme/Konfusiusme ( selanjutnya disebut Ruisme ) dapat digunakan sebagai sarana yang dapat mempengaruhi pandangan masyarakat dan umat agama secara umum. Dari masa dinasti Sui Tang 隋唐 sampai dinasti Song Utara 北宋 , Taoisme masuk ke dalam salah satu masa terbaik dalam pengembangan sejarah Tiongkok.
    Walaupun di pada masa dinasti Sui 隋朝,kerajaan menjunjung Konfusianisme/Ruisme sebagai filosofi resmi kerajaan, namun dinasti Sui juga melindungi hak-hak keagamaan Taoisme dan Buddhism. Sebagai contoh, kedua kaisar dinasti Sui yaitu Kaisar Sui Wen 隋文帝 menghormati dan memberi gelar guru langit kepada taoist Jiao ZiShun 焦子顺 dan Kaisar Sui Yang 随炀帝 mengangkat Taoist aliran Maoshan yiatu Wang YuanZhi 王远知 sebagai gurunya.

    Taoisme menjunjung Lao Zi dan karena Lao Zi bermarga Li李, dan kaisar2 dinasti Tang 唐代 bermarga Li, sehingga kaisar2 dinasti Tang menjunjung Lao Zi dan mengangkatnya sebagai leluhur pertama para kaisar dinasti Tang dan mennyatakan bahwa mereka adalah keturunan dari Lao Zi, mereka membangun dan merenonvasi tempat2 penghormatan untuk Taishang Laojun dan Taoisme menjadi agama para kaisar. Kaisar Tang Gaozong 唐高宗 memberi Lao Zi gelar ”Taishang Xuanyuan Huangdi” 太上玄元 皇帝( kaisar Agung Tertinggi Asali nan Indah ).
    Kaisar Tang XuanZong 唐玄宗(685-761)memerintahkan seluruh jajaran pejabat ibukota, kota besar untuk membangun sebuah kuil Kaisar Xuanyuan/Xuanyuan Huangdi ( gelar kerajaan Tang untuk Lao Zi)di dalam masing-masing kuil, pada dua sisi rupang Lao Zi, ada rupang lima kaisar pertama dari dinasti Tang yaitu Tang TaiZong 唐太宗, Tang GaoZong 唐高宗, Tang ZhongZong 唐中宗, Tang RuiZong唐睿智, hal ini menandakan keluarga kerajaan adalah pelayan Dewa-dewa paling tinggi dari agama Tao.
    Sebagai tambahan, Pemerintahan Tang juga telah mejadikan libur nasional untuk perayaan festival Taoist dan melaksanakan upacara ritual agama Tao. Juga mengeluarkan maklumat bahwa para daoshi 道士(pendeta Tao pria ) dan daogu 道姑 (pendeta Tao wanita ) harus dipandang sama seperti keluarga bangsawan.

    Selain itu membzngun sekolah-sekolah yang mempelajari Taoisme dan penyebutan kitab-kitab filsafat Taoisme seperti kitab Laozi 老子disebut Kitab Sejati Daode 道德真经,kitab Zhuang Zi 庄子disebut kitab Sejati/asli Nanhua 南华真经, Kitab Wen Zi 文字 disebut Tongxuan zhenjing 通玄真经, kitab Liezi 列子disebut Chongxuzhenjing 重虚真经 dan semuanya dijadikan bahan ujian negara unutk mereka yang melamar menjadi pejabat pemerintahan.
    Pada masa pemerintahan Tang WuZong 唐武宗, kaisar Tang amat mempercayai taoist-taoist seperti Zhao Guizhen 赵归真,Deng YuanQi邓元起, dengan dukungan kerajaan Tang, Taoisme mendapat ruang gerak yang leluasa untuk mengembangkan Taoisme, dimasa itulah Taoisme juga mendapatkan banyak masukan dan perubahan terutama dalam konsep pengajaran, ritual dans sebagainya, ketika kerajaan menjunjung Taoisme maka filsafat ajaran Lao Zi dan Zhuang Zi menjadi terangkat. Dengan mendalami filsafat Lao Zi dan Zhuang Zi, hasilnya adalah dalil dan ajaran Taoisme menjadi semakin luas dan mengalami kemajuan, antara lain bangkitnya ajaran Pil Emas 金丹 dari Zhongliquan 钟离权dan Lv Dong Bin 吕洞宾 serta pada akhir masa dinasti Tang dan Lima Dinasti, taoist Du GuangTing 杜光庭 menyempurnakan ritual-ritual Taoisme.Munculnya karya tulis Taoisme seperti “ Zuo Wang Lun”, 坐忘论 “Ru Yao Jing”, 入药镜 , “Komentar Kitab Yinfu 阴符经注疏“ dan selama periode ini, ensiklopedia sastra-sastra Taoist yang pertama dan sangat penting “ Kai Yuan Dao Zang” 开元道藏 dibuat.

