Mengenal Dewata klenteng -- BHAISAJYAGURU BUDDHA
YAO SHI FO atau BHAISAJYAGURU BUDDHA , adalah salah satu Buddha dari masa yang paling awal , Beliau dikenal sebagai Buddha yang mengepalai firdaus di wilayah timur yang disebut SPHATIKA , yang berarti kristal air atau LIU LU .Sebab itu dalam bahasa Tionghoa disebut YAO SHI LIU LI GUANG FO , ahli dalam menyembuhkan penyakit , banyak yang telah memperoleh berkah kesembuhan secara ajaib. Selain memberikan kesembuhan , Buddha ini juga dapat menghindarkan malapetaka , dan memberkati kemakmuran .

Sejak Dinasti Jin ( 312 - 420 M ) , sutra Buddha pengobatan ini " BHAISAJYA GURU SUTRA " telah diterjemahkan dalam bahasa Tionghoa, karya terjemahan yang paling terkenal dan masih dibaca adalah terjemahan MAHATHERA XUAN ZANG pada Dinasti Tang . Waktu itu dikenal dengan nama BHAISAJYA GURU VAIDURYA PRABHASA TATHAGATA atau SUTRA DARI GURU PENYEMBUHAN .

Kecuali penyembuhan , perlindungan dari petaka , YAO SHI FO juga memberikan berkah panjang umur dan membantu arwah2 menuju Nirwana setelah orangnya meninggal dunia . Biasanya altarnya ditempatkan di YAO SHI TIAN ( ruang pemujaan YAO SHI FO ) , rupangnya didampingi YUE GUANG PU SA dan RI GUANG PU SA , bertiga disebut " tiga bijak dari Timur " , YAO SHI FO biasa memegang mangkuk obat dan pagoda .

Waktu masih dalam tingkat Boddhisattva , YAO SHI pernah mengucapkan 12 janji agung untuk membebaskan makhluk hidup dari belenggu Karma, berjanji akan mengawasi dan membimbing mereka menuju kesempurnaan . Memperteguh kepercayaan pada diri sendiri , menyadarkan mereka dari jeratan ajaran sesat .

Di Klenteng TAI KAK SIE , rupang SEJIAMONI FO , AMITHABA FO DAN YAOSHI FO ditampilkan bersama dengan sebutan SAN PAO FO atau BUDDHA TRI RATNA . susunan ini disebut BUDDHA DARI TIGA WILAYAH , SEJIAMONI FO di tengah mewakili dunia " SAHA " , yaitu dunia dimana kita hidup sekarang , AMITHABA FO mewakili wilayah barat dimana surga SUKHAVATI berada, sedang YAO SHI FO mewakili wilayah timur tempat firdaus SPHATIKA .

Hari ulang tahun tgl 30 bulan 9 imlek