    Pendeta Taoist yang paling berpengaruh dari Dinasti Tang adalah Sima Cheng Zhen 司马承祯 ( 647- 735). Ia pernah berguru kepada taoist Pan Shi Zheng潘师正 dari Shong Shan嵩山 (gunung), mendapatkan pembelajaran teknik daoyin 导引, diet 5 biji2an 五谷, Fulu 符录( talisman),teknik perawatan kesehatan dengan memakan tumbuh2an yg tepat juga pengobatan服饵. Sima Cheng Zhen menitikberatkan ”Dao Wu Wei” 无为之道 ( Non intention Dao/jalan )dari Lao Zi, dan mengutamakan dengan tegas bahwa pikiran perlu diarahkan kepada hening dan damai yang AGUNG 游心于澹 ( kekosongan Agung ) , energi seseorang harus selaras dengan hening damai yang Agung ( kekosongan Agung ), dan semua aktivitas harus sesuai dengan jalan alami. Sima Cheng Zhen juga percaya bahwa pembelajaran jalan Taoist melibatkan “ penarikan ulang” pikiran 收心 (dari luar) dan menjaga keheningan kedamaian 守静 . Gagasan ini telah sangat berpengaruh pada aliran-aliran Taoist yang mana melakukan pelatihan keheningan kedamaian sebagai pendekatan utama pada pengembangan diri mereka.

    Periode Wu Dai 五代时期 -- lima jaman ( 907- 960) yang berlangsung 53 tahun, terdapat 13 kaisar dari 5 kaum keluarga berbeda, diantara mereka banyak merupakan pengikut kuat Taoisme. Kaisar-kaisar ini telah membangun banyak kuil, mengumpulkan kembali buku-buku Taoist tersebar, dan memerintahkan Taoists untuk berkotbah, hal ini menjaga dan membantu perkembangan Taoisme dan memberikan dorongan untuk perkembangan selanjutnya.

    Para Taoist yang terkenal di waktu ini antara lain adalah Li Hao 李浩, Tan Qiao 谭峭, Peng Xiao 彭晓, Tan Zi Xia 谭紫霞; mereka semua telah melakukan usaha yang besar dalam meneliti dan membangun teori Taoist dan metode prakteknya. Usaha mereka mendapat bantuan dari kerajaan dan hal ini membantu kelanjutan dari agama melalui periode pengembangan yang rendah ini.

    Para penguasa dari dinasti North Song北宋 telah mencoba untuk meniru contoh para pendahulu mereka dari Dinasti Tang 唐朝 dengan menyatakan nenek moyang keluarga mereka adalah dewa. Nenek moyang mereka disebut Zhao Xuan Lang 赵玄朗 , dan diberi gelar Shangling JiuTian Siming Baosheng Tianzun Dadi “ Yang membawa hidup dan melindungi kehidupan Kaisar agung yang termuliakan di Langit” 上灵九天司命保生天尊大帝 . Ia diberi seorang isteri dan diberi sebutan YuanTian Da Huanghou 元天大皇后 ( Ratu Agung Surga Terutama ).
    Kerajaan mengumumkan bahwa pasangan tersebut adalah dewa-dewa Taoisme dan dengan alasan ini mereka mendukung Taoisme serta memperkuat posisi pemerintahan mereka dengan alasan memiliki legitimasi dari dewa karena mereka adalah keturunan dari dewa. Dengan demikian para kaisar dinasti Song juga adalah keturunan dewa. Kaisar Song ZhenZong dengan bantuan pejabat istana Wang QinRuo 王钦若,Ding Wei 丁谓, melakukan upacara
    seolah-olah menyambut turunnya Buku Langit 天书. Membuat suatu sandiwara seolah-olah isinya adalah pernyataan dari Langit bahwa keluarga Zhao yang sedang memerintah dinasti Song mendapat perlindungan dari Langit dan akan memerintah selamanya.
    Sepanjang seluruh periode Song Utara, agama Taoisme menerima banyak perlakuan istimewa dari pemerintah, seperti diberi tanah cuma-cuma, pemerintah membangun kuil dan pajak dibebaskan, statusnya setara pejabat, dll. Seorang Kaisar bahkan menyuruh pemerintah untuk membayar upeti reguler kepada semua pendeta Taoist.

    Selama dinasti Song, Utara, aliran Neidan atau Internal Alchemy telah berkembang secara luas dikalangan masyarakat. Taoist aliran Neidan yang terkenal antara lain Chen Tuan 陈抟 dan Zhang Bo Duan 张伯端,yang termasuk mempopulerkan 内丹. Neidan merupakan warisan jaman kuno oleh banyak pendeta Taoist yang hebat dan telah mendapatkan Dao/ merealisasikan Dao 得道 seperti Wei Bo Yang魏伯阳, Liu Gu Zhi 刘古知, Cui Xi Fan 崔希范, Zhong Li Quan钟离权, Lu Dong Bin吕洞宾, Shi Jian Wu 施肩吾, dan Peng Xiao 彭晓; dan prakteknya lebih diperkaya dengan pernyataan bahwa penting memahami jalan surga dan jalan manusia untuk pencapaian keabadian.

    Keseluruhan hidup Chen Tuan diabdikan bagi Pengembangan Tao, dan Chen telah berkontribusi utama pada metodologi dan teori Taoisme. Gagasan nya dinyatakan dalam sederetan lukisan atau tabel, dan yang paling terkenal adalah peta ukiran di lembah Hua Shan 华山 ( gunung ) yang dinamai “ Peta/diagram Wu Ji” (diagram Alam Suwung/Kehampaan/Great Void )无极图 . Kemudian dalam sejarah, filosof yang menginterpretasikan prinsip “Yi Jing” ( I Ching ) menggunakan peta/diagram sebagai ganti kata-kata, pendekatan dengan peta/diagram ini lahir dan diawali dari peta Chen Tuan.

    “Peta Wu Ji” dapat dipandang dari dua sudut-sudut berhadapan, sudut yang bergerak maju dan sudut bergerak mundur. Sudut “ depan” mengacu pada jalan hidup normal yang ada di alam semesta dan semua kehidupan di dalamnya sedang berjalan ke depan dari kelahiran sampai kematian. ”Kelanjutan” jalan/cara dapat dibagi menjadi 5 pegerakan: Langkah yang pertama Wu Ji kemudian Tai Ji 太极 ; langkah kedua kedua unsur yang telah membelah yaitu Yin yang tenang dan Yang yang gerak; pergerakan yang ketiga Lima Qi 五气 ( Lima Unsur ) akan tersebar memenuhi seluruh alam semesta; di pergerakan yang keempat, manusia terlahir; di pergerakan terakhir semua mahluk hidup/binatang terlahir.

    Sudut “ kebalikan” menyiratkan jalan/cara yang benar untuk menjangkau Dao dan keabadian seperti semua usaha para Taoist. “ Kebalikan” untuk memperoleh Obat mujarab keemasan adalah suatu ungkapan umum dalam Taoisme. Jalan “ kebalikan” dapat juga dibagi menjadi lima langkah. Mereka adalah: menemukan Gerbang Misteri; pengembangan diri; penggabungan komponen-komponen relevan; memperoleh obat keabadian; kelahiran badan yang surgawi dan kembali pada Kekosongan.

    Menurut Taoisme, kunci untuk “ kebalikan” akan penguasaan pada keseimbangan antara “api” dan “air” unsur-unsur yang menyangkut tubuh, untuk memanaskan “ air” dengan “ api” ( dalam rangka memelihara badan), dan untuk membuat “ jantung” dan “ ginjal” saling berhubungan satu sama lain dalam keselarasan. Api bergerak keatas dan air mengalir kebawah adalah hal yang biasa dan “kebalikan” adalah air mengalir keatas dan api bergerak kebawah.
    Ketika keseimbangan dan keselarasan dicapai, penuaan akan dibalikkan dan hidup diperpanjang.


    Teori Chen Tuan atas praktek keabadian dan atas ciptaan dari alam semesta memiliki asal dari empat sumber berbeda. Pertama, datang dari teori Yi Jing atas ciptaan dunia; Ke dua, datang dari “ Dao De Jing ” di mana berbunyi “ Kembali ke asal disebut kedamaian; kedamaian disebut dengan peremajaan hidup”; Ketiga, menerima warisan dari pandangan "Book of Can Tong Qi” 参同契tentang Wei Bo Yang atas teorinya Obat-obat mujarab Taoist; Keempat, menyerap gagasan tentang Pil Emas oleh Zhong Li Quan dan Lu Dong Bin.

    Zhang Bo Duan, biasanya dikenal sebagai Zhang Zi Yang, dilahirkan pada 987 A.D. dan hidup hingga umur 95. Zhang adalah seorang terpelajar yang menguasai banyak hal seperti aturan hukum, ilmu berhitung, pengobatan, siasat perang, astronomi dan astrologi, geografi dan fengshui, menguasai ilmu bugua/divination arts, menguasai ilmu peramalan akan kelahiarn dan kematian/ming, masa kecilnya sudah membaca kitab-kitab utama tiga agama utama ( Ruism,Taoism, Buddhism )di Negeri Tiongkok. Zhang menulis sebuah buku Taoist yang sangat terkenal disebut “ Wu Zhen Pian” 悟真篇; judul bukunya berarti “ meditasi atas kebenaran”. Buku ini merupakan sebuah buku tentang ilmu neidan /internal alchemy atau alkimia dalam ( selanjutnya disebut Nei Dan) abad pertengahan atau praktek pengobatan mujarab keemasan Buku ini disebut raja dari semua buku ilmu kimia internal abad pertengahan. “ Wu Zhen Pian” 悟真篇; dibuat dari dari banyak syair/puisi dan prosa, yang ditekuni secara detil aspek-aspek yang penting dan prosedur ilmu neidan abad pertengahan. Dalam pandangan mengenai buku ini, ilmu neidan abad pertengahan melibatkan dua aspek dan empat langkah-langkah. Kedua aspek tersebut meliputi pengembangan dari tubuh seseorang dan pengembangan daari penanaman dari pikiran seseorang. Empat langkah-langkah tersebut meliputi, membangun fondasi, memutar energi seseorang dari tahap Jing 精 ( Inti sari) sampai Qi 气 , memutar energi dari Qi ke Shen 神 ( semangat/roh ), dan memutar Shen ke dalam status asli dari kesemuanya, yakni Kekosongan. Pengembangan dari diri seseorang disebut unik dalam Taoisme; meliputi proses perbaikan, pemurnian fisik seseorang, dan memperpanjang hidup seseorang. Hal itu disebut Ming Gong 命功. Dan harus disertai suatu dasar yaitu xing gong 性功, yang mana mengacu kepada perbaikan moral, perilaku, mengasah diri. Dapat dikatakan dengan sederhana bahwa Ming Gong dan Xing Gong berarti melatih fisik dan mental.
    Hanya dengan pengembangan tubuh dan pikiran, seseorang kemudian dapat mengalami kemajuan riil dalam proses menemukan keabadian, seseorang lalu dapat menjangkau secara cepat, tahap dari Keabadian Surgawi dengan penuh. Teori dan pendekatan Zhang diwariskan oleh Yang Abadi Zhong Li Quan 钟离权, Lu Dong Bin 吕洞宾, Chen Tuan 陈抟 dan Liu Hai Chan 刘海蟾,. Buku nya “ Wu Zhen Pian” 悟真篇 unik dalam menekuni proses menuju keabadian yang memberikan pengaruh besar pada Taoisme secara umum.

    Diantara masa Dinasti Song dan Yuan, terdapat aliran Taoist yang disebut Jing Ming Dao 净明道 ( Tao dari Kemurnian dan Ketenangan 净明忠孝道 ), yang berbasis di Xi Shan 西山 ( gunung) dari Provinsi Jiang Xi 江西i . Jin Ming Dao walau inti utamanya adalah kepercayaan terhadap dewa dan para immortals/manusia abadi ( xian 仙 ), mengutamakan talisman ( hu/kertas bertuliskan symbol )mantera untuk mengusir kekuatan jahat dan penyakit, ritual, pelatihan diri dan penyelamatan orang-orang seperti aliran-aliran lain, misalnya Aliran Guru Langit Tianshi dao 天师道, Aliran Mao Shan 茅山道,Lou Guan Dao 楼观道. Tetapi terdapat perbedaan yaitu meletakkan perbaikan pada perilaku seseorang dan karakter sosialnya dan hal tersebut menjadi kewajiban yang paling utama bagi pengikut nya. Syarat-syarat ini meliputi kesetiaan kepada otoritas/negara, kesalehan seorang anak kepada yang lebih tua,berbakti dan lain-lain.

    Gagasan Jin Ming Dao dapat ditelusur balik semuanya dalam jalan menuju Xu Xun 许逊 dari dinasti Jin 东晋. Menurut “ Riwayat hidup Xu Xun” 许真君仙传 , Xu dilahirkan di pada 239 A.D. Ia pernah sekali menjabat sebagai bupati Jing Yang 旌阳 , dan kemudian mengundurkan diri untuk menjadi Taoist, juga membantu orang lain dan menyadarkan/menyelamatkan orang lain 度人. Pada tahun 374, Xu dan seluruh keluarganya berhasil mencapai Dao dan naik ke surga pada siang hari cerah. Xu berkata bahwa ajaran besar Jing Ming 净明 大教 adalah ajaran hati lurus melatih tubuh, bukanlah seperti yang dikatakan orang umum mengenai pelatihan jing qi shen. Ajaran Jing Ming adalah bakti dan setia yang menjadi terutama,semua tindakan bersih dan terang, 4 keindahan ( berbakti, sayang kepada saudara, setia dan bisa dipercaya ) dasar dari semua Taoist, dan sepanjang seseorang dapat memelihara kemurnian hati, pikiran bersih, dan sepanjang seseorang dapat mengikuti standar moral dari masyarakat, orang akan cepat atau lambat,dipenuhi pengetahuan dan tidak perlu berlatih diri, secara alami akan mencapai/merealisasikan Dao 自然成道”.

    Aliran Taoist lain yang timbul selama dinasti Jin dan Yuan antara lain adalah sekte Tai Yi 太一道 Tunggal Yang AGUNG. Sekte Tai Yi didirikan oleh Taoist Xiao Bao Zhen 萧抱珍 . Sekte 太一道 mengutamakan ajaran pelatihan tubuh dari Lao Zi dan “ Dao De Jing ” 道德经, dan menggunakan jimat-mantra sebagai pendekatan dan menolong masyarakat serta mengatur dunia 御世 dengan pendekatan Daode. Sekte Tai Yi太一道 sangat mirip dengan sekte Guru Langit, dan setelah 7 generasi, lalu secara perlahan melebur kedalam Sekte Guru Langit atau Zheng Yi 正一道 .

    Sekte Zhen Da 真大道 diciptakan pada permulaan dinasti Jin oleh Taoist Liu De Ren刘德仁 ( 1120?1180). Aliran ini juga mengambil “ Dao De Jing” 道德经 sebagai aturan dasar nya, tetapi tidak mempromosikan gagasan mengenai ilmu alkimia atau keabadian untuk pengembangan di masyarakat.Memfokuskan berdoa dan menolong orang-orang yang sakit/menderita. Malahan, Taoisme Zhen Da 真大道 mengutamakan/mengharuskan pengikut nya untuk menghindar dari kemewahan, hidup dengan gaya hidup sederhana, untuk mempunyai lebih sedikit keinginan, untuk bekerja dan menghidupi diri. Pandangan aliran ini tentang cara latihan menjaga qi merawat semangat/roh antara lain adalah dengan hidup sederhana, tidak berlebihan, menghindari pikiran2 yang ambisius dan mengumbar nafsu.
    Aliran ini menurun setelah dinasti Yuan dan secara berangsur-angsur bergabung dalam sekte Quan Zhen 全真道.

    Seperti Aliran Taoisme Tai Yi dan Zhen Da, Taoisme Quan Zhen全真道 juga lahir di Negeri Tiongkok Utara pada waktu yang hampir bersamaan, sekte ini lahir pada tahun pemerintahan JinDa Ding 金大定 (1161-1189 ). Sekte Quan Zhen 全真道 menjadi salah satu yang terutama dan terbesar di antara ke tiga aliran Taoisme yang lahir pada masa itu. Pendiri dari aliran ini adalah pendeta Taoist Wang Chong Yang 王重阳. Aliran ini mengutamakan keharmonisan 3 agama yaitu Ruisme, Taoisme dan Buddhisme, menggunakan kitab Daode Jing 道德经 ( Taoisme), Xiao Jing/ kitab Bakti 孝经 (Ruisme) dan Xin Jing 心经/般若波罗蜜多心经 Prajna Paramita Hrdaya Sutra ( Buddhisme ) yang digunakan para murid-muridnya untuk mengembangkan rasa toleransi kepada semua aliran. Dalam pelatihannya mengutamakan neidan, tidak mengutamakan fulu/talisman dan obat-obatan untuk keabadian, mengharuskan daoshi yang tinggal di daoguan 道观 adalah mereka yang hidup selibat dan tidak terikat kepada keluarga, mengutamakan vegetarian, membuat aturan moralitas demi menjaga moral para muridNya.

    Wang Chong Yang王重阳 mempunyai tujuh murid terkenal. Mereka dijulukil “ Tujuh Manusia Sempurna dari Quan Zhen ” 全真七子. Para tujuh murid ini telah memeberikan kontribusi utama dalam penyebaran sekte Quan Zhen 全真道 di Negeri Tiongkok Utara, terutama sekali yang menonjol adalah Qiu Chu Ji 丘处机, termuda dari ketujuh murid. Qiu Chu Ji丘处机 hidup dari 1148 sampai 1227; nama Taoist nya adalah Chang Chun Zi长春子. Qiu menjadi seorang pendeta Taoist pada umur sembilan belas, dan pada umur duapuluh menjadi murid Wang Chong Yang. Ketika Qiu menjabat ketua, Ia diundang oleh Kaisar Song NingZong 宋宁宗 dari dinasti Song Selatan pada tahun 1219, tetapi undangan kaisar tidak dipenuhi. Kemudian Ketika Qiu pada umur 73 ia dipanggil lagi oleh kaisar dinasti Yuan. Kali ini menerima undangan dan menempuh perjalanan dengan delapan belas para murid dekat nya. Beribu-Ribu mil perjalanan jauh menghabiskan lebih dari dua tahun, dan diakhiri dengan pertemuan yang sukses dengan Genghis Khan 成吉思汗 di Xiyu daxueshan 西域大雪山 ( sekarang Afganistan pegunungan Hindu Kush ). PErtemuan Ini terjadi ketika Genghis Khan 成吉思汗 sedang berusaha untuk menaklukkan wilayah barat, Qiu menasehati Genghis Khan untuk mengurangi pembunuhan sebanyak mungkin dan memberitahu Gengis Khan bahwa seni memerintah tidak yang didasarkan pada pembunuhan tetapi pada menghormati Langit dan menyayangi rakyat adalah hal yang terutama. Ketika ditanya tentang jalan keabadian, Qiu menjawab “ memurnikan pikiran dan mengurangi hawa nafsu”. Nasehat ini sungguh menyentuh hati Genghis Khan 成吉思汗. kemudian ia menghormati Qiu dengan sebutan Dewa abadi dan memberi tanggung-jawab atas organisasi Taoist di seluruh Tiongkok. Genghis Khan 成吉思汗 kemudian membebaskan semua para pendeta Taoist dari pungutan pajak. Perlakuan baik dari Kaisar dan pemerintah nya sangat mendorong pertumbuhan Sekte Taoisme Quan Zhen dan organisasi Taoisme pada umumnya. Qiu Chu Ji kembali ke 大都( sekarang Beijing ), pada tahun 1224. Ia tinggal di Tai Ji Gong 太极宫 atau sekarang kita ketahui dengan nama Kuil Awan Putih 北京白云观 . Di Tai Ji Gong, Qiu membuat aliran Long Men atau sekte Gerbang Naga 全真龙门派 dan di dalam tangan Qiu lah Taoisme Sekte Quan Zhen masuk ke periode perkembangan terbaik dalam sejarah.

    Taoist paling terkenal dalam dinasti Ming 明代 adalah Zhang San Feng 张三丰 tapi tidak ada seorangpun yang mengetahui kapan Beliau dilahirkan dan meninggal. Zhang pernah di Gunung Wu Dang belajar dan melatih Dao kemudian meninggalkan gunung Wu Dang untuk mengasingkan diri. Beberapa kaisar pada masa itu seperti Ming Taizu 明太祖( Zhu YuanZhang 朱元璋), Ming ChengZu 明成祖 (朱棣Zhu Di )telah mengirimkan utusan untuk mengundangNya, tetapi sama sekali tidak berrhasil menemuiNya. Karenanya Kaisar memilih untuk membangun kuil di Gunung Wu Dang 武当山 sebagai gantinya. Pada tahun 1459, Kaisar Ying Zong dari Dinasti Ming 明英宗 memahkotai Zhang San Feng dengan sebutan suci “ Tong Wei Xian Hua Zhen Ren” 通微显化真人 .

    Taoist paling terkenal pada masa dinasti Qing 清朝 adalah Wang Chang Yue 王常月( ?-1680) , seorang pengikut sekte Long Men Quan Zhen 全真龙门派. Wang Chang Yue王常月,berasal dari provinsi Shan Xi 山西, juga yang dikenal dengan nama Taoist Kun Yang Zi 昆阳子. Wang menjadi murid dari generasi keenam dari Sekolah Taoisme Long Men, ia telah menerima berulang kali aturan Taoist di Zhejiang 浙江 dan Hubei 湖北 Wudangshan 武当山 yaitu Chu Zhen 初真 ( Awal Kebenaran ), Zhong Ji 中极 ( Kutub Tengah ) dan yang paling tinggi adalah diterima adalah aturan untuk “Immortals/Manusia Abadi Langit ” 天仙大戒 . Pendekatan Wang pada pengembangan Taoist menekankan pada pelaksanaan aturan-aturan tersebut. Kerangka ceramahnya “ Xin Fa Zheng Yan” 心法正言 ( atau “ kata-kata sejati menurut prinsip”) kemudian digabungkan ke dalam buku “ Long Men Xin Fa” 龙门心法 atau “ Metode hati sekte Long Men ”. Buku ini menjadi pelajaran Taoisme yang sangat berpengaruh sejak masa Wang. Hal ini secara langsung menyebabkan berkembangnya Sekolah Taoisme Quan Zhen, dan untuk alasan ini Wang disebut sebagai Guru Besar Kebangkitan 中兴之祖 .

  3. Ekonomi dinasti Han (wu wei jing ji)


    Sejak kejatuhan dinasti Qin dan berdirinya dinasti Han , ekonomi di
    China hancur lebur.
    Walau dinasti Qin sejak reformasi yang dimotori oleh Shang Yang
    membawa kemajuan luar biasa disegala bidang , ternyata setelah
    penyatuan 6 negara dan pemberontakan petani yang pertama kali
    tercatat dalam sejarah Tiongkok membawa kehancuran dalam bidang
    ekonomi.

    Pada masa awal dinasti Han tidak bisa dikatakan membentuk suatu
    pemerintahan terpusat yang dikontrol oleh pusat.
    Han GaoZhu Liu Bang pada saat hendak membangun ekonomi , meminta
    pendapat dari Lu Jia 陸賈 seorang penganut aliran Dao Jia.
    Lu Jia memberi saran yaitu pemerintah pusat tidak mengintervensi
    pertumbuhan ekonomi.
    Biarkan ekonomi berjalan tanpa intervensi pemerintah pusat , pola
    ekonomi ini disebut Wu Wei
    Jing Ji 無為 經 濟 (saya artikan ekonomi bebas) . Selain wu wei jing
    ji juga ada istilah wu wei er zhi 無 為 而 治 (catatan: saya artikan
    sistem pemerintahan yang tidak mencampuri).

    Pola pemerintahan seperti ini memang memicu pertumbuhan ekonomi yang
    luar biasa pesatnya.
    Bahkan dapat dikatakan pada masa itu para raja muda penguasa
    prefektur berlomba-lomba menggali potensi daerah masing-masing bahkan
    sampai membajak orang-orang yang berpotensi.
    Ada 3 point keberhasilan ekonomi Wu Wei disini , yaitu :
    1.memperkuat pondasi pembangunan ekonomi di seluruh negri
    2.kemudahan bagi daerah untuk mengembangkan regulasi yang berkaitan
    dengan kemampuan ekonomi daerah masing-masing dan memaksimalkan
    sumber daya alam
    3.mempercepat pertumbuhan ekonomi di seluruh negri.

    Dengan kebijakan ekonomi seperti itu , para pedagang memiliki
    keleluasaan melakukan aktivitas perdagangan , produksi pertanian ,
    industri logam , kerajian kayu , keramik , hasil laut , pertambangan
    (terutama perunggu) meningkat pesat.
    Perdaganganpun berjalan tanpa harus membuat laporan-laporan yang
    harus disampaikan kepada pemerintah pusat.
    Export berjalan dengan mudah dan lancar.
    Kelancaran export ini bisa berjalan berkat kebijakan dinasti Qin yang
    selalu menempatkan rakyatnya didaerah-daerah baru terutama yang telah
    diduduki. Bahkan penempatan penduduk sudah sampai mendekati Xi Yi 西
    域. Tentunya penempatan penduduk dinasti Qin lebih ditujukan untuk
    memantapkan kekuasaan dinasti Qin di wilayah-wilayah lain terutama
    yang telah dikuasainya. Dapat dikatakan pada masa dinasti Qin itulah
    terjadi migrasi yang diatur oleh pemerintah.

    Sayangnya sistem ekonomi seperti ini tidak bisa berjalan lancar tanpa
    ada pemerintah pusat yang kuat dan sistem komando militer terpusat di
    tangan pemerintah pusat.

    Kekayaan para raja muda yang disebabkan kebijakan ekonomi wu wei
    membuat pemerintah pusat mulai diacuhkan.
    Bahkan kekayaan raja muda Liu Bi 劉 濞 sudah menyamai kekayaan kaisar
    Han JingDi 漢 景 帝.
    Chao cuo 晁 錯 merasakan bahaya integrasi dan mengusulkan agar
    mengubah sistem ekonomi Wu wei menjadi you wei jing ji 有 為 經 濟
    (catatan: saya artikan ekonomi terkontrol).
    Kebijakan ekonomi you wei ini walau belum sempat diterapkan telah
    memicu pemberontakan 7 raja muda 七 國 之 亂 dan mengakibatkan Chao
    Cuo dibunuh oleh Han JingDi karena ada hasutan bahwa pemberontakan
    itu disebabkan oleh Chao Cuo.

    2 orang yang mempelopori You Wei JingJi pada masa Han barat 西漢
    adalah Jia Yi 賈誼 dan Chao Cuo 晁錯.
    Pada kesempatan lain , akan saya ulas sedikit mengenai ekonomi You
    Wei juga para pemikir pada masa Han yang membuat prinsip-prinsip
    ekonomi. Salah satunya adalah Sima Qian yang 司馬 遷 kita kenal
    dengan buku Catatan Sejarah 史 記.

    Sedikit ulasan ini semoga kita bisa mengerti bahwa konsep Wu Wei juga bisa diterapkan dalam pemerintahan.




    hormat saya ,


    Xuan Tong

0 komentar:

Posting Komentar

Analitic

Suasana angin Topan di surabaya november 2017

Suhu Malaysia yang gagal Panggil Shen

Upacara Buddha Tantrayana Kalacakra indonesia

Four Faces Buddha in Thailand 1 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=jnI1C-C765I

SemienFo At Thailand 2 (Copy Paste Link ini) https://www.youtube.com/watch?v=GOzLybAhJ2s

Informasi

 
